Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, July 4, 2016

Founder Hilang Minat, Forum PSI Resmi Ditutup

Kehilangan minat terhadap video game rupanya berdampak besar bagi sebuah komunitas. Itulah yang terjadi pada Pokemon Star Indonesia (PSI), salah satu forum dan komunitas Pokemon besar di Indonesia. Gara-gara founder-nya sudah bosan dengan waralaba Pokemon, forum yang sempat menjadi forum Pokemon terbesar di Indonesia ini pun ditutup. Berikut beritanya dirangkum CumaGamer.com.

Setelah Video Game Indonesia (VGI) yang beralamat di http://vgi.co.id ditutup di awal Maret lalu, kini giliran Pokemon Star Indonesia (PSI) yang mengalami nasib sama. Forum dan komunitas Pokemon terbesar di Indonesia yang beralamat di http://pokemonstars.com ini resmi ditutup pada akhir Juni lalu tepatnya tanggal 30 Juni 2016. Padahal, di bulan Juli ini PSI bakal genap berusia enam tahun. Menariknya, yang menjadi penyebab ditutupnya forum ini adalah gara-gara founder atau pendirinya, Trias Wahid Mauludy atau yang lebih dikenal dengan nama alias Chillarmy kehilangan minat terhadap Pokemon.


Penutupan forum ini dimulai dengan pengumuman yang dipublish 20 Juni 2016 oleh Chillarmy, yang menginformasikan rencana penutupan situs ini. Dalam posting tersebut, Chillarmy yang sebelumnya sudah mengundurkan diri sebagai admin PSI tepat awal tahun 2016 ini menyatakan bahwa penutupan ini dikarenakan Chillarmy sudah kehilangan minat secara penuh terhadap waralaba menangkap dan mengumpulkan monster tersebut.

Pengumuman penutupan PSI.
"Bukan karena masalah keaktifan, bukan karena masalah pembiayaan. Tapi dengan kondisi PSI yang sebenarnya masih tergantung dengan Chilly (karena Chilly sendiri yang pertama kali membangun PSI), dan Chilly yang sudah secara full kehilangan minat dengan Pokemon, ditambah dengan leadership Chilly yang selalu dianggap hilang dari tanggung jawab dan masih kurang baik," terang Chillarmy dalam postingan tersebut sebagaimana dikutip CumaGamer.com.

Sontak pengumuman ini mendapat respon beragam dari para anggota PSI yang dikenal dengan sebutan 'Stars'. Sebagian besar di antara mereka tidak percaya bahwa alasan PSI ditutup hanya dikarenakan foundernya yang sudah kehilangan minat terhadap Pokemon. Beberapa melayangkan protes, namun ada juga yang menerima dengan lapang dada dan menyadari PSI memang telah kehilangan semangatnya sebagai forum penggemar game Pokemon.

"Seriously? lu nutup forum segini besar cuma karena lu udah ilang interest dan beralih ke kartun anak (kecil) perempuan? c'mon.. bisa kan dialihin ke moderator atau orang lain yang (mungkin) mau bayar servernya? atau lu ga percaya sama orang-orang yang lu sebut temen ini? oh wait, udah biasa sih ya Trias ngecewain temen," komentar member dengan username Eliten yang kecewa terhadap penutupan ini.

Sementara anggota lainnya, Sillva, bisa menerima penutupan ini walaupun menyayangkannya karena mendekati perilisan Pokemon Sun & Moon. "Well...that's ... Y'know...Sayang ya..sudah mau dekat Sun and Moon PSI harus ditutup...Tapi kalau memang sudah keputusan apa boleh buat  I'll Miss Y'aaalll," tulis Sillva.

Tampilan Pokemonstars.com saat ini.
Penutupan ini terbilang ironis mengingat PSI telah berjalan selama enam tahun lamanya, pertama kali dibentuk Juli 2010 oleh Trias Wahid Mauludy, dan telah memiliki begitu banyak anggota serta konten yang diklaim sebagai yang paling lengkap, termasuk ruang di mana anggotanya bisa mengunduh game Pokemon secara ilegal. Apalagi dalam waktu dekat akan hadir game Pokemon terbaru yaitu Pokemon GO dan Pokemon Sun & Moon. Tak heran bila ada anggota yang menyayangkan keputusan ini dan berusaha melanjutkan PSI dengan membuat postingan khusus mengenai masa depan PSI. Akan tetapi usaha tersebut sia-sia karena kini situs pokemonstars.com sudah tidak bisa diakses dengan keterangan account suspended.

"PSI ditutup bukan berarti kita harus berpisah, cobalah move on dan teruslah sambung tali persahabatan kalian. Dan ingatlah, masih banyak komunitas Pokemon di Indonesia, termasuk group dan fanpage di Facebook yang sekarang masih banyak yang aktif," pesan Chillarmy.

Ditutupnya PSI ini sekaligus menambah daftar komunitas Pokemon yang gulung tikar, setelah sebelumnya POIN, komunitas Pokemon terbesar di Indonesia yang berbasis Multiply berakhir tragis di awal 2013. Bedanya, bila PSI diakhiri karena kesengajaan, ditutupnya POIN lebih dikarenakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, dalam hal ini keputusan Multiply yang mengubah bentuk mereka menjadi marketplace di tahun 2013. 

Bagaimana menurut sahabat gamer khususnya penggemar Pokemon? Apa kalian anggota PSI? Apa kalian sedih dengan ditutupnya PSI? (cg)

No comments:

Post a Comment

Designed By