Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, April 16, 2016

Neko Atsume, Game Tentang Pasivitas

CUMAGAMER SHARE: KISAH GAMER EDISI#4

Sahabat gamer pasti kenal dengan game Neko Atsume Kitty Collector? Game mengumpulkan kucing ini untuk platform Android dan iOS ini memang menggemaskan sekali ya? Nah, salah seorang gamer asal Oakland, Elizabeth Lopatto punya cerita sendiri nih tentang game ini. Yuk simak ceritanya di CumaGamer.com Share!

 
****

Saya kini telah memainkan Neko Atsume selama beberapa bulan lamanya. Pertama, saya menamai ulang setiap kucing yang saya lihat, sehingga kini kumpulan binatang milik saya semuanya memiliki nama karakter-karakter esai dan fiksi. Lalu saya menunggu.

Neko Atsume bukanlah sebuah game, ini lebih tepat bila disebut sebagai sebuah aktivitas. Kalian mengeluarkan makanan dan kemudian kalian kembali lagi dan di sana ada kucing-kucing bermain di mainan-mainan yang kalian tinggalkan di sana. Mereka membawa hadiah-hadiah, ikan perak dan ikan emas yang merupakan uang dalam game ini, bersama dengan tropi-tropi biasa seperti cangkang jangkrik dan putaran jarum. Kalian tidak benar-benar melakukan sesuatu pada mereka, kalian hanya mengeluarkan makanan dan secara pasif mengamati.

Pada beberapa logika, video game sudah memiliki fase ‘pahlawan birokrat’ seperti dalam Sim City dan Civilization yang secara jelas membuat kalian, pemainnya, menjadi kepala birokrat di sana. Neko Atsume di satu sisi nyaris merupakan sebuah aksi yang benar-benar pasif. Satu-satunya keputusan yang kalian buat adalah apa yang akan kalian beli, dan apa yang akan kalian letakkan di halaman kalian.

Dengan update baru, kalian bahkan tidak perlu meletakkan mainan-mainan di halaman dengan tangan kalian sendiri karena sebuah pengacak akan melakukannya untuk kalian. Kucing-kucing ini tidak meminta banyak, mereka juga tidak akan mati bila kalian tidak memberi mereka makan, mereka cuma datang berkunjung atau membawakan ikan untuk kalian. Game ini cocok sekali untuk seseorang yang hanya ingin mengeceknya sekali dalam sehari. 

Apakah ada cara untuk ‘menang’ dalam Neko Atsume? Sulit untuk mengatakannya. Kalian bisa mengumpulkan cuplikan gambar dari semua kucing, dan kenangan dari semuanya, yang mungkin terasa seperti ‘menyelesaikan’ gamenya. Apakah ada tujuan yang bisa dicapai dalam Neko Atsume? Saya tidak bisa mengatakannya. Saya akan tetap memainkannya dan akan menceritakannya kepada kalian kalau saya menemukannya. (cg)

**********
 

TENTANG ELIZABETH LOPATTO
 Website: elizabethlopatto.com 
Twitter: @mslopatto
Bio singkat: Elizabeth Lopatto adalah penulis sains di Oakland, California. Dia saat ini bekerja sebagai science editor di The Verge.  Sebelumnya, dia menulis untuk Bloomberg News dan Seed Magazine. Dia juga mendirikan Kenyon Review's blog. Dia tinggal bersama Ms. Regina Jeeves, seekor kucing imut yang luar biasa.

 *****

CUMAGAMER SHARE!!!
Ingin berbagi kisah pengalaman video game seperti ini? Baca petunjuknya di sini.

No comments:

Post a Comment

Designed By