Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, July 6, 2017

Bocah SMP Bikin Game tentang Belanja Online

ilustrasi belanja online
Fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia kerap kali menjadi inspirasi untuk membuat sebuah video game. Setelah fenomena tahu bulat sukses dibikin, kini giliran fenomena belanja online yang diadaptasi menjadi sebuah aplikasi game. Hebatnya, game ini dibuat oleh dua anak SMP! Berikut informasinya dilansir CumaGamer.com dari JPNN.

Sebanyak 28 siswa SD dan SMP bersaing membuat software game dalam acara hackathon (atau juga dikenal sebagai hackfest). Hackathon adalah kegiatan di mana programmer dan pihak lain yang biasanya terlibat dalam pembuatan software bisa berkolaborasi untuk menciptakan proyek software dalam waktu singkat.


Hackathon sudah diselenggarakan banyak tempat di Amerika Serikat, terutama untuk SMA dan mahasiswa, dengan tujuan mengenalkan programming, mendukung kolaborasi, dan juga sebagai ajang perusahaan untuk mulai mencari kandidat yang bermutu. 

Bintang Langit, siswa kelas IX SMP Strada Bakti Nusa, salah satu peserta membuat software game finance. Dia dan rekannya Dyandra, siswi kelas IX SMP Global Mandiri tertarik membuat game tersebut karena melihat fenomena ketergantungan masyarakat akan belanja online. Masyarakat sangat tergiur dengan sale yang ditawarkan shop online sehingga terkesan boros. Tidak hanya orang dewasa, ABG pun terjerat belanja online.

"Untuk mengalihkan perhatian anak-anak, kami buatkan software game agar mereka tidak ketagihan belanja online. Game ini dibuat seperti belanja beneran sehingga yang main seolah-olah berbelanja," kata Bintang kepada JPNN, Rabu (5/7). 

Dyandra menambahkan, game yang dibuat sederhana tapi menarik bagi anak-anak. Software ini bisa dikembangkan untuk kalangan dewasa. "Tinggal menambah perangkat software nya jadi game menantang bagi orang dewasa. Prinsipnya game ini dibuat agar maniak belanja online bisa dikurangi," tandasnya.  

Wih, keren ya sahabat gamer? Kecil-kecil sudah bisa bikin game sendiri. Bagaimana menurut sahabat gamer? Kalau yang masih SMP aja bisa, kalian juga pastinya bisa kan. Hehehe. (cg)

Sumber: JPNN 

No comments:

Post a Comment

Designed By