Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Sunday, February 4, 2018

Labo, Inovasi Unik Berbahan Kardus dari Nintendo

Salah satu variasi Labo berbentuk piano.
Nintendo membuat kejutan dengan bakal merilis perangkat game Nintendo Switch yang terbilang unik. Labo, demikian nama perangkat itu, faktanya merupakan kumpulan kardus yang dapat dimainkan secara kreatif dengan Switch.

Tahun 2017 adalah tahun yang sangat bagus bagi Nintendo. Mesin Nintendo Switch memecahkan rekor penjualan tercepat. The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Mario Odyssey berebut singgasana game terbaik. Mesin portabel 3DS kedatangan Dragon Quest XI dan Fire Emblem: Echoes sehingga makin laris.

Fire Emblem Heroes cukup populer di ponsel Android dan iOS. Bahkan, mesin nostalgia Super Famicom Classic Mini jadi buruan banyak orang. Prestasi luar biasa tersebut membuat para pengamat bertanya-tanya, langkah apa lagi yang akan dilakukan Nintendo tahun ini? Apakah sekadar meluncurkan lebih banyak game untuk Switch dan 3DS?

Nintendo Labo ditujukan untuk merangsang kreativitas anak.
Game selevel Pokemon tentu sangat dinantikan, tapi ternyata Nintendo punya andalan baru yang tak terduga. Namanya Nintendo Labo. Tiap unit Nintendo Labo berisi Game Card untuk mesin Switch serta beberapa lembar kardus yang siap dirakit. Bagian awal Game Card menampilkan petunjuk perakitan yang cukup interaktif dan komprehensif.

Pemain bisa melakukan zoom, memutar gambar kardus, dan mensimulasikan pelipatannya. Dari lembaran-lembaran kardus tersebut, bisa terwujud bentuk yang cukup kompleks. Selanjutnya, di slot yang tersedia, dipasangkan bodi mesin Switch juga kedua controller-nya. Permainan pun dimulai.

Ada bentuk piano dengan tuts satu oktaf. Ada rumah-rumahan dengan tuas di sisinya. Ada alat pancing dengan layar Switch menampakkan ikan dalam airnya. Ada semacam hewan yang dikendalikan dengan remote control. Dan, ada juga setang motor. Kelima wujud beserta game masing-masing terangkum dalam satu paket Nintendo Labo.

Paket lain yang sudah diumumkan hanya berisi satu wujud kardus dan satu game, tapi jauh lebih rumit. Kardusnya dikenakan mirip ransel mekanik. Juga ada semacam kacamata untuk meletakkan bodi mesin switch.

Labo berbentuk robot.
Menggenggam kedua controller yang terhubung dengan tali ke perangkat di punggung, pemain bisa mengendalikan gerakan robot di permainan dengan seluruh gerakan badannya. Inilah VR (virtual reality) ala Nintendo. Dan, sekali lagi, materi utamanya adalah kardus.

Setelah puas bermain, game card juga menjelaskan cara kerja semua perangkat tersebut. Dari segmen itu, pemain ditantang memodifikasi mainan kardusnya di luar rancangan yang diberikan. Mudah dibayangkan bahwa YouTube dan Instagram bakal dipenuhi aneka kreasi para pemain Nintendo Labo dari seluruh penjuru dunia.


Bagaimana? Sudah cukup tertarik? Nintendo Labo dijadwalkan rilis April mendatang. Selain dua paket yang sudah disebutkan di atas, bakal menyusul paket lain yang tak kalah hebohnya. Sementara itu, bagi yang mengkhawatirkan kualitas kardus dan daya tahannya, Nintendo menjanjikan penggantian gratis kardus yang aus. Dan 2018 sepertinya akan dikenang sebagai tahunnya Nintendo bersama kardusnya. (cg)

No comments:

Post a Comment

Designed By