Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 21, 2016

Sejarah Game Freak, Dari Majalah ke Pokemon

Nama Game Freak tentu tidak asing lagi di kalangan penggemar Pokemon. Developer game ini memang setia membuat game Pokemon sejak versi pertamanya 20 tahun lalu. Masih dalam peringatan dua dekade serial game Pokemon, kali ini CumaGamer.com menyajikan profil singkat studio yang didirikan oleh Satoshi Tajiri ini.

Game Freak, Inc. adalah perusahaan pengembang game Jepang yang didirikan pada tanggal 26 April 1989. Dibentuk oleh Satoshi Tajiri, Ken Sugimori, dan Junichi Masuda, perusahaan ini merupakan perusahaan utama yang bertanggung jawab dalam pengembangan game-game Pokemon, khususnya serial utama Pokemon.


Majalah Game Freak
Game Freak sebelum berbentuk perusahaan awalnya adalah majalah video game yang terbit di awal 1980. Dijalankan di bawah kepemimpinan Satoshi Tajiri, dengan ilustrasinya dikerjakan oleh Ken Sugimori, majalah ini diterbitkan dengan halaman berjumlah 28 lembar dan harganya 300 Yen. Pada awalnya majalah ini ditulis tangan, namun Tajiri kemudian membawanya pada perusahaan percetakan profesional.

Pada tahun 1989, Tajiri menerbitkan video game pertamanya berjudul Quinty, yang diubah namanya menjadi Mendel Palace untuk pasar Amerika Utara. Di tahun yang sama pula Game Freak secara resmi dijadikan sebagai perusahaan dan mulai mengerjakan beberapa video game untuk dua pemain besar dalam industri game saat itu, Nintendo dan Sega. Game-game yang dikerjakan oleh Game Freak di antaranya adalah game berlisensi seperti Yoshi dan Mario & Wario, serta game orisinal buatan Game Freak sendiri seperti Pulseman dan Smart Ball.

Satoshi Tajiri
Perusahaan dengan nama Jepang Kabushiki gaisha Game Freak ini awalnya adalah perusahaan independen. Hingga kemudian menjadi second-party developer atau pihak pengembang kedua untuk Nintendo sejak rilisnya Pokemon Red and Green di tahun 1996. Sebagai second-party developer, Game Freak mengembangkan atau mengerjakan game-gamenya yang secara eklusif ditujukan untuk mesin-mesin Nintendo namun tetap menjadi perusahaan yang terpisah dari Nintendo. Saat ini perusahaan pencipta Pokemon ini telah mempekerjakan sebanyak 71 staf pada April 2011, dimana Satoshi Tajiri menjabat sebagai CEO. Kantor pusatnya terletak di lantai 22 dari Carrot Tower di Setagaya, Tokyo, Jepang.

Bicara tentang Pokemon, ide awal tentang serial ini dimunculkan oleh Satoshi Tajiri, yang kemudian mencoba mengembangkannya menjadi nyata dengan judul Capsule Monsters di tahun 1990. Tajiri menawarkan ide ini pada Nintendo, akan tetapi ide tersebut ditolak dan isu hak cipta nama memaksa Tajiri mengganti namanya. Awalnya Tajiri menyingkat nama tersebut menjadi CapuMon, kemudian merubahnya menjadi Pocket Monsters. Dengan ide yang telah diperbarui dan dengan dukungan pencipta Super Mario Bros., Shigeru Miyamoto, Tajiri kembali menawarkan ide Pokemon tersebut. Pada akhirnya pengembangan game ini mendapatkan persetujuan dari Nintendo.

Logo Game Freak
Meskipun saat ini franchise Pokemon adalah franchise game tersukses nomor dua di dunia setelah Mario, pengembangan Pokemon Red and Green sangatlah sulit bagi tim di Game Freak, dengan periode pengembangan memakan waktu selama enam tahun. Ditambah kondisi keuangan perusahaan yang minim, menyebabkan banyak staf mengundurkan diri untuk mencari pekerjaan lain.

Satoshi Tajiri sendiri bekerja selama berjam-jam, kebanyakan tidak mendapat bayaran hanya demi menyelesaikan Pokemon, yang akhirnya diterbitkan pada tanggal 27 Februari 1996. Sukses internasional yang diraih Pokemon menempatkan Game Freak menjadi salah satu pengembang game terbaik yang bekerja untuk Nintendo, membuat Game Freak mendapatkan status sebagai pihak pengembang kedua untuk Nintendo.

Ken Sugimori
Sejak Red and Green, Game Freak telah mengembangkan semua seri utama dari versi game Pokemon, sementara game-game lainnya termasuk game Pokemon bergenre battle arena dan RPG untuk GameCube yaitu Pokemon Colosseum dan XD dikembangkan oleh afiliasi dan rekanan Nintendo lainnya. Game Boy Camera, sebuah perangkat tambahan pada mesin Game Boy yang berfungsi sebagai piranti editing gambar pendukung game Pokemon sendiri dikembangkan oleh Game Freak.

Meskipun Game Freak secara utama mengembangkan serial Pokemon sejak debutnya di tahun 1996, perusahaan ini juga bertanggung jawab untuk dua game yang tidak berhubungan dengan serial Pokemon. Dua game itu yang pertama adalah Click + Medic, game simulasi medis untuk mesin PlayStation yang hanya diterbitkan di Jepang. Gameplaynya mirip dengan Pokemon, namun menggantikan trainer dengan seorang dokter sementara monster-monster digantikan dengan ragam vaksin dan antibodi untuk bertarung melawan virus dan penyakit lainnya yang ada di dalam tubuh pasien.

HarmoKnight
Game lainnya yaitu Drill Dozer, yang diterbitkan untuk mesin Game Boy Advance pada selang waktu penerbitan Pokemon Emerald dan Pokemon Diamond and Pearl. Game ini menampilkan gadis muda yang menjalankan mesin pengebor untuk mengalahkan musuh-musuh di masing-masing lokasi. Sementara game non-Pokemon terkini dari GameFreak adalah HarmoKnight, sebuah game berbasis irama dan Solitiba, perpaduan solitaire dengan balapan kuda. Keduanya rilis untuk 3DS melalui Nintendo eShop. Solitiba juga dirilis untuk platform Android dan iOS, menjadikannya game buatan GameFreak pertama sejak Click Medic yang hadir di luar platform Nintendo.

Filosofi Game Freak, sebagaimana yang dinyatakan pada situs mereka adalah “Untuk memberikan kenikmatan dunia, kesenangan dan penemuan kepada masyarakat dengan secara berkesinambungan menciptakan game-game dengan kualitas superior. Serta untuk membangkitkan keberanian, harapan, dan kebaikan, impian-impian dan semangat petualangan.” Filosofi ini dapat terlihat jelas dalam game-game Pokemon, dimana pemain harus bertarung dengan gagah berani menghadapi beragam tim penjahat, melakukan perjalanan melintasi region bersama dengan Pokemon mereka masing-masing. 

Junichi Masuda
Sebagai sebuah perusahaan game yang kini terkenal karena Pokemon, tentunya Game Freak memiliki tokoh-tokoh kunci yang menjadikan perusahaan ini menjadi sebesar sekarang. Tokoh-tokoh tersebut di antaranya adalah Satoshi Tajiri sendiri selaku pendiri, CEO, dan ketua dewan; Ken Sugimori selaku direktur seni; Junichi Masuda selaku ketua pengembangan dan komposer musik; serta Shigeki Morimoto yang bertindak sebagai programmer, yang berperan besar pada kemunculan Mew.

Para pegawai Game Freak sendiri bisa ditemui di dalam game Pokemon, bermarkas utama di lantai ketiga Celadon Condominium region Kanto. Pada game-game yang bersetting di luar Kanto, mereka bisa ditemukan tengah berlibur di motel Cove Lily di kota Lilycove region Hoenn dan seorang anggotanya menginap di hotel Grand Lake di region Sinnoh. Alasan menemui mereka adalah untuk mendapatkan Diploma, yang akan diberikan sebagai hadiah karena telah melengkapi PokeDex. Pada versi HeartGold/SoulSilver, sound designer akan memberikan GB Sound kepada pemain apabila telah mengumpulkan delapan lencana Kanto.

Kantor Game Freak di dalam game Pokemon.
Game Freak juga memiliki gedung mereka sendiri di kota Castelia region Unova pada versi Black & White. Mereka bertempat di lantai 22, persis sebagaimana tempat mereka berada di dunia nyata di Carrot Tower. Seorang trainer yang bernama Game Freak Morimoto yang mewakili programmer Pokemon, Shigeki Morimoto bisa dilawan setelah pemain menghentikan Team Plasma.

Itulah tadi sejarah singkat dari developer di balik kesuksesan Pokemon. Mungkin Satoshi Tajiri dan kawan-kawan di Game Freak tidak pernah menyana bahwa majalah handmade mereka akan berkembang menjadi sebuah perusahaan pengembang game terkenal di dunia. Semuanya tentu saja tak terlepas dari perjuangan mereka yang tak mengenal lelah dan putus asa demi mewujudkan ide Pokemon menjadi nyata.

Sekali lagi, segalanya bermula dari ide dan impian, jadi janganlah takut untuk terus bermimpi sembari berusaha keras mengembangkan ide kalian menjadi kenyataan. Game Freak dan Pokemon adalah contoh yang bisa ditiru. Dengan ide Pokemon yang luar biasa, Game Freak pastinya akan terus mengembangkan inovasi terbaru sesuai filosofi mereka, menghibur kita semua, mengembangkan semangat petualangan. Sahabat gamer setuju kan? (cg)

Sumber: Blog Lunar Servada

BACA JUGA:
-- Perjalanan Dua Dekade Serial Game Pokemon

No comments:

Post a Comment

Designed By