Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, October 23, 2017

10 Video Game Terbaik di SNES

CumaGamer Klasik! Super Nintendo Entertainment System atau yang akrab disingkat SNES merupakan konsol video game klasik dari Nintendo yang masih tetap kenang hingga sekarang. Dalam daftar terbaik kali ini, CumaGamer.com menyajikan 10 video game terbaik di mesin 16-bit ini.

Mengikuti sukses NES Classic Edition, Nintendo baru-baru saja merilis versi mini dari SNES mereka. SNES Classic Edition segera saja menjadi buruan para gamer retro terutama para kolektor. Sekalipun harganya di Indonesia terbilang relatif mahal, nyatanya tak sedikit gamer Indonesia yang rela merogoh kocek dalam untuk memilikinya.

Hal ini cukup membuktikan SNES sebagai salah satu platform video game terbaik yang pernah dibuat. Hadir di generasi video game kelima, SNES merasakan masa kejayaannya di awal era 90-an, dengan perseteruan sengit melawan Mega Drive/Genesis dari Sega. Pada akhirnya SNES memenangkan “console wars”, walaupun di satu sisi dominasi Nintendo di pasar konsol video game mulai runtuh kala itu.

Seperti pendahulunya, SNES memiliki sederetan video game yang menjadikannya begitu dikenang. Banyak video game berkualitas dari beragam genre hadir di konsol penerus NES ini. Mulai dari game-game buatan internal Nintendo sendiri seperti Mario, Zelda, dan Metroid, hingga versi port dari game-game arcade populer seperti Street Fighter, Killer Instinct, dan TMNT.

Dalam artikel kali ini, CumaGamer.com mengajak sahabat gamer kembali bernostalgia ke era kejayaan 16-bit, dengan menghadirkan daftar 10 video game terbaik di platform SNES. Sepuluh judul ini merupakan game-game terbaik yang paling banyak disebut oleh berbagai media video game dunia.

Bagi gamer retro pasti tidak asing dengan judul-judulnya. Sementara bagi gamer zaman now, daftar ini bisa jadi rujukan untuk mengetahui sedahsyat apa sih video game di masa lalu. Langsung saja bersama-sama kita ketahui 10 video game terbaik di SNES versi CumaGamer.com!


10.
Super Mario RPG: Legend of the Seven Stars

SNES dikenal sebagai konsol yang kaya akan game bergenre RPG. Maka jangan heran bila kalian akan menemukan beberapa perwakilan genre tersebut dalam daftar ini. Yang pertama yaitu Super Mario RPG: Legend of the Seven Stars. Game yang merupakan kolaborasi antara Nintendo dengan raksasa JRPG Squaresoft ini menghadirkan kisah petualangan Super Mario dalam konsep yang benar-benar berbeda. Nyatanya kesuksesan game RPG perdana Mario ini memunculkan game-game sejenis yang begitu kental dengan elemen humor seperti franchise Paper Mario dan Mari & Luigi.


9.
Super Mario Kart

Inilah pendahulu dari genre kart racing yang begitu mengasyikan dan sempat booming di awal millennium ketiga. Super Mario Kart menunjukkan Mario dan Nintendo bisa melakukan banyak hal menarik di luar tradisi menyelamatkan Princess Peach. Mengusung tema balapan dengan berbagai item untuk menjatuhkan lawan, Super Mario Kart menginspirasi kemunculan game-game sejenis. Dalam tampilan 16-bit yang memanfaatkan kemampuan mode 7 SNES, Super Mario Kart mungkin sudah ketinggalan zaman untuk dimainkan saat ini. Namun warisannya tetap dimainkan hingga saat ini dalam versi-versi baru di setiap konsol Nintendo (dan ya, blue sheel yang menyebalkan itu bermula dari sini).


8.
Super Mario World 2: Yoshi’s Island

Meski menyandang judul Super Mario, faktanya karakter utama dalam game ini adalah kawanan Yoshi, dinosaurus yang bisa menelan lawan dan mengubahnya menjadi telur. Yoshi’s Island merupakan prekuel dari semua game Super Mario, yang membawakan kisah perjuangan para dinosaurus mengantarkan baby Mario menyelamatkan saudaranya, baby Luigi yang diculik Magikoopa. Tapi bukan premis itu yang membuat game ini menawan. Melainkan tampilan grafis memesona yang memaksimalkan penggunaan Super FX Chip di SNES. Sementara latar belakang bergaya lukisan crayon membuat siapa saja bakal nyaman memainkannya.


7. 
Donkey Kong Country 2: Diddy's Kong Quest

Setelah menjadi sosok antagonis dalam game arcade-nya, Donkey Kong muncul kembali di mesin rumahan. Kali ini sebagai jagoan dalam serial Donkey Kong Country. Jilid pertama Donkey Kong Country terbilang inovatif dengan menampilkan sprite CGI. Namun seri keduanya yaitu Diddy’s Kong Quest menjadikannya sempurna berkat sederetan variasi level yang lebih menantang. Duo Diddy bersama pacarnya Dixie Kong terasa begitu menyenangkan untuk dimainkan ketimbang Donkey Kong. Siapa saja pasti akan tersihir dengan aksi rap Diddy dan Dixie bermain gitar di penghujung level.


6. 
Street Fighter II Turbo

Game fighting keluaran Capcom ini menjadi salah satu alasan yang membuat generasi 90-an menghabiskan koin mereka di kabinet dingdong. Menyadari ladang uang, Capcom lantas membawanya ke ruang tamu para gamer melalui segudang port di berbagai konsol rumahan. SNES salah satunya, memiliki kualitas port yang terbilang baik dibandingkan mesin sejenis. Tempo pertarungan cepat para world warrior yang terdiri dari Ryu, Ken, Chun-Li, hingga Guile pun menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para pemilik SNES.


5. 
Final Fantasy III

Pelokalan game ini ke barat menimbulkan kerancuan akan pemberian judul. Sejatinya, game ini berjudul Final Fantasy VI. Namun apapun judulnya, tak mengurangi kedahsyatan petualangan Terra, Locke, Celes, bersama karakter-karakter memorable lainnya. Gameplay JRPG khas Final Fantasy berpadu begitu tepat dengan jalinan kisah dan konflik yang begitu kompleks. Pengembangan karakternya juga begitu kuat, salah satunya tampak pada sosok Kefka yang banyak didaulat sebagai tokoh antagonis paling kejam.


4. 
Super Mario World

Layaknya Super Mario Bros. di NES, Super Mario World menjadi game 2D platformer yang masih begitu dikenang hingga saat ini. Ketika muncul pertanyaan apa game Mario terbaik, judul game ini hampir selalu disebut. Cukup masuk akal mengingat betapa menyenangkannya menunggangi Yoshi dalam perjalanan menyelamatkan pulau dinosaurus dari cengkeraman Bowser yang jahat. Sebagai launch title untuk SNES, Super Mario World seakan menjadi jaminan bahwa konsol rumahan kedua Nintendo ini bakal menjadi pemenang di zamannya.


3. 
Chrono Trigger

Tak butuh berjilid-jilid seri untuk bisa terus dikenang sebagai yang terbaik. Setidaknya itulah gambaran Chrono Trigger, sebuah RPG mengesankan dengan jalinan mekanik permainan yang kaya, alur cerita yang kompleks, dan alunan melodi latar yang menghanyutkan. Akhir kisah berganda dengan fitur new game+ yang dimiliki seakan semakin mempertahankan pesona yang dimiliki game buatan Squaresoft ini. Sebagaimana karakter-karakternya, Chrono Trigger telah melakukan lompatan waktu yang fantastis yang membuatnya masih dikenang sebagai RPG terbaik sampai saat ini.


2.
Super Metroid

Sebelum Metroid muncul, game petualangan yang bisa gamer dapatkan adalah game linier yang bergerak dari kiri ke kanan. Namun tidak demikian dengan kisah bounty hunter Samus Aran ini. Super Metroid menyempurnakan formula yang telah diperkenalkan di NES. Sebuah gaya baru dalam genre action-adventure yang kini populer dengan sebutan “metroidvania”. Dirilis di penghujung usia SNES, nyatanya Super Metroid tetap dapat mencuri perhatian para gamer dengan desainnya yang begitu memesona, yang bakal “menjebak” pemainnya ke dalam atmosfer kesunyian luar angkasa yang penuh tanda tanya.


1.
The Legend of Zelda: A Link to the Past

A Link to the Past banyak didaulat sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Mengusung genre action-adventure yang dipelopori game pendahulunya di NES, A Link to the Past hadir dengan gameplay adiktif berbalut elemen penjelajahan yang begitu kental. Dalam game ini kita berperan sebagai ksatria muda bernama Link yang mesti menyelamatkan Princess Zelda dan Hyrule dari ancaman penyihir jahat, Ganon. Semesta dua dunia yang begitu luas dengan serangkaian dungeon yang berliku dan penuh misteri menjadikan game ini sebagai tantangan terbaik yang bisa didapatkan di SNES.

***

Itulah tadi 10 video game terbaik di platform SNES versi CumaGamer.com. Sahabat gamer penggemar SNES bisa jadi tidak setuju dengan daftar ini. Beberapa game terbaik kalian mungkin tidak masuk di sini. Ya, itu wajar dan CumaGamer.com mengakui bila menyusun daftar game terbaik di SNES bukanlah pekerjaan mudah. Karena ada banyak sekali game yang berkualitas yang bisa dimainkan di SNES.

Bukan hanya satu genre, melainkan terdiri dari beragam genre yang tentunya bisa memuaskan semua gamer kala itu. Untuk JRPG misalnya, masih ada Earthbound, Lufia II, Harvest Moon, dan jangan lupakan Secret of Mana. Untuk beat’em ups, yang sayangnya luput masuk daftar ini, ada banyak game seperti TMNT IV, Final Fight, dan King of Dragons. Lantas untuk genre fighting, jangan lupakan Killer Instinct dan juga Mortal Kombat 2.

Jadi apa saja game SNES terbaik menurut sahabat gamer? Jangan ragu-ragu menuliskannya di kolom komentar ya. (cg)

CumaGamer.com's Original Feature

No comments:

Post a Comment

Designed By