Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, December 29, 2016

10 Video Game Terbaik di Tahun 2016

Tahun 2016 bisa dibilang tahun yang menyenangkan untuk industri video game. Game-game yang rilis di tahun ini terbilang bervariasi dan berkualitas. Di antara ratusan game yang rilis di tahun ini, tentu ada beberapa game yang lebih menonjol dan banyak difavoritkan oleh para gamer maupun kritikus game.

Di penghujung 2016 ini, CumaGamer.com menyusun daftar 10 video game terbaik yang rilis di sepanjang tahun. Beragam platform yang ada menawarkan game-game berkualitas, baik di perangkat mobile maupun konsol rumahan. Pemilihan game terbaik ini didasarkan pada kualitas gamenya yang meliputi gameplay yang inovatif dan menantang, orisinalitas, grafis yang menawan, replay value, dan jalinan cerita yang menarik. 



Sebelumnya perlu sahabat gamer ketahui bahwa menentukan 10 judul terbaik di antara puluhan game terbaik yang ada di tahun ini bukanlah hal yang mudah. Karenanya daftar ini murni daftar game terbaik versi CumaGamer.com. Jadi mohon maaf bila game favorit kalian yang menurut kalian layak menjadi game terbaik tahun 2016 tidak ada dalam daftar ini. Dan langsung saja, inilah dia hitungan mundur 10 game terbaik tahun 2016 versi CumaGamer.com!


****


10. Dark Souls 3

Dark Souls 3 jelas bukan buat semua gamer, tapi di masa di mana hanya sedikit game yang benar-benar memberikan tantangan sebenarnya, game besutan From Software ini selalu mendorong pemain hingga ke batasnya. Dengan sistem combat yang diperbarui, tampilan menawan, dan sebuah dunia yang layak dijelajahi, Dark Souls 3 adalah pijakan untuk serial ini melalui pengalaman yang dihadirkannya. Selain itu banyak yang menyebut game ini sebagai judul terbaik di antara seri lainnya, dengan sedikit kelemahan yang menyertainya.


9. Titanfall 2

Ketika banyak yang mengharap fitur multiplayer dalam Titanfall 2 tersaji sebagaimana game pertamanya yang sukses, single player campaign dalam game ini menjadi kejutan terbesar. Di tahun di mana banyak yang berpendapat waralaba shooter lain semakin keropos dalam hal campaigns, Titanfall 2 berhasil dalam membangun koneksi antara karakter pemain dengan rekanan robotnya, dan melengkapinya dengan beragam potongan set yang menarik.


8. Battlefield 1

Battlefield 1 sukes membawa para pemainnya dalam sebuah perjalanan kembali ke perang dunia pertama, dengan campaign yang menyajikan konflik brutal dan fitur multiplayer yang memperagakan kembali periode tersebut, tapi tetap memiliki rasa yang begitu khas. Ketika kebanyakan game shooter mengambil tema ke masa depan, Battlefield 1 menemukan kesuksesannya dengan melihat kembali ke masa lalu. Dan game ini banyak disebut sebagai salah satu judul terbaik dalam serial Battlefield.


7. Gears of War 4

Dengan developer baru, di platform yang baru, dan dengan hero baru, Gears of War 4  mengambil banyak resiko. Tapi untungnya koalisi pembuatan game ini mampu menghadirkan sebuah kelanjutan sempurna dari serial yang mendahuluinya. Gameplay single player yang menegangkan, fitur multiplayer yang berjalan sebagaimana semestinya, dan serangkaian mode yang begitu dalam serta dinamis menghasilkan sebuah pengalaman yang sesuai dengan judulnya.


6. Firewatch

Firewatch adalah sebuah pengalaman langka yang lebih terasa seperti novel interaktif ketimbang video game. Dengan akting yang kuat, cerita yang menarik, dan gaya visual yang begitu indah, Firewatch seakan tahu benar apa yang dilakukannya. Bisa dibilang developer Campo Santo mengeksekusi ide-ide dalam game ini dengan mendekati sempurna. Bila sahabat gamer adalah penggemar game adventure atau serial Telltale, Firewatch menjadi game yang tidak bisa dilewatkan.


5. Final Fantasy XV

Final Fantasy XV mungkin punya beberapa kekurangan dalam eksekusinya, tapi game ini menjembatani jurang antara serial ini di masa lalu dan di masa depan. Sistem combat Final Fantasy XV merupakan perpaduan antara gaya JRPG klasik dan hack-and-slash modern. Ceritanya menyajikan jenis hubungan yang selama ini diharapkan para penggemarnya. Jawaban atas pertanyaan apakah game ini layak ditunggu atau tidak bervariasi antara satu pemain dengan pemain lainnya, tapi bagi kebanyakan gamer, ini adalah tanda bahwa Final Fantasy masih hidup dan berjalan dengan baik.


4. Doom

Dengan soundtrack yang begitu menghentak, gameplay brutal, dan musuh-musuh menakutkan, DOOM murni sebuah kesenangan dalam tingkat tertinggi. Ini adalah game yang menarik para pemainnya agar terus memainkannya lagi dan lagi. Yang paling mengesankan mengenai DOOM adalah sedikit pihak yang menduga game ini bisa sukses, bahkan menjadi pesaing dalam game of the year. Game ini hanya menunjukkan bahwa gameplay yang ketat dan konsep yang digarap dengan baik bisa berbicara banyak.


3. Pokemon Sun & Moon

Ketika game-game sebelumnya hanya meneruskan formula yang sudah ada, Pokemon Sun and Moon mengambil lompatan besar ke depan dalam arah yang begitu berarti. Tentu game ini memperkenalkan karakter-karakter baru dan juga monster baru untuk dikoleksi, tapi perubahannya dalam segi gameplay dan desain menjadikan game ini begitu spesial. Pokemon GO mungkin menjadi game Pokemon yang paling banyak dibicarakan tahun ini, tapi Sun and Moon adalah satu-satunya yang harus dimainkan setiap penggemar serial ini.


2. Uncharted 4

Besar kemungkinan bila kalian penggemar serial ini, kalian pasti sudah memainkan Uncharted 4. Tapi bagi mereka yang awam mengenai serial ini akan merasakan Uncharted 4 begitu menyenangkan untuk dimainkan dalam berbagai tingkatan. Kebanyakan gamer akan memainkan Uncharted 4 untuk mode campaign-nya, tapi mode multiplayer dan survival mode yang dihadirkan di saat-saat terakhir sama-sama dipoles dengan baik serta menawarkan berjam-jam hiburan tambahan. Apalagi game ini merupakan puncak dari kisah Nathan Drake dan Naughty Dog benar-benar bekerja keras dengan penuh cinta untuk membuat Uncharted 4 menjadi salah satu game terbaik tahun ini.


1. Overwatch

Untuk kedua kalinya game bergenre multiplayer shooter menempati urutan pertama dalam daftar game terbaik tahunan versi CumaGamer.com. Setelah Splatoon menjadi yang terbaik tahun lalu, kini giliran Overwatch. Entah karena energi yang dimiliki Blizzard, kekuatan dalam desainnya, atau beberapa kombinasi di antaranya, Overwatch sukses dalam memikat hampir semua gamer, menarik mereka ke dalam dunianya dan membuat kecanduan akan gameplay yang dimilikinya. Di luar Pokemon GO, tidak ada game yang begitu banyak dibicarakan atau begitu sering dimainkan seperti Overwatch, sementara game-game Blizzard lainnya mulai memudar. Apapun mengenai Overwatch terasa dirakt begitu baik dan sulit untuk bisa menemukan kelemahan game ini, bahkan ketika ada beberapa kelemahan yang ditemukan Blizzard dengan cepat memperbaikinya. Tapi alasan terbesar kenapa Overwatch menjadi nomor wahid dalam daftar ini adalah kekuatannya yang dapat bertahan lama. Meski dirilis di musim gugur 2016, Overwatch masih memiliki peluang terbaik untuk bersinar dan menjadi judul dengan profil tinggi di tahun 2017, bahkan 2018.

****

Itulah tadi daftar 10 video game terbaik di tahun 2016 versi CumaGamer.com. Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa kalian setuju dengan daftar di atas? Apa game favorit kalian ada dalam daftar di atas? Atau, kalian punya daftar game terbaik tahun 2016 versi kalian sendiri? Yuk berbagi daftar game terbaik versi kalian di 2016 ini dengan menuliskannya di kolom komentar. (cg)

Sumber gambar: Polygon, GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By