Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, October 22, 2016

Nintendo Ungkap NX Sebagai Nintendo Switch

Penampakan konsol Nintendo Swtch.
Setelah menanti lebih satu tahun lamanya, akhirnya Nintendo secara resmi menginformasikan nama konsol video game terbaru mereka. Konsol game terbaru Nintendo yang sebelumnya diberi nama kode NX itu kini memiliki nama resminya, Nintendo Switch. Berikut informasinya dirangkum CumaGamer.com!

Nintendo resmi mengumumkan nama untuk konsol video game terbaru mereka yang sebelumnya diberi nama kode NX. Melalui video singkat yang diunggah akun Nintendo di YouTube, diketahui konsol tersebut bernama Nintendo Switch. Dalam video tersebut diungkap penampakan awal konsol game ini, yang merupakan hibrida antara konsol rumahan dengan konsol handheld/portabel.

Video tersebut menampilkan cuplikan gambar dari gamer-gamer yang memainkan Nintendo Switch. Dari video singkat berdurasi tiga menit tersebut bisa diketahui sedikit gambaran tentang konsol ini. Wujud utama Switch adalah tablet dengan kontroler di kanan dan kirinya, menyerupai Gamepad Wii U. Namun yang mengejutkan, kedua isi kanan dan kiri tablet tersebut dapat dilepas, menghasilkan dua kontroler mini yang disebut Joy-Con.

Perangkat bongkar pasang dengan konsep menarik.
Tablet Switch bisa diberdirikan seperti pigura di mana dua orang pemain bisa memainkannya secara bersama-sama dengan kedua kontroler tadi. Untuk memainkan Switch di layar televisi, tabletnya disambungkan ke piranti yang disebut dock yang tersambung ke televisi. Dengan bentuknya yang berupa tablet, Switch dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah dan dimainkan di mana saja tanpa harus tersambung dengan televisi, berfungsi sebagai konsol handheld.

Beberapa informasi yang bisa disimpulkan CumaGamer.com dari video tersebut adalah cartridge menjadi media game untuk Switch. Konsol ini juga bisa dimainkan secara multiplayer dengan mempertemukan dua Switch secara bersamaan di mana saja. Selain memggunakan Joy-Con pemain juga bisa menggunakan pro controller untuk memainkannya di televisi atau on the go. Dalam video tersebut juga ditampilkan para gamer yang menggunakan Switch untuk berkompetisi dalam esports dengan game Splatoon.

Nintendo Switch bisa dimainkan berdua dengan Joy-Con.
Video tersebut menampilkan penampakan dari game yang bisa dimainkan di Switch, di antaranya 'The Legend of Zelda: Breath of the Wild' dan beberapa game yang belum mendapatkan kepastian judul yaitu game Super Mario terbaru, game Mario Kart, game NBA basket, game Splatoon, serta game menyerupai Skyrim. Diinformasikan konsol ini bakal dirilis Maret 2017, dengan harga yang belum diumumkan.

Selain tampilan awal yang diungkap melalui video tersebut, terdapat juga beberapa informasi lain tentang konsol ini. Secara resmi Nintendo mengungkap bahwa Switch tidak memiliki backward compability dengan dua konsol game Nintendo sebelumnya, Wii U dan 3DS. Menurut Nintendo, keberadaan Switch berdiri sendiri dan tidak menggantikan kedua konsol tersebut.

Tablet Switch dipasangkan di dock untuk menyambungkannya ke televisi.
Menanggapi hal ini banyak pihak mengasumsikan bila Switch utamanya ditujukan untuk para gamer dewasa walaupun bisa juga dimainkan oleh anak-anak. Hal ini melihat pada tidak adanya gamer anak-anak dalam video tampilan awal Switch. Selain itu, Nintendo juga merilis daftar developer yang nantinya akan membuat game untuk Switch. Daftar tersebut meliputi para developer populer yang dikenal dengan game-game bertema serius dan dewasa seperti Activision, Bethesda, Take Two, Konami, Capcom, Ubisoft, dan Square Enix.

Switch dipastikan berjalan dalam sistem on chip Nvidia Tegra buatan Nvidia. Sehingga diperkirakan konsol ini tidak memiliki spesifikasi secanggih PS4 Pro maupun Xbox One Scorpio. Hal ini mengulang apa yang dilakukan Nintendo dengan Wii yang kala itu kalah bersaing dengan PS3 dan Xbox 360 dari segi grafis, namun sukses di pasaran. Sehingga banyak pihak yang bertanya-tanya apakah Switch dapat mengulang kesuksesan Wii yang kala itu dinilai inovatif dengan sensor gerak.

Nintendo Switch menggunakan cartridge sebagai media gamenya.
Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa tanggapan kalian melihat konsep konsol video game terbaru dari Nintendo ini? Apa menurut kalian Nintendo Switch mampu mencatatkan kesuksesan? Apa kalian tertarik untuk membeli Nintendo Switch tahun depan? (cg)

Sumber: YouTube

No comments:

Post a Comment

Designed By