Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Friday, December 30, 2016

Mengintip Debut Nintendo di Pasar Mobile


SEBAGAI perusahaan yang bisnis utamanya di bidang video game berikut mesin game-nya, Nintendo sangat berhati-hati menyikapi perkembangan video game di layar ponsel pintar dan tablet. Perusahaan papan atas lainnya seperti Square Enix dan Capcom sudah lama membuat game untuk piranti iOS dan Android. Nintendo baru memulainya tahun ini meski tidak langsung turun tangan sendiri.

Awalnya, Nintendo bekerja sama dengan DeNA, portal mobile berbasis Jepang, untuk merilis Miitomo. Miitomo bukan game, melainkan semacam media sosial yang menggunakan ikon Mii yang sangat familier bagi para penggemar Nintendo. Tujuan proyek tersebut adalah mengamati berbagai aspek dunia ponsel yang tentu sangat berbeda dengan pasar video game konvensional.

Selanjutnya, The Pokemon Company –yang sebagian sahamnya dikuasai Nintendo– bekerja sama dengan Niantic. Hasilnya adalah Pokemon Go yang sangat fenomenal tempo hari. Sekali lagi, Nintendo mengamati naik turunnya proyek tersebut.

Kemudian, Nintendo membuat sendiri game untuk pasar ponsel tablet. Tentu saja, Nintendo menampilkan Mario, maskot utama mereka. Game berjudul Super Mario Run ini mengadaptasi konsep Wind Runner (salah satu game jaringan Line). Karakter protagonis berlari secara otomatis ke arah kanan. Pemain cukup menyentuh layar untuk membuatnya melompat.
Cuplikan gameplay Super Mario Run. (gambar: YouTube)
Konsep permainan yang sangat simpel itu terasa unik bagi penggemar serial Mario sekaligus menarik bagi masyarakat luas yang belum pernah memainkan sosok tukang ledeng berlogat Italia tersebut. Masalahnya, pada 2015, Sonic the Hedgehog, maskot Sega yang juga kompetitor Mario, pernah mencobanya dengan Sonic Runners. Game yang dirilis untuk iOS dan Android itu gagal di pasaran, kalah populer jika dibandingkan dengan Wind Runner yang eksis hingga sekarang.

Bagaimana Nintendo menghadapi tantangan tersebut? Shigeru Miyamoto, legenda Nintendo, memegang posisi produser. Sutradaranya adalah Takashi Tezuka, awak senior yang menangani serial Mario sejak dekade 80-an. Mereka membuat satu game utuh sebagaimana biasa untuk mesin portabel. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 130 ribu.

Para peminat men-download aplikasinya secara gratis dari App Store. Tiga area petualangan awal bisa dimainkan secara gratis. Anggap saja promosi. Jika suka, permainan lebih lanjut perlu dibeli. Sekarang ada berbagai alternatif pembayaran, tidak lagi bergantung kartu kredit. Super Mario Run cukup dibayar sekali. Tidak akan ada lagi biaya tambahan sesudahnya.

Secara mendasar, game tersebut adalah seri Super Mario yang dikendalikan dengan satu sentuhan layar. Sistem permainan serta desain area penjelajahannya dirancang nyaris sempurna. Bisa dijalani secara praktis oleh pemain pemula. Bagi pemain veteran, cukup banyak tantangan untuk didalami. Super Mario Run adalah salah satu game terbaik yang pernah hadir untuk ponsel.


Berikutnya, tinggal strategi Nintendo memasarkan game tersebut. Jika sukses, bakal banyak pemain game tersebut yang tertarik menjadi konsumen baru mesin-mesin Nintendo berikut koleksi game-nya. (jpnn)

Sumber: Zetizen JPNN

No comments:

Post a Comment

Designed By