Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, December 22, 2016

Kerajaan Majapahit Nongol di Age of Empires II HD

Permainan real time strategy klasik Age of Empire (AoE) II HD makin menarik bagi gamers Indonesia. Meski game tersebut tidak memberikan grafis sebaik permainan modern, AoE memberikan alasan tersendiri kenapa game itu layak dimainkan lagi. Yaitu adanya misi Majapahit.
Ya, terhitung sejak Rabu, 21 Desember 2016 kerajaan besar asal Indonesia itu resmi menjadi bagian ekspansi baru dengan sebutan Rise of The Rajas. Misi menaklukkan nusantara itu berada di jalan cerita kerajaan Malay (Melayu, Red). Selain itu, ada juga misi kerajaan Burma, Khmer, and Vietnam.
Ekspansi ini merupakan penambahan pada game yang kali pertama dirilis Microsoft pada 1999 itu. Secara umum, tidak ada perbedaan mendasar dari gameplay. Hanya tampilan bangunan disesuaikan dengan kawasan Asia Tenggara yang saat itu masih kuat mendapat pengaruh Hindu dan Budha.

Saat memilih misi The Malay, dijelaskan bahwa misi dalam permainan menggunakan latar belakang tahun 671 sampai 1511. Disebutkan bahwa ruang lingkupnya mulai kerajaan Indonesia, Filipina, Brunei, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste. Lantas, game akan fokus pada Majapahit dengan misi pertama berjudul Gajah Mada.
Cuplikan pengantar dalam campaign Malay.
’’Di pulau Jawa, kekuatan baru telah bangkit. Gajah mada, perdana menteri dari Majapahit, ingin membangun kerajaan yang menyatukan nusantara,’’ kata pengantar misi pertama. Setelah memasuki permainan, gamers langsung mendapati Raden Wijaya yang diminta membebaskan penduduk Jawa dari beberapa kerajaan.
Ada tiga kerajaan yang menjadi musuh pertama. Yakni kerajaan Kediri, Sriwijaya, dan Mongol. Penggemar permainan ini mafhum, grafis AoE II tidak mendukung untuk mendapat visual terbaik bagaimana wujud tokoh kerajaan Majapahit itu. Gamers harus puas ketika tokoh itu hanya dinamakan orang-orang Majapahit.
Meski demikian, itu biasanya tidak dipermasalahkan oleh gamers. Sebab, yang terpenting dari game AoE II adalah soal gameplay dan menyelesaikan misi. Melalui permainan itu, mimpi Gajah Mada untuk menguasai nusantara bisa menjadi kenyataan. Termasuk, kalau ingin Majapahit go internationaldengan melawan kerajaan lain.
Game tersebut tidak dimainkan dengan gratis. Gamers perlu merogoh kocek Rp 90 ribu untuk mendapatkan expansion pack Rise of The Rajas. Sedangkan bagi gamers baru yang belum punya AoE II HD, perlu mengeluarkan duit lebih banyak lagi di toko online Steam. (dim)
Sumber: JawaPos

No comments:

Post a Comment

Designed By