Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Friday, March 11, 2016

Tidak Menyenangkan, Everquest Next Dibatalkan

Cuplikan Everquest Next.
Presiden Daybreak Games menulis di situs resmi studio ini untuk menginformasikan bahwa game Everquest Next telah dibatalkan. Alasannya, game ini katanya tidak menyenangkan. Berikut beritanya dirangkum CumaGamer.com.

Sepertinya tahun ini adalah tahun yang buruk bagi penggemar genre MMORPG genre. Jumlah pelanggan World of Warcraft mengalami penurunan drastis dalam beberapa expansion terakhir, dan walaupun ada beberapa angka menarik dan menghibur dalam Guild Wars 2, Final Fantasy XIV, serta Black Desert Online, tidak ada dari rilisan anyar ini yang sukses menginspirasi para pemainnya dengan cara yang sama sebagaimana yang dilakukan Blizzard pada mahakaryanya yang mendefinisikan genre ini di tahun 2004. 


Bisa dibilang tidak akan ada World of Warcraft tanpa Everquest. Mungkin itulah kenapa begitu mengecewakan ketika Daybreak Games secara resmi mengumumkan pembatalan Everquest Next.
Pembatalan ini sendiri mungkin saja buka kejutan yang besar. Everquest Next pertama kali diumumkan tahun 2010, dan detail mengenai game ini hampir tidak ada sama sekali dalam rentang waktu lima tahun sejak awal pengembangan hingga tanggal pembatalannya. Sedikit informasi meyakinkan mengenai game ini, dan Daybreak Games begitu menyembunyikan pengembangannya yang menjadikan banyak yang lupa bahwa game ini sedang dibuat. 

Di samping kenyataan bahwa proyek Everquest Next pada akhirnya dibatalkan, namun alasannya bukan karena minimnya ambisi dari pihak developer. Daybreak Games punya rencana besar untuk genre MMORPG, di mana studio ini merecanakan Everquest Next menjadi game MMO pertama yang mengaplikasikan MMO di antara fitur-fitur inovatif lainnya seperti kerumunan meninggalkan lokasi kemunculan awal. 

Daybreak Games juga merencanakan Everquest Next menggunakan model free-to-play, dan memancing pihak-pihak lain mengembangkan game-game MMO dengan model yang sama. Presiden Daybreak Russell Shanks menulis, meski dia meyakini studionya menciptakan fitur-fitur menarik dan inovatif dalam proses pengembangan Everquest Next, dia menyebut ketika Daybreak menyatukan elemen-elemennya bersama-sama, mereka menyadari bahwa gamenya tidak menyenangkan. 

Everquest Next sendiri bukan game MMO pertama yang dibatalkan pengembangannya. Sebelumnya satu setengah tahun lalu, Blizzard mengumumkan pembatalan proyek MMO-nya yang berjudul Titan. Pembatalan Everquest Next ini tentunya membuat para penggemar MMORPG mesti kembali berharap bakal ada penerus World of Warcraft yang sebenarnya. Bagaimana menurut sahabat gamer khususnya penggemar genre MMO? Apa kalian kecewa dengan pembatalan ini? (cg)

Sumber: Daybreak Games

No comments:

Post a Comment

Designed By