Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, July 24, 2017

10 Video Game Terbaik di GBA

CumaGamer Klasik! Pada artikel kali ini, CumaGamer.com mengajak sahabat gamer untuk bernostalgia mengenang salah satu konsol game handheld portabel populer dari Nintendo, Game Boy Advance. Dalam artikel 10 video game terbaik yang pernah dirilis di konsol yang akrab karib disingkat GBA ini!

Melanjutkan sukses Game Boy dan Game Boy Color, Nintendo merilis mesin portabel baru yang lebih bertenaga, Game Boy Advanced alias GBA di tahun 2001. Hadir di era generasi video game keenam, GBA sempat eksis selama lima tahun dari 2001 hingga 2006, setelah konsol generasi berikutnya yaitu Nintendo DS mengambil alih popularitasnya.

Meski usianya terbilang singkat, namun konsol yang hadir dengan tiga varian ini telah mewarnai jagad konsol portabel dengan ratusan gamenya yang seru dan menarik. Beberapa judul malahan masuk kategori game terbaik sepanjang masa dan masih dibicarakan hingga sekarang. Meski dua generasi telah berganti, game-gamenya yang meliputi berbagai genre masih tetap dimainkan, khususya bagi para gamer retro.

Pada edisi kali ini, CumaGamer.com merilis daftar 10 video game terbaik yang ada di GBA. Bukan pekerjaan yang mudah membuat daftar 10 game teratas, mengingat game-gamenya yang berkualitas terbilang banyak. Setelah melalui serangkaian riset dan perbandingan dari berbagai situs game populer, 10 game berikut ini CumaGamer.com anggap mampu merepresentasikan game terbaik yang ada di GBA.

Dan berikut hitungan mundur 10 video game terbaik di GBA versi CumaGamer.com. Enjoy!



10. Fire Emblem
Setelah bertahun-tahun menjadi judul eksklusif yang hanya hadir di Jepang, serial tactical RPG dari Inteligent System ini akhirnya menyapa para gamer dunia secara luas. Dengan gameplay yang begitu inovatif dan adiktif, didukung alur cerita dan sederetan karakter yang menarik, judul perdana Fire Emblem di dunia barat ini memunculkan basis penggemar setia yang masih berlangsung sampai sekarang. Fitur permanen death alias permadeth menjadi tantangan utama yang membuat game ini begitu seru dimainkan.


9. Golden Sun
GBA menjadi tempat nyaman bagi banyak game JRPG. Salah satunya Golden Sun, IP baru dari Camelot yang menjadi begitu bersinar karena berbagai elemen gameplay yang dimilikinya. Penggunaan Djinn dalam pertarungan, kompleksnya jalinan cerita yang dimiliki, serta visualisasi menawan membuat game ini beserta sekuelnya, Golden Sun: The Lost Age mendapat tempat tersendiri bagi para pemilik GBA.


8. Mario Kart: Super Circuit
Kesuksesan Mario Kart di ranah konsol rumahan membuat Nintendo mencoba peruntungan dengan menghadirkannya di konsol portabel. Hasilnya adalah Mario Kart: Super Circuit yang sukses menyajikan serunya balapan dan pertarungan go-kart. Meski portabel, balapan yang dibintangi Mario dan kawan-kawannya ini mampu memberikan keseruan permainan sebagaimana yang sebelumnya ada di versi konsol rumahan.



7. Mario & Luigi: Super Star Saga
Sejak pertama kali muncul sebagai game 2D side-scrolling di NES tahun 1985, Mario telah hadir dalam berbagai genre lainnya. Salah satunya genre RPG lewat judul Super Mario RPG dan serial Paper Mario. Di GBA, petualangan RPG Mario beserta saudaranya, Luigi tampil dalam judul Mario & Luigi: Super Star Saga. Merupakan judul pertama dalam serial Mario & Luigi, Super Star Saga menyajikan gameplay RPG yang unik serta banyaknya humor renyah yang tersaji di sepanjang permainan.


6. Pokemon Emerald Version
Kepopuleran serial Pokemon berlanjut di GBA lewat duo Pokemon Ruby dan Sapphire. Namun variasi ketiganya, Pokemon Emerald yang paling banyak dibicarakan di kalangan gamer Indonesia. Pokemon Emerald bisa dibilang menyempurnakan Ruby dan Sapphire dalam berbagai aspek. Selain berhadapan dengan dua kelompok penjahat dan bisa menangkap tiga pokemon legendaris yang menjadi maskot sekaligus, Emerald juga memperkenalkan fitur Battle Frontier yang begitu adiktif dan menambah replay value game ini.


5. Metroid Fusion

Fusion melanjutkan petualangan aksi Samus Aran sebagai bounty hunter setelah mengalahkan Mother Brain dalam Super Metroid di SNES. Kali ini jagoan perempuan Nintendo ini mesti berhadapan dengan ancaman yang lebih menakutkan dari Metroid, X-Parasite. Yang menarik dari game ini adalah nuansa horor yang disajikan dari awal hingga akhir yang cukup membuat pemainnya bergidik dan bertanya-tanya. Belum lagi elemen survival bertahan dari SX, kopian Samus yang terus memburu tanpa ampun.


4. The Legend of Zelda: The Minish Cap

Serial The Legend of Zelda dikenal secara umum sebagai game petualangan dengan konsep yang terus berinovasi dari satu judul ke judul berikutnya. Misalnya tampak dalam The Minish Cap di GBA, yang membawa Link, jagoan kidal dalam serial mesti berubah menjadi ukuran mini untuk bisa menyelesaikan setiap teka-teki dan menyelamatkan Hyrule. Sebagaimana game Zelda sebelumnya, The Minish Cap menyajikan permainan yang menantang, ditambah lagi fitur koleksi batu yang terbilang mengasyikkan.


3. Castlevania: Aria of Sorrow
Sejak Sympony of the Night di PS1, “Metroidvania” menjadi konsep yang diusung Konami dalam setiap rilisan Castlevania. Hingga judul ketiga serial pemburu vampir di GBA, Aria of Sorrow, gameplay 2D platformer dengan elemen penjelajahan ini tetap setia menantang setiap gamer yang memainkannya. Dibandingkan dua judul sebelumnya, Circle of the Moon dan Harmony of Dissonance, Aria of Sorrow disebut sebagai yang terbaik dengan elemen permainan yang kompleks dan alunan soundtrack yang begitu indah. Dan ya, untuk pertama kalinya dalam serial ini, kalian berperan sebagai Drakula. Ups, SPOILER!


2. Advance Wars
Sebagaimana Fire Emblem, Advance Wars juga eksis untuk kali pertama di kalangan gamer dunia lewat kehadirannya di GBA. Padahal game ini sudah muncul sejak zaman NES dengan judul Famicom Wars. Advance Wars merupakan game perang dengan gameplay turn-based strategy yang bakal menantang para pemainnya menyusun strategi terbaik. Dengan mekanik permainan yang begitu kompleks namun mudah dimainkan, Advance Wars banyak disebut sebagai game yang wajib dimiliki para pengguna GBA.


1. WarioWare Inc.: Mega MicroGame$
Merupakan game terbaik yang sayangnya jarang sekali dibicarakan di kalangan gamer retro masa kini, WarioWare Inc. menawarkan inovasi paling adiktif sekaligus paling konyol yang pernah ada. Game ini terdiri dari puluhan micro game, game-game singkat yang hanya dimainkan dalam hitungan detik saja. Tempo yang cepat dengan berbagai cara permainan dalam setiap micro game yang dihadirkannya, membuat WarioWare ini memiliki tantangan terbaik untuk setiap gamer GBA. Ditambah lagi, WarioWare Inc. menjadi satu-satunya game di GBA yang memiliki fitur multiplayer yang cukup dimainkan dengan satu konsol GBA saja.


****

Itulah tadi daftar 10 video game terbaik di GBA, handheld portabel yang masih dimainkan oleh banyak gamer Indonesia hingga sekarang. Khususnya lewat emulator, mengingat cukup sulit untuk mendapatkan baik mesin maupun cartridge gamenya yang sudah langka. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, ada banyak game berkualitas di GBA yang tidak cukup dipadatkan ke dalam daftar 10 game terbaik.

Dengan banyaknya game tersebut tentu membuat judul-judul terbaik lainnya tidak bisa masuk ke dalam daftar 10 besar. Seperti misalnya Final Fantasy Tactics Advance, Sonic Advance, atau Astro Boy: Omega Factor. Atau mungkin juga ada yang terlewatkan. Perlu diketahui bahwa daftar ini disusun berdasar pertimbangan CumaGamer.com dengan memperbandingkan daftar terbaik dari berbagai situs game populer.

Tentunya sahabat gamer pasti punya selera tersendiri dalam hal daftar game terbaik di GBA. Apa saja game favorit kalian di GBA yang menurut kalian masuk kategori terbaik? Jangan segan membagikannya dengan menulis di kolom komentar ya! (cg)

CumaGamer.com’s Original Feature

BACA JUGA:
~ 10 Video Game Terbaik di PS2
~ 10 Video Game Terbaik di NES

No comments:

Post a Comment

Designed By