Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, July 4, 2016

Microsoft Matikan Xbox Fitness, Mungkin Juga Kinect

ilustrasi Xbox Fitness
Microsoft menyatakan bakal mematikan pelayanan untuk Xbox Fitness, peripheral khusus Xbox One yang digunakan untuk... well, fitness. Dan kemungkinan Kinect akan menyusul untuk dimatikan pelayanannya. Berikut informasinya dirangkum CumaGamer.com. 

Xbox Fitness merupakan salah satu peripheral yang dirilis Microsoft untuk konsol Xbox One mereka. Sahabat gamer mungkin tidak menyadari ada piranti seperti ini dan baru tahu setelah membaca tulisan ini tapi sudah sangat terlambat untuk itu. Microsoft berencana mematikan pelayanan Xbox Fitness untuk selamanya.

Diluncurkan bersamaan dengan perilisan perdana Xbox One, Xbox Fitness merupakan upaya Microsoft untuk menjadikan Xbox One sebagai sebuah produk gaya hidup multi-fungsi. Menggunakan Kinect untuk mendeteksi pergerakan, perangkat fitness ini bisa digunakan untuk memainkan game fitnes dari Jillian Michaels, P90X's Tony Horton, dan Shaun T. Berkat piranti ini, Kinect mampu melakukan trik-trik menarik dengan Fitness, meliputi mengukur dekat jantung melalui sensornya serta pergerakan dan gaya yang dikeluarkan.
Konten fitnes masih bisa diunduh hingga Desember 2016.
Microsoft mengumumkan bahwa Xbox Fitness adalah permulaan dari ‘fase matahari terbenam’ mereka kemarin. Yang artinya adalah tidak akan ada konten baru untuk perangkat fitness resmi Xbox One ini. Penutupan layanan ini akan dilakukan secara perlahan sejak saat ini sampai Juli 2017. Konten yang sudah dibeli masih bisa digunakan sampai 30 Juni 2017. Dan anggota Xbox Box Live Gold masih bisa mengunduh seri fitnesnya secara gratis sampai 15 December 2016.

Menurut CumaGamer.com sendiri, keputusan ini terbilang aneh mengingat pendeteksi fitnes ini masih terbilang populer. Dan, cukup masuk akal bila disimpulkan Kinect mulai terlihat tidak relevan lagi dengan Xbox One. Kamera yang canggih, dengan fungsi penginderaan 3D yang dalam dan penggunaan mikropon memang masih banyak digunakan. Akan tetapi kini semakin sedikit game atau fungsi Xbox One yang menggunakan Kinect. Versi lebih canggih dari Xbox One yaitu Xbox One S akan datang bahkan menghilangkan port yang diperuntukkan Kinect.

Meski begitu, Microsoft masih memiliki peran besar dalam fitness lewat Health app mereka dan Microsoft Band. Tidak ada di antara dua ini yang secara formal berfungsi langsung dengan Xbox One, sementara Xbox Fitness berhubungan dengan aplikasi Health. So, bagaimana menurut sahabat gamer? Apa kalian termasuk pengguna Xbox Fitness? (cg)

Sumber: Cnet

No comments:

Post a Comment

Designed By