Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, May 23, 2016

‘Nixia’, Gamer Cantik Berpenghasilan Jutaan Rupiah

foto: Kompas
Berkat hobi bermain video game yang digelutinya, Monica Caroline atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Nixia’ mampu mendapat penghasilan ratusan juta Rupiah. Bagaimana kisahnya? Berikut profilnya dikutip CumaGamer.com dari Tabloid Nyata.

Selama ini banyak anggapan kalau bermain game lebih dikuasai kaum Adam dan juga tidak bisa menghasilkan uang. Tapi Monica Caroline, dara berusia 24 tahun ini berhasil mematahkan anggapan itu. Bukan hanya berhasil mengalahkan kemampuan puluhan gamer pria dalam bermain video game, gadis cantik itu juga berhasil membuktikan bahwa gamer adalah profesi yang menggiurkan.

 

Berbagai pernik video game memenuhi apartemen Monica di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mulai dari personal computer (PC), tiga layar besar, beberapa konsol game generasi terakhir, laptop berspesifikasi tinggi, aksesoris video game, hingga gfoto-foto kegiatan dan penghargaan menghiasi berbagai sudut ruangan apartemennya.

Jika ditanyakan pada komunitas gamer, nama Monica mungkin akan terdengar asing. Tapi jika ditanyakan nama Nixia, bisa dipastikan namanya akan dikenal. Apalagi setelah dia membintangi iklan di televisi dan YouTube.

“Dulu keluarga memanggil saya dengan panggilan Nic. Setelah bermain game, saya memikirkan nickname yang cocok untuk saya dan saya memilih nama Nixia. Akhirnya nama itu yang sekarang populer,” kisah Nixia.

Nixia mempromosikan berbagai gaming gear.
Bisa dibilang saat ini Nixia tengah menikmati pekerjaannya sebagai gamer. Dia bisa selalu bermain game terbaru sekaligus mendapatkan penghasilan sebesar Rp 137 juta per tiga bulan. “Sejak tahun 2013 saya disponsoori tiga vendor gaming gear. Mereka selalu mengirimkan produk terbaru mereka ke saya, juga membayar saya per tiga bulan,” jelasnya.

Dengan bayaran sebesar itu, tentu saja harus ada timbal balik yang diberikan Nixia kepada tiga sponsornya. Dalam hal ini, Nixia selalu membuat review alias mengulas produk-produk milik mereka di media sosial miliknya dan portal komunitas game yang dia dirikan, nixiagamer.com.

“Saya gunakan produk-produk mereka, terus saya buat review-nya di media sosial dan web saya. Semuanya pabrikan Taiwan. Makanya setiap ada Computertech yang digelar di Taiwan, saya selalu diundang,” ujarnya. Computertech adalah pameran elektronik terbesar kedua di  dunia yang digelar setiap tahun.

Nixia saat mengikuti turnamen.
Selain itu, Nixia juga disibukkan berbagai turnamen atau pameran game di dalam dan luar negeri. Wajah cantiknya selalu tampil di atas panggung atau podium sebagai pemenang. Ya, bersama tim bentukannya, NXA Ladies, dia kerap mengikuti berbagai turnamen di berbagai kota dan negara.

“Tahun 2011 lalu saya bertemu dengan empat teman perempuan saya yang juga hobi bermain video game. Akhirnya kami sepakat membentuk NXA Ladies. Tapi dalam perjalanannya personel tim ini kerap gonta-ganti karena kesibukan,” terangnya.

Tim bentukan Nixia.
Nixia mengatakan, dia ingin membuktikan bahwa perempuan pun bisa bersaing dengan laki-laki dalam turnamen video game. Karena itulah dia membentuk NXA Ladies dan berhasil membuktikan diri dengan lebih dari lima kali mencatat prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Bahkan, dia sudah sering mengalahkan tim laki-laki.

Selain bersama NXA Ladies, Nixia juga bersolo karier mengikuti berbagai turnamen video game. Sejak 2008, dia mencatatkan prestasi mengangumkan sebagai gamer perempuan. Namun diakuinya, yang paling berperan mendongkrak namanya adalah kejuaraan Guitar Hero. Sepanjang tahun 2009 hingga 2010, dia berhasil menjuarai kejuaraan ini sebanyak empat kali dan tiga kali mendapat peringkat runner-up dalam turnamen video game bertema musik ini.

“Setelah juara di Guitar Hero, saya sering diwawancarai wartawan, karena bisa mengalahkan para peserta yang kebanyakan laki-laki. Peserta perempuannya hanya dua. Penyelenggaranya salah satu majalah video game di Jakarta,” kenang Nixia.

Nixia menjadi salah satu gamer populer dari Indonesia.
Sebagai gamer profesional, diakui Nixia bila waktunya lebih banyak dihabiskan untuk bermain video game. Di hari biasa, paling tidak dia mesti bermain video game hingga tiga jam setiap harinya. Namun menjelang turnamen, durasinya bermain video game jauh lebih lama. “Bisa lebih dari delapan jam sehari,” ujarnya.

Ditanya ihwal kegemarannya bermain video game, Nixia mengaku jika sejak kecil dia sudah menyukai video game. Katanya, sejak kecil dia sudah terbiasa bermain game-game Nintendo atau PlayStation. Karena keseriusannya sebagai gamer profesional, Nixia menyebut bila kini dia enggan meneruskan cita-citanya menjadi dokter.

Meski sering bermain video game, Nixia mengatakan bila hobinya tersebut tidak sampai mengganggu sekolahnya dulu. Buktinya dia tidak pernah tinggal kelas, nilainya pun tidak pernah ada yang merah. Tidak heran bila sampai saat ini keluarganya tidak pernah melarang hobinya tersebut. Karena kegemarannya bermain video game itulah pergaulan Nixia di kalangan gamer semakin meluas. Dia pun mulai tertarik mengikuti turnamen video game.

Bukan hanya bermain video game, lulusan SMK Perintis Depok itu rupanya juga gemar mengotak-atik PC di kediamannya. Karena pemahaman game dan komputer yang dimilikinua, Nixia tidak perlu lama menganggur. Selepas SMK dia langsung bekerja sebagai penulis paruh waktu di majalah CHIP Indonesia dan menjadi moderator di forum CHIP. Selain itu, Nixia juga sempat bekerja di sebuah perusahaan game payment online di Indonesia.

“Saya ingin membuktikan bila bermain video game itu bisa menghasilkan uang. Buktinya saya langsung bekerja di bidang yang saya sukai. Saya kebagian mengulas game-game yang ada,” pungkas bungsu dari dua bersaudara ini. (cg)

Sumber: Tabloid Nyata

No comments:

Post a Comment

Designed By