Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, July 4, 2016

10 Game JRPG Terbaik Sepanjang Masa

Sahabat gamer tentu sudah familiar dengan genre Japanese Role-Playing Game atau akrab disingkat JRPG, RPG yang berasal dari Jepang. Well, kalau kalian belum tahu, Final Fantasy dan Pokemon adalah contoh game dengan genre ini. Kali ini CumaGamer.com bakal menghadirkan daftar 10 game JRPG terbaik sepanjang masa. Simak daftarnya selengkapnya!

Bagi para gamer kasual, RPG Jepang biasanya sinonim dengan Pokemon atau Final Fantasy. Tapi faktanya genre ini menawarkan lebih dari sekadar monster yang keluar dari bola dan juga jagoan pedang berambut duri. Dengan Final Fantasy XV yang siap meremajakan kembali genre ini tanggal 30 September mendatang, sahabat gamer masih butuh beberapa bulan lagi hingga Noctis dan gengnya menjadi pusat perhatian.

Karenanya dalam rangka bersiap untuk kehadiran game-game JRPG besar semacam Final Fantasy XV dan Pokemon Sun & Moon, pada edisi kali ini CumaGamer.com menghadirkan daftar 10 game yang dianggap sebagai game JRPG terbaik yang pernah dibuat. Langsung saja kita mulai hitungan mundurnya!


10. Pokemon Gold/Silver

Ada alasan yang sangat sederhana kenapa game-game Pokemon menjadi model untuk JRPG, ya karena gamenya benar-benar bagus. Tapi walaupun Pokemon Red & Blue memulai semua kegilaan ini, CumaGamer.com berpikir Pokemon Gold dan Silver sebagai yang terbaik dalam waralaba ini. Mulai dari siklus siang dan malam, tipe-tipe Pokemon baru, opsi breeding, dan kemampuan mengunjungi region Pokemon lainnya, Gold dan Silver menyediakan formula yang diikuti game-game Pokemon terbaru di masa sekarang. Dengan Pokemon Sun & Moon siap menyapa untuk konsol 3DS, mungkin kita akan melihat inovasi teranyar dalam waralaba ini.


9. Kingdom Hearts

Memadukan karakter-karakter dari waralaba Disney dan Final Fantasy ke dalam satu game mestinya jadi resep untuk membuat bencana, dan ya CumaGamer.com awalnya juga berpikiran begitu. Tapi nyatanya Kingdom Hearts sukses menjadikannya berfungsi dengan sempurna. Dalam menghadirkan kisah tentang Sora, Riku, dan Kairi, Kingdom Hearts memadukan energi tanpa batas dari seorang anak yang begitu imajinatif, dengan beberapa gameplay action-RPG paling unik yang pernah ada. Kita mungkin sudah beranjak dewasa sekarang, tapi kita juga tidak perlu malu mengakui kalau kita sedang menunggu game Kingdom Hearts 3 dirilis.


8. Xenoblade Chronicles 

Tidak ada yang bisa meragukan kualitas Xenoblade Chronicles ketika game ini rilis di tahun 2012. Pun dengan CumaGamer.com. Game ini dengan begitu mengagumkannya berhasil memadukan lingkungan open-world yang begitu luas dengan salah satu combat system RPG terbaik yang pernah ada. Keterbatasan Nintendo Wii mungkin jadi kekurangannya, tapi hal ini bisa cepat tertutupi berkat artwork-nya yang begitu indah. Dikombinasikan dengan sejumlah karakter menyenangkan dan jalinan cerita yang memikat, tidak heran kenapa CumaGamer.com dan banyak gamer lainnya berpikir Xenoblade Chronicles adalah salah satu yang mendefinisikan JRPG di generasi game terkini.


7. Dragon Quest V

Dengan dua remake dalam dua dekade, jelas tidak ada keraguan bagi CumaGamer.com untuk menyimpulkan bahwa Dragon Quest V adalah sebuah game klasik sepanjang zaman. Menghadirkan artwork dari kreator Dragon Ball, dan mengejewantahkan cerita yang berlangsung selama beberapa periode waktu, Dragon Quest V telah menyatu dengan para pemainnya lebih dari tiga generasi video game. Tapi dibalik penceritaan yang tak tertandingi, Dragon Quest V memberikan sebuah pengaruh besar bagi beberapa JRPG di kemudian hari. Bila saja tidak ada konsep mengumpulkan monster dalam Dragon Quest V, Mungkin saja saat ini kita tidak melihat Pokemon.


6. Secret of Mana

Secret of Mana dimulai sebagai sebuah spin-off dari game Final Fantasy spin-off, tapi game ini segera saja menjadi game JRPG paling unik yang pernah dibuat kala itu. Ini cukup menjadi gambaran ketika CumaGamer.com menyadari betapa banyak game RPG lainnya yang juga menampilkan pedang super, ayam raksasa, dan kurcaci hutan yang lucu. Memadukan combat element RPG dengan real-time action dari The Legend of Zelda, Secret of Mana menggantikan level grinding RPG standar dengan actual skill dan pemikiran strategis. Tapi di balik grafis game yang menawan dan cerita yang epik, Secret of Mana memiliki sistem multiplayer yang inovatif, sesuatu yang belum pernah didengar sebelumnya di era SNES.


5. Persona 4

Setengah simulator sekolah menengah, dan setengah misteri pembunuhan supernatural, Persona 4 adalah game yang menakutkan, tapi juga brilian yang semestinya tidak berjalan sebaik yang dihasilkannya. Tidak banyak game bisa memadukan sebuah RPG dengan cerita aneh tentang televisi yang bisa menuntun orang pada belahan jiwanya, tapi Persona 4 entah bagaimana bisa melakukannya. Game ini hampir berusia satu dekade dan telah dibuat ulang sekali, tapi tentunya CumaGamer.com tetap berharap perilisan versi PS4-nya segera hadir.


4. Xenogears

Bila kalian mengambil segalanya yang mewakili anime Jepang, memasukkannya ke dalam sebuah game, dan merakitnya sedemikian rupa, hasilnya mungkin bakal terlihat seperti Xenogears. Seperti kebanyakan anime Jepang juga, tidak semuanya di Xenogears masuk di akal. Game ini dipenuhi robot-robot raksasa, mitologi keagamaan, protagonis yang secara mental tidak stabil, dan bahkan beberapa sentuhan Sigmund Freud untuk pengalaman yang hebat. Dan kalian tahu apa? CumaGamer.com menyukai setiap momen dalam game ini, bahkan ketika tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam ceritanya.


3. EarthBound

Dilihat sekilas, Earthboud tidaklah biasa dan begitu aneh. Tapi itulah kenapa CumaGamer.com dan juga banyak gamer lainnya menyukainya. Apa yang membuat Earthbound terasa spesial bukan dari ceritanya, karakter-karakternya, atau dari gameplay, walaupun semua itu terasa fantastis. Tapi yang membuatnya spesial adalah bagaimana game ini menggunakan elemen JRPG standar dan secara cerdas memasukkannya dalam sebuah tampilan satir dari dunia nyata. Mungkin tidak ada game lain di luar sana di mana pemain mesti melawan sekolam muntahan penuh. Tentu CumaGamer.com berharap bakal ada sekuel dari waralaba teraneh dari Nintendo ini.


2. Final Fantasy VII

Selalu akan ada debat bila membicarakan game Final Fantasy terbaik, apakah itu Final Fantasy IX, VI, atau X, tapi tidak ada game dalam waralaba ini yang menurut CumaGamer.com mampu mengguncang genre JRPG sebagaimana yang dilakukan Final Fantasy VII. Kisah tragis tentang Cloud, keindahan Cosmo Canyon, dan melawan Sephiroth di bawah alunan musik yang begitu mendebarkan  – Final Fantasy VII bisa dibilang lebih dari sekadar game dan serangkaian memori tak terlupakan. Dan tentu saja, ada Aeris yang malang di game ini. CumaGamer.com masih menitikkan air mata saat terpikirkan adegan tersebut. Berharap saja remake HD yang akan datang bisa menyajikan kembali apa yang membuat game ini menjadi klasik.


1. Chrono Trigger

Sekarang mungkin sudah dua dekade berlalu, tapi Chrono Trigger  bukan hanya satu-satunya pilihan CumaGamer.com untuk game JRPG terbaik sepanjang masa, melainkan juga salah satu game terbaik yang pernah dibuat. Bila belum tahu, kalian bisa membaca ulasannya di Blog Gamer Jalanan. Dilahirkan oleh kreator Final Fantasy, kreator Dragon Quest, dan juga kreator Dragon Ball, Chrono Trigger mampu terus bertahan seiring berjalannya waktu berkat art style yang mengagumkan dan serangkaian karakter yang menyenangkan. Memadukan jalinan kisah perjalanan waktu pasca kehancuran dunia, soundtrack menawan melintasi masa,  dan 13 ending yang berbeda, Chrono Trigger adalah mahakarya Square Enix, dan sesuatu yang belum mampu dicapai lagi oleh studio ini sejak saat itu.


*****

Itulah tadi sepuluh game JRPG terbaik versi CumaGamer.com. Sulit sebenarnya mempersempit daftar ini hanya 10 judul saja, karena nyatanya ada banyak game JRPG keren di luar sana. Buat sahabat gamer sendiri, apa game JRPG favorit kalian? Apa saja game JRPG keren yang tidak masuk dalam daftar ini? Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini ya! (cg)

3 comments:

  1. Sempet takut pas ngeliat 10-2 gak ada Chrono Trigger ternyata ada di urutan pertama xD

    ReplyDelete
  2. Sempet takut pas ngeliat 10-2 gak ada Chrono Trigger ternyata ada di urutan pertama xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups. Chrono Trigger memang banyak diakui media video game dunia sebagai game JRPG terbaik sepanjang masa. :)

      Delete

Designed By