Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, February 12, 2018

Belajar dari Tiga Tim eSports Indonesia



MAKIN banyak online game populer, makin banyak juga orang yang ketagihan main game. Tapi, nggak sekadar buat senang-senang, gaming ternyata juga ditekuni secara serius oleh sebagian orang loh. Dengan kerja keras dan skill oke, beberapa professional gamer bahkan sukses mendapatkan banyak keuntungan dan prestasi. Simak yuk kisah kesuksesan beberapa gamer bertalenta Indonesia! Siapa tahu kamu jadi terinspirasi buat ikut mengubah hobi gaming-mu jadi prestasi yang membanggakan.



BOOM ID – Dota 2
Dapat Keuntungan Materi dari Prestasi


BOOM ID
Dibentuk pada 2017, BOOM ID saat ini jadi salah satu tim Dota 2 yang paling disegani di Indonesia loh. Terdiri atas Alfi sebagai kapten serta Randy, Dolly, dan Tri sebagai anggota, BOOM ID banyak banget mengukir prestasi di ajang nasional sampai internasional. ’’Di tingkat nasional, misalnya, kami pernah menjadi 1st place Indonesia Games Championship 2017. Kalau internasional, kami pernah meraih 1st place Starladder South East Asia Open Qualifiers 2017 dan 2nd place APAC Predator League 2018,’’ jelas BOOM ID.

Meski sekarang sukses mendulang banyak prestasi, perjalanan BOOM ID nggak bisa dibilang mudah. Selain harus berperang dengan mental saat bertanding, aktivitas gaming mereka sempat loh diremehkan orang sekitar. ’’Dulu, sebelum jadi professional player, kami kan nggak punya penghasilan tetap. Jadi sering juga dapat tekanan dari lingkungan sekitar,’’ ungkap BOOM ID. But, siapa sangka, dengan kerja keras dan konsistensi, BOOM ID sekarang malah sukses mendapatkan banyak keuntungan dari prestasi gaming mereka.

’’Dari menjuarai berbagai kompetisi nasional maupun internasional, kami bisa mendapatkan hadiah-hadiah berupa uang yang jumlahnya cukup besar,’’ ucap BOOM ID. Misalnya aja di Indonesia Games Championship 2017, hadiah yang mereka dapatkan mencapai lebih dari 500 juta loh!



Jess No Limit – Mobile Legends
Popularitas Mempermudah Karir Game

Jess No Limit
Lewat prestasinya sebagai TOP Global Mobile Legends Season 6, Jess No Limit jadi salah seorang Mobile Legends player populer di Indonesia. Tergabung di tim EVOS, cowok yang aktif bermain sejak Februari 2017 itu justru memulai karir gaming­-nya dari iseng-iseng belaka. ’’Awalnya cuma buat have fun, tapi aku lama-lama ketagihan. Apalagi, game-nya makin booming di Indonesia,’’ tuturnya. Tapi, meski terbilang baru menyeriusi aktivitas gaming, prestasi Jess No Limit nggak bisa disepelekan.

’’Saya dan tim bisa lolos kualifikasi MPL (Mobile Legends Professional League, Red) 2018. Juga mendapatkan gelar TOP Global Mobile Legends Season 6,’’ ungkap pemegang posisi carry dalam tim tersebut. Dari prestasi itu, Jess No Limit sekaligus mendapatkan banyak keuntungan lain loh. Salah satunya, dia jadi diakui dan populer di kalangan gamer lain. ’’Sekarang kalau saya streaming main, banyak penonton yang kasih diamonds. Permainan saya jadi terbantu deh,’’ jelasnya.

Bahkan, Jess No Limit juga memanfaatkan popularitasnya untuk membuat YouTube channel berisi tutorial Mobile Legends. Dengan lebih dari 700 ribu subscribers dan lebih dari 900 ribu viewers, YouTube juga jadi sarana untuk menambah penghasilan Jess No Limit deh. Asyik, ya?



TEAMnxl> – CS: GO
Dikelola Secara Profesional

TEAMnxl>
Dalam ranah CS: GO game, Indonesia punya salah satu tim terkuat yang pernah menorehkan catatan rekor nggak terkalahkan di kawasan Southeast Asia dalam tiga tahun loh. Yep, siapa lagi kalau bukan TEAMnxl>! Meski terbentuk secara ’’iseng’’ dari sekumpulan orang yang sering main bareng di sebuah iCafe, TEAMnxl> sampai sekarang mengoleksi lebih dari 140 penghargaan. Baik di tingkat nasional maupun internasional. ’’Yang paling membanggakan ya waktu kami jadi tim terkuat se-Asia Tenggara dari 2013 sampai 2015,’’ tambah TEAMnxl>.

Dengan sepak terjang yang melambung, nggak heran tim beranggota 27 orang itu sekarang dikelola secara profesional. Yep, TEAMnxl> punya struktur pembagian tugas sendiri di dalam timnya. ’’Posisinya dibagi sesuai dengan kebutuhan. Ada yang di bagian manajemen, manajer, juga ada yang menjadi professional player,’’ jelas mereka. Profesionalitas dan prestasi yang segudang tersebut jugalah yang akhirnya mendatangkan banyak keuntungan buat tim.

’’Dari banyak menang, akhirnya sponsor berdatangan. Jadi, kami juga dapat dana buat beli peralatan-peralatan gaming,’’ jelas TEAmnxl>. Bagi mereka, berkarir sebagai professional player kini cukup menjanjikan di Indonesia. ’’Exposure media terhadap e-sport lebih bagus karena banyak didengar khalayak. Jadi, pasti ke depan bisa lebih menguntungkan lagi,’’ ungkap TEAMnxl>. So, sahabat gamer tertarik mengubah hobi jadi prestasi? (zet)

Sumber: Zetizen JPNN

No comments:

Post a Comment

Designed By