Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, January 14, 2017

Ini Dia Detail Lengkap Nintendo Switch!

Jumat 13 Januari waktu Indonesia kemarin, Nintendo secara resmi mengungkap detail konsol video game terbaru mereka, Nintendo Switch. Melalui acara bertajuk “Nintendo Switch Presentation 2017” yang sudah dinantikan para penggemar Nintendo tersebut, diungkap berbagai hal mengenai Nintendo Switch, mulai dari spesifikasi hardware, keunikan kontroler Joy-Con, dan tentunya daftar game yang siap dirilis untuk konsol ini. Berikut CumaGamer.com merangkum detail menarik dari Nintendo Switch.

Nintendo kembali menegaskan tiga gaya permainan yang saat menggunakan Nintendo Switch. Gaya pertama yaitu permainan standar konsol rumahan yang dimainkan di layar televisi. Dalam gaya pertama ini, konsol Nintendo Switch dimasukkan ke dalam piranti bernama dock, untuk menyambungkannya dengan televisi. Dock dihubungkan ke televisi dengan kabel HDMI tunggal.

Gaya kedua yaitu permainan tabletop atau di atas meja. Dalam gaya permainan ini, konsol Nintendo Switch diberdirikan di atas meja atau platform datar lainnya menggunakan penyangga yang menyerupai pigura. Joy-Con dilepas dan digunakan untuk bermain baik secara single player maupun multiplayer.

Gaya Tebletop.
Sedangkan gaya permainan ketiga yaitu gaya portable sebagaimana konsol handheld Nintendo seperti 3DS dan Wii U GamePad. Kedua joy-con terpasang di kanan dan kiri konsol, dengan durasi baterai selama permainan portable antara 2 sampai 6 jam, tergantung kualitas game yang dimainkan. Sembari bermain, gamer bisa mengisi daya dengan charger yang termasuk dalam paket Nintendo Switch.

Sebagaimana tradisi Nintendo, kontroler utama dalam Nintendo Switch juga hadir dengan inovasi yang mengagumkan. Disebut Joy-Con, kontroler ini memiliki fungsi motion control sebagaimana Wii Mote. Kontroler ini dihadirkan bersama dengan Joy-Con strap, tali pengait yang diikatkan di tangan. Selain terhubung dengan layar konsol Switch, Joy-Con juga saling terhubung satu sama lain tanpa harus diarahkan ke layar konsol. 

Ilustrasi 1,2 Switch.
Dengan fungsi ini, Joy-Con digunakan untuk bermain game party, salah satunya game “1-2 Switch”, game bergaya koboi. Kemungkinan, bakal ada game-game sejenis yang memanfaatkan fitur unik Joy-Con ini. Selain itu, Joy-Con juga memiliki fitur rumble controller atau getar, sebagaimana yang pertama kali diperkenalkan Nintendo lewat konsol terdahulu mereka, Nintendo 64.

Fitur yang ada di Joy-Con di antaranya empat tombol aksi standar ABXY, analog, dan shoulder button. Joy-Con bisa dimainkan secara terpisah, namun juga bisa digunakan secara bersamaan di kedua tangan untuk beberapa game sensor gerak seperti game tinju ARMS. Joy-Con juga memiliki fitur sensor gyroscope di masing-masing kontrolernya yang memungkinkan scan amiibo.

Nintendo Switch Pro Controller.
Selain berdiri sebagai kontroler individual mandiri maupun terintegrasi dengan konsol Switch, Joy-Con juga bisa ditambatkan pada perangkat tambahan yang disebut charging grip. Saat disatukan dengan Joy-Con charging grip, Joy-Con berubah menjadi satu kontroler yang begitu pas dipegang kedua tangan. Seperti namanya, charging grip juga berfungsi mengisi daya kontroler sembari bermain.

Joy-Con bukan satu-satunya kontroler yang dimiliki Switch. Nintendo telah mempersiapkan Switch Pro-Controller yang dijual terpisah, seharga $69,99. Juga ada Joy-Con Racing wheel dengan harga $14,99.

Setelah berbagai spekulasi, presentasi Nintendo Switch kemarin mengungkap bahwa konsol ini dibanderol seharga $299. Ada dua variasi konsol yang ditawarkan, yaitu variasi pertama dengan warna Joy-Con abu-abu, dan variasi kedua dengan warna Joy-Con masing-masing merah dan biru. Konsol utama Switch berbentuk tablet 6,2 inci dengan kemampuan multi-touch screen yang berjalan dalam resolusi 1280 x 720. Resolusinya meningkat saat dimainkan di televisi.

Detail Nintendo Switch.
Dalam hal penyimpanan memori, Nintendo Switch hadir dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Namun Switch memiliki tambahan untuk microSDX card guna meningkatkan kapasitas penyimpanan datanya. Untuk media gamenya dihadirkan dalam bentu cartridge yang disebut Game Card. Rata-rata setiap Game Card dibanderol seharga $60. Menariknya, semua game di Nintendo Switch bersifat  region free. Artinya game-game yang dibeli dari region lain bisa dimainkan tanpa harus menyesuaikan dengan region yang ada pada konsol Switch.

Nintendo Switch menggunakan chip berbasis sistem NVidia Tegra yang artinya kalah power dibandingkan PS4 dan Xbox One. Namun, game-game seperti Zelda dan Super Mario Odyssey terlihat menawan dan berjalan begitu lancar selama dalam presentasi. Dalam presentasi tersebut juga diungkap tanggal pasti perilisan Nintendo Switch yaitu tanggal 3 Maret 2017.

Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa kalian tertarik membeli Nintendo Switch setelah mengetahui lebih banyak tentang konsol game terbaru Nintendo ini? Selanjutnya, kalian bisa membaca daftar game yang dipastikan bakal rilis untuk Nintendo Switch di link berikut (klik)(cg)

Sumber: Nintendo

No comments:

Post a Comment

Designed By