Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, June 29, 2016

Pakai Nama Asli 'Jihad', Akun PSN Diblokir Sony

Seorang user PSN (PlayStation Network) diblokir Sony karena menggunakan username yang berisi kata "Jihad”, padahal itu adalah nama asli user tersebut. Beruntung gamer bernama Jihad Khalid Almofadda bisa mengakses kembali akun PSN miliknya walaupun ada harga yang mesti dibayar untuk itu. Berikut beritanya dirangkum CumaGamer.com.

Lagi-lagi seorang gamer dirugikan gara-gara dianggap menggunakan nama yang berbahaya. Gamer asal Arab Saudi bernama Jihad Khalid Almofadda mengatakan, dia menerima email dari Sony yang mengatakan bahwa dia diblokir gara-gara username "iJihad” yang digunakannya. Sejak saat itu, dia tidak bisa lagi mengakses akunnya, game-gamenya, dan layanan online sebagaimana dalam video yang diunggahnya di Twitter.

Almofadda mengunggah sebuah gambar email dari Sony yang menawarkannya perubahan username PSN, sebuah fitur yang telah banyak diminta para penggemar PlayStation. Namun, setelah Sony mengulas daftar nama barunya, Almofadda mengatakan tawaran tersebut dibatalkan, menjadikannya diblokir secara permanen. Emailnya bisa kalian lihat di sini.

Video yang diunggah Almofadda.
"Jihad" adalah kata yang sering kali diasosiasikan sebagai perang suci melawan mereka yang tidak percaya pada Allah. Kata ini seringkali disamakan dengan istilah teroris di dunia barat. Padahal menurut Almofadda, arti sebenarnya dari kata ‘Jihad’ adalah berjuang dan berusaha keras untuk melakukan sesuatu yang baik, terhormat, dan bernilai tinggi. Menurut pemahaman muslim Indonesia sendiri, Jihad mengandung arti bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah, dan sama sekali tidak berhubungan dengan kegiatan teroris. 

Sony tampaknya merespon penggunaan nama ini secara berlebihan tanpa memahami makna yang sebenarnya. Uniknya, ternyata bukan hanya Almofadda saja yang menggunakan kata ‘Jihad’ dalam username di PSN. Setidaknya ada 9.800 user yang menggunakannya sebagai bagian dari ID mereka. Nama 'iJihad' sendiri menurut Almafodda sudah digunakannya sejak tahun 2010 yang artinya sudah sekitar enam tahun digunakannya dan baru kini dipermasalahkan Sony.
 
Setelah beberapa postingan di media sosial dan beberapa kali muncul sebagai laporan berita, Almofadda berbicara dengan PlayStation UK, yang akhirnya mengembalikan akun lamanya dengan username baru. Sayangnya, akun lamanya itu kini sangat berbeda dari sebelum diblokir. Dia menemukan penghapusan daftar teman-temannya, tidak adanya fitur sosial, dan kemungkinan kehilangan trophy.

"Saya diminta untuk mengganti ID PSN, tapi itu ada harganya!" kata Almofadda sebagaimana diunggah di Reddit dan diterjemahkan CumaGamer.com. Lucunya, username-nya masih bernama iJihad. "Trophy-trophy saya kini memiliki bermasalah dan bisa saja lenyap, teman-teman hilang, dan komunikasi sosial dihapus! Tidak ada jalan lain untuk mengakses itu semua.”

Almofadda menambahkan bahwa perwakilan PlayStation yang berbicara dengannya mengatakan bahwa Sony saat ini sedang mendiskusikan boleh tidaknya perubahan nama dalam PSN. Hal ini cukup menarik Sony telah mengatakan hal ini berkali-kali selama bertahun-tahun. Almofadda lantas mengakhiri postingannya di Reddit dengan mengekspresikan rasa terima kasihnya atas semua dukungan yang dia dapatkan selama pemblokirannya.

"Saya sangat berterima kasih kepada kalian semua yang telah mendukung saya dan mendukung komunitas game secara umum," katanya. "Dukungan kalian adalah salah satu yang akan membentuk masa depan video game. Bila kita membiarkan manajer-manajer korporat yang memutuskan, maka hal buruk akan selalu terjadi. Tetaplah bersuara lantang! Kita akan selalu didengar tak peduli di mana pun kita berada!!"

Pemblokiran ini sendiri bukan yang pertama terjadi gara-gara nama seseorang. Sebelumnya seorang pria bernama Muhammad Khan diblokir saat mencoba mendaftar versi beta game Paragon karena namanya sama dengan salah satu nama dalam daftar pemerintah. Bagaimana sahabat gamer menanggapi hal ini? Tentunya sangat disayangkan ya. (cg)

Sumber: GameSpot

No comments:

Post a Comment

Designed By