Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, December 12, 2017

10 Video Game Terbaik di Tahun 2017


Tahun 2017 bisa dibilang tahun yang fantastis untuk industri video game. Game-game yang rilis di tahun ini terbilang bervariasi dan berkualitas. Di antara ratusan game yang rilis di tahun ini, tentu ada beberapa game yang lebih menonjol dan banyak difavoritkan oleh para gamer maupun kritikus game.

Mengingat 2017 bakal segera berakhir dalam hitungan hari, maka seperti biasanya, CumaGamer.com kembali menyusun daftar 10 video game terbaik yang rilis di tahun ini. Beragam platform yang ada menawarkan game-game berkualitas, baik di perangkat mobile maupun konsol rumahan. Khususnya untuk Nintendo Switch, yang baru memulai debutnya di tahun ini dengan sangat menawan.


Adapun pemilihan game terbaik ini didasarkan pada kualitas game tersebut. Yang meliputi gameplay yang inovatif dan menantang, orisinalitas, grafis yang menawan, replay value, dan jalinan cerita yang menarik. Serta pastinya, elemen menyenangkan dan menghibur yang merupakan syarat sebuah video game yang baik.

Sebelumnya perlu sahabat gamer ketahui bahwa menentukan 10 judul terbaik di antara puluhan game terbaik yang ada di tahun ini bukanlah hal yang mudah. Karenanya daftar ini murni daftar game terbaik versi CumaGamer.com. Jadi mohon maaf bila game favorit kalian yang menurut kalian layak menjadi game terbaik tahun 2017 tidak ada dalam daftar ini. Dan langsung saja, inilah dia hitungan game terbaik tahun 2017 versi CumaGamer.com!


10.
What Remains of Edith Finch

Di tengah game-game bergenre action, game dengan pola bertutur alias storytelling masih memiliki tempat bagi para gamer. Teranyar yaitu What Remains of Edith Finch dari Giant Sparrow. Berkisah tentang perjalanan Edith Finch ke rumah di masa kecilnya, demi menemukan apa yang menjadi kutukan yang menimpa keluarganya. Kemampuan yang sangat baik dalam bertutur menjadikan game ini sukses menarik para gamer yang memainkannya ke dalam permainan dengan begitu dalam.


9.
Injustice 2

Justice League mungkin ketar-ketir di layar lebar, namun tidak demikian dengan versi iterasi teranyar game yang menghadirkan para jagoan DC Comics, Injustice. Melanjutkan seri pertamanya, Gods Among Us, seri kedua ini kembali menampilkan pertarungan para superhero mulai dari Batman hingga Superman yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Dengan plot Braniac menginvasi bumi ketika Batman dan Superman tengah berseteru, Injustice 2 benar-benar punya gaya yang menjadikannya begitu menggoda gamer siapa saja. Dengan visual dan sulih suara yang begitu menyenangkan Singkatnya, Injustice 2 sebuah game fighting yang menawan, bisa dibilang game besutan Netherrealm yang paling mudah diakses dan memiliki konten brawler komplet di konsol.


8.
Divinity: Original Sin II

Genre bergaya classic RPG semacam ini sejatinya mulai langka di pasaran. Tapi bukan alasan bagi Divinity: Original Sin II untuk gagal bersinar. Malahan, Divinity 2 menghembuskan napas kehidupan baru dengan berbagai pilihan, karisma, dan penceritaan yang begitu kaya. Apapun itu, mulai dari pertarungan, hingga eksplorasi dunia terjadi begitu sempurna dan menarik. Selain itu, game ini memiliki opsi kooperatif hingga empat pemain, dengan masing-masing sorcerer memiliki ras dan stat yang berbeda.


7.
NieR: Automata

Sebuah sekuel action RPG yang begitu lama dinantikan, Nier: Automata segera menjadi salah satu game sempurna dan tak terlupakan di tahun ini. Dikembangkan oleh PlatinumGames dengan pengarahan dari creative director Nier, Yoko Taro, Automata merupakan game aksi dengan tempo cepat serta pertarungan intens yang menjadi ciri khas developer ini. Baik melawan robot-robot raksasa atau menjelajahi dunia yang hancur, Nier Automata menyuguhkan ketegangan dan melankoli dalam ukuran yang seimbang. Sistem pertarungannya mengalami pengembangan dibandingkan pendahulunya, namun Automata tetap mempertahankan tingkat keganjilan dan eksperimen perpaduan genre yang menjadi seri perdananya begitu diingat.


6.
Persona 5

Game paling ditunggu oleh para gamer JRPG, terkhusus penggemar setia serial ini. Bagian dari waralaba Shin Megami Tensei ini memang selalu berhasil memikat siapa saja yang memainkannya. Di edisi kelimanya, gamer mesti berperan sebagai pahlawan bertopeng yang terkunci dalam pertempuran melawan pasukan supernatural. Premis ala Shin Megami Tensei yang nyatanya masih saja diminati hingga saat ini. Persona 5 didesain dengan sangat baik, salah satunya pada combat mechanic yang begitu memuaskan. Tentu saja jangan lupakan narasinya yang menyajikan simulasi kehidupan dari hari ke hari di Jepang.


5.
Resident Evil VII: Biohazard

CumaGamer.com sejatinya pesimis tatkala Capcom mengumumkan iterasi teranyar dari serial survival horror populer ini bakal berganti sudut pandang menjadi first-person. Namun ternyata kekhawatiran itu tak terjadi. Faktanya adalah perubahan perspektif tersebut malahan menjadikan Resident Evil kembali ke akarnya sebagaimana seri-seri perdananya. Resident Evil VII mengurangi banyak elemen action sebagaimana pada seri keenam. Sebaliknya, di sepanjang permainan gamer akan dihadapkan pada kegelapan nan menyeramkan yang penuh misteri. Permainannya begitu sulit untuk ditebak dengan berbagai jump scare efektif serta plot twist yang memunculkan mimpi buruk bagi para pemainnya.


4.
Cuphead

Cuphead merupakan game paling kreatif yang rilis tahun 2017. Menghidupkan kembali genre run and gun dan membawanya pada tampilan baru, atau tepatnya tampilan lawas, petualangan manusia cangkir dan mug ini berhasil membuat banyak gamer terpesona. Dengan desain visual ala film kartun tahun 1930-an, Cuphead bukan hanya memunculkan nostalgia, melainkan juga menawarkan elemen tantangan run and gun ala Contra yang sempat merajai era 90-an. Dan sebagaimana serial Contra atau run and gun sejenis, dapat dipastikan kalian bakal dibuat kesal dengan gelombang serangan bertubi-tubi dari berbagai arah. Tak heran bila ada yang menyebut Cuphead sebagai Dark Souls 4. LOL.


3.
Super Mario Odyssey

Dalam rilisan teranyar Super Mario, sang maskot Nintendo kini bukan hanya seorang tukang ledeng. Mario dapat mengendalikan berbagai makhluk dengan bantuan topi ajaib demi sekali lagi, menyelamatkan Princess Peach. Dan ya, siapa yang tak suka Mario. Permainan khas berpadu dengan elemen-elemen kekinian khususnya open world, membuat Mario masih tetap eksis di tengah gempuran serial-serial baru di industri video game. Super Mario Odyssey adalah jawaban dari Big N, julukan Nintendo, atas ketatnya persaingan di dunia hiburan ini. Hebatnya, serial yang telah berusia tiga dekade lebih ini masih mampu memberikan pengalaman video game terbaik kepada siapa saja yang memainkannya. Dunia game memang masih membutuhkan Mario, dan Super Mario Odyssey adalah jawaban terbaik untuk tahun 2017.


2.
Horizon Zero Dawn

Ketika banyak game populer kekinian hadir dengan fokus pada permainan multiplayer, Horizon: Zero Dawn tidak canggung dalam menawarkan pengalaman single-player. Faktanya, Zero Dawn menjadi apa yang selama ini ditunggu oleh para gamer yang menginginkan pengalaman solo tersebut. Menghadirkan protagonis perempuan bernama Aloy yang mesti bertahan dunia yang dipenuhi monster besi, Zero Dawn memberikan sensasi petualangan yang membuat gamer bakal terhanyut jauh ke dalamnya. Setiap elemen gameplay yang didesain dengan baik menjadikan Zero Dawn sebagai pengalaman open world terbaik di sepanjang tahun ini. Sehingga sulit untuk memutuskan antara Zero Dawn atau game yang berada di urutang wahid daftar ini sebagai game terbaik di 2017.


1.
The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Penantian lama para penggemar Zelda tampaknya terbayarkan dengan sangat sempurna. Breath of The Wild bukan hanya memuaskan para penggemar fanatik Zelda, melainkan juga memunculkan para penggemar baru berkat kualitas game yang ditawarkan game besutan Eiji Aonuma ini. Melalui game ini, Nintendo dengan sangat baik menciptakan dunia open world yang menjadi tren kekinian, menggabungkannya dengan elemen petulalangan khas Zelda yang begitu seru dan menantang. Dengan nilai sempurna dari berbagai media video game yang menjadikannya kandidat game of the year, Breath of the Wild adalah napas baru bagi serial ini sekaligus membuktikan petualangan Link di Hyrule tidak akan pernah usang. 

***

Itulah tadi daftar 10 video game terbaik di tahun 2017. Di luar 10 judul di atas, sebenarnya masih ada banyak game berkualitas lainnya yang bisa dibilang merupakan yang terbaik di tahun ini. Game-game tersebut di antaranya Nioh, What Remains Edith Finch, Wolfenstein II, Prey, Total War: Warhammer II, Xenoblade Chronicles 2, Sniper Elite 4, Sonic Mania, dan Destiny 2.

Kalau menurut sahabat gamer sendiri bagaimana? Game-game apa saja yang menurut kalian pantas mendapat predikat terbaik di tahun 2017? Share yuk daftar game terbaik 2017 kalian di kolom komentar. (cg)

CumaGamer.com’s Original Feature

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Designed By