Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, May 23, 2016

12 Emulator Game Terbaik untuk Android

Konsol-konsol jadul dengan game-gamenya yang ikonik masih tetap menarik dan berkesan bagi para gamer masa kini. Khususnya bagi mereka yang besar dengan konsol-konsol tersebut. Emulator pun menjadi salah satu cara untuk mengenang kembali masa-masa klasik yang telah lewat tersebut. Beruntung bagi para pengguna Android, ada banyak aplikasi emulator yang bisa digunakan untuk memainkan kembali game-game retro tersebut.

Disadur dari Android Authority, berikut ini CumaGamer.com hadirkan daftar 12 emulator game untuk Android yang patut untuk dicoba. Daftar ini terentang untuk berbagai konsol retro, mulai dari Commodore 64, NES, Mega Drive, hingga PlayStation One. Sebagian besar di antaranya merupakan aplikasi berbayar, tapi ada juga aplikasi gratisan. Untuk yang berbayar, bisa cek langsung harganya di PlayStore kalian. Yuk simak selengkapnya!



1. C64.emu

Bila kalian penggemar Commodore 64, atau mungkin ingin mencoba game-game yang hadir di komputer ini, emulator paling stabil yang ada saat ini adalah C64.emu. Emulator ini mendukung banyak format dan tampaknya bekerja lebig baik dengan fitur multi-disc support. Harganya cukup mahal, $3.99, tapi nostalgia tentu membuat harga itu tidak masalah bagi kalian untuk menikmati beberapa game klasik yang ada. Tapi kalau kalian mencari yang gratis, ada emulator lain yang kurang stabil tapi gratisan namanya Frodo C64.


2. ClassicBoy

Membaca namanya, jangan menyamakan ClassicBoy dengan emulator lain dalam daftar ini seperti MyBoy karena keduanya tidak dikerjakan oleh developer yang sama. Emulator ini adalah yang paling rendah rate-nya dalam daftar ini, meski begitu terbilang bagus karena bisa mengemulasi banyak sistem dalam satu app. Adapun emulator yang didukung adalah untuk SNES, PSX, GameBoy Advance, GameBoy Color, NES, dan Sega. Tampaknya secara umum emulator ini bekerja dengan baik, tapi ada beberapa judul yang tidak didukung emulator ini dan memiliki kompabilitas game yang lebih rendah dibandingkan emulator game yang spesifik. Bila selera kalian banyak, tapi penyimpanan hape kalian sangat kecil, dan kalian butuh solusi semua dalam satu, aplikasi ini tentu tidak buruk.


3. DraStic DS Emulator

DraStic adalah emulator Nintendo DS terbaik yang ada saat ini. Memangnya saat ini belum benar-benar lengkap, tapi dalam gal fitur, gameplay yang halus, dan kompabilitas ROM, Ini adalah emulator terbaik yang bisa kalian dapatkan. Emulator ini mendukung sejumlah besar game dan memiliki kontrol dan menu yang baik. Harganya terbilang mahal $7.99, tapi untuk memainkan beberapa game klasik Nintendo DS classics harga tersebut bisa dibilang pas. 


4. FPse for Android

Selalu jadi bahan perdebatan apa emulator PlayStation terbaik yang pernah ada. Banyak yang bilang ePSXe tapi bila kalian ingin kontrol penuh, semua option, dan pengalaman terbaik, FPse jawaranya. Emulator ini memiliki kompabilitas ROM yang menakjubkan dan lebih banyak option di mana kalian bisa menggetarkan kontroler. Satu-satunya kelemahannya adalah app ini tidaklah sederhana. Tapi bilakalian sudah memahaminya, emulator ini adalah yang terbaik yang pernah ada.


5. John GBC

Bila kalian lebih tertarik pada konsol handheld, ada beberapa emulator bagus yang bisa digunakan. Untuk memulai, John GBC adalah emulator untuk Game Boy dan Game Boy Color. Aplikasi ini mendapat rate yang tinggi, dan memiliki kompabilitas ROM terbaik. Fitur di dalamnya meliputi fast forward control, turbo button, dan bahkan cheat yang sudah tersedia di sana. Para pengulas menyatakan emulator ini cepat dan secara virtual tidak memiliki masalah yang mengganggu. Bila kalian suka era GBA, emulator ini pas banget buat kalian.


6. MD.emu

Bisa dibilang cukup sulit menemukan emulator Sega Genesis yang bagus seperti MD.emu, Ini adalah open-source untuk emulator Sega Genesis/Mega Drive, Sega CD, dan Master System/Mark III yang sangat baik melingkupi semua game di tahun-tahun awal Sega. Ada versi gratisan dan berbayarnya yang keduanya bekerja baik dengan versi berbayarnya diperbarui secara berkala. Berdasar ulasan para penggunanya, ini adalah pilihan terbaik bagi para penggemar Sega.


7. MegaN64

Jagad emulator di Android menantikan emulator N64 yang berfungsi baik dan akhirnya emulator itu pun hadir dalam MegaN64. Emulator ini mungkin tidak sempurna dan ada beberapa masalah glitch di sini, tapi ini adalah emulator N64 paling lengkap yang bisa kalian dapatkan. Emulator ini juga didasarkan dari Mupen64 yang terkenal jadi bila kalian suka emulator tersebut, MegaN64 akan terasa familiar. Apalagi ini gratis tanpa iklan pula dan fitur gratisannya terbilang keren. Bila emulator ini tidak bekerja, kalian bisa menjajal Mupen. Salah satu dari keduanya mestinya punya apa yang kalian cari.


8. My Boy!

Dalam hal rating Google Play, My Boy adalah emulator dengan rating tertinggi dalam daftar ini. Emulator ini begitu stabil dengan kompabilitas yang hebat dan banyak opsi. Termasuk fast forward control sehingga kalian bisa mempercepat bagian-bagian lambat dari gamenya. Ini adalah fitur yang hebat untuk para pemain RPG karena menjadikan level grinding lebih cepat. Tampilannya bagus, bisa dikustomisasi, dan harganya terbilang pas bila kalian adalah penggemar game-game Game Boy Advance.


9. Nostalgia.NES Pro

Kalian pasti tidak pernah lupa hari-hari saat memainkan game Super Mario Bros. pertama. Kini kalian bisa mengulang kembali hari-hari tersebut dengan sebuah emulator NES yang bagis, dan pilihannya adalah dengan Nostalgia.NES. Sebagaimana yang ada dalam daftar ini, emulator ini memiliki stabilitas dan kompabilitas ROM yang dibutuhkannya. Termasuk memiliki fitur-fitur keren seperti kustomisasi virtual controller dan rewind function. Rewind function membuat kalian bisa kembali beberapa detik dalam permainan kalian sehingga kalian bisa mencobanya kembali.


10. PPSSPP

PPSSPP mungkin kurang dipoles dengan baik tapi hal ini wajar mengingat PSP sendiri kurang populer bila dibandingkan Super Nintendo atau Sony PlayStation. Karenanya tak heran bila pengembangannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Hasilnya, emulator ini memiliki kompabilitas ROM di atas rata-rata dan bekerja baik pada banyak perangkat dibandingkan emulator PSP lainnya. PPSSPP ini masih jauh dari sempurna tapi para pengembangnya telah bekerja keras dalam menghasilkan emulator terbaik yang bisa dibuat. Kalau kalian suka game-game PSP, emulator ini adalah yang patut kalian coba.


11. RetroArch

RetroArch masuk dalam daftar ini karena kepopulerannya. Emulator ini bisa mengemulasikan sejumlah sistem dalam satu aplikasi dan para developernya tengah mengerjakan fitur yang memungkinkannya memainkan movie dan memiliki fitur augmented reality. Adapun kemampuannya yang ada saat ini tidaklah buruk. Sebagaimana ClassicBoy, kemampuan all-in-one emulator memiliki beberapa masalah kompabilitas yang kemungkinan tidak dimiliki emulator satu sistem tapi secara umum RetroArch adalah emulator yang solid dena memiliki daftar kompabilitas game yang bagus. Selain itu ini gratis, jadi kalian tidak akan membuang-buang uang bila kalian tidak menyukainya.


12. SuperLegacy16

Super Nintendo secara umum digadang-gadang sebagai salah satu konsol game terbaik sepanjang masa. Karena konsol ini memiliki banyak game mulai dari shooter hingga action/adventure dan banyak game RPG terbaik yang pernah ada. Walaupun video game menjadi semakin besar dan indah, masih banyak gamer yang memainkan Super Metroid, Legend of Zelda, Final Fantasy 3, atau Chrono Trigger. Untuk emulatornya, pilihan tepat untuk kalian adalah SuperGNES. Emulator ini terbilang solid dan stabil dengan banyak opsi dan kustomisasi. Bahkan kalian bisa menambahkan game art untuk ROM game kalian sebagaimana kalian melakukannya dengan musik.

*****

Itulah tadi daftar emulator game terbaik yang bisa kalian coba di perangkat Android kalian. Emulator sendiri merupakan sesuatu yang lucu. Terkadang emulator bekerja dengan baik tapi terkadang pula mereka sama sekali tidak bekerja. Bertahun-tahun yang lalu, emulator Super Nintendo berfungsi dengan baik untuk banyak game kecuali untuk game-game seperti Super Mario RPG. Kini, masalah-masalah seperti itu seakan hanya ada di masa lalu. Ruang emulator jauh dari sempurna tapi para developer tampaknya bekerja keras untuk membuat setiap orang bisa memainkan game-game klasik favorit mereka sekali lagi. Hal-hal ini cukup sulit ditemukan di Play Store. Bila ada emulator yang luput dalam daftar ini, kalian bisa menuliskannya di kotak komentar. (cg)

Sumber: Android Authority

No comments:

Post a Comment

Designed By