Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 28, 2016

Review: Pokken Tournament

JUMLAH PETARUNG YANG TAK SEBANDING

Pokken Tournament adalah game Pokemon bergenre fighting pertama yang pernah dirilis. Tapi produk akhirnya terasa sebagai sebuah tawaran yang kosong dibandingkan sebuah produk yang benar-benar terisi.

Para gamer telah menunggu game fighting bertema Pokemon sejak lama sejak serial ini menjadi populer. Dan diakui, Super Smash Bros. menjadi contoh yang tepat seperti apa semestinya game fighting bertema Pokemon semestinya dibuat. Hingga Pokken Tournament untuk Nintendo Wii U dirilis, menjadi game pertama yang benar-benar menawarkan premis tersebut. 
 
 
Tentu saja Pokken Tournament bukanlah game yang buruk. Apa yang bisa dinikmati dalam kemasan akhirnya adalah sebuah konsep yang menarik dan unik dalam genre fighting tradisional. Sistem pertarungannya berjalan senyata sebagaimana imajinasi para penggemar Pokemon mengenai pertarungan Pokemon yang sebenarnya, dan semua ini berkat barisan pergerakan 3D dan 2D yang disajikan begitu kaya di sepanjang permainan. Mengeksekusi serangkaian kombo jarak dekat akan mengaktifkan sebuah Phase Shift, yang mengganti sudut pandang aksi dari 3D ke dalam tampilan pertarungan 2D yang lebih linier. 

Bisa dibilang game ini adalah pendekatan yang berbeda yang mungkin tidak terasa familiar, tapi game ini tidak selalu bekerja dengan tepat. Aspek batu-kertas-gunting dari pertarungan yaitu memegangm menyerang, dan menahan disajikan dengan baik, tapi lebih unik mengingat ada kelemahan berbasis tipe elemen yang dimiliki Pokemon. Tetap saja, hasil akhirnya kekurangan kedalaman yang diperlukan, yang jadinya terasa tragis untuk game-game yang ditujukan sebagai game kompetitif. 
 

Jumlah fighter yang bisa dimainkan juga bisa dibilang lemah, dengan rosternya hanya 16 Pokemon setelah baik Mewtwo dan Shadow Mewtwo bisa diakses. Ini mesti menjadi perhatian serius, mengingat Pokemon merupakan sebuah game dengan karakter monster yang jumlahnya melebih 700-an dan bahkan bisa bertambah lagi dalam game-game berikutnya. Jumlah karakter yang sedikit dalam game ini jelas merupakan sebuah kesalahan ditambah fakta bahwa ada dua Pikachu dan dua Mewtwo yang bisa dimainkan. Ya memang dua Pikachu dan dua Mewtwo ini memiliki gaya bertarung yang berbeda dan variasi dari roster maskot yang bisa dipilih, tapi tetap saja terasa berlebihan.

Bagi kalian penggemar berat Pokemon yang mencari kualitas, Pokken Tournament bersinar dalam hal tampilan grafisnya. Monster-monster dan lingkungan-lingkungan dalam game ini hadir dalam tampilan kualitas tertinggi dari dunia Pokemon yang pernah ada sampai saat ini. Karakter-karakter petarung Pokemon ini dihadirkan ke dalam Wii U dengan hasil yang nyaris tanpa cela. Bagaimana setiap Pokemon berpose sebelum dan sesudah bertarung, bagaimana mereka mengeksekusi Burst Attacks, dan bahkan kombo-kombo yang mereka rangkai bersama begitu mirip dengan konten orisinal serial ini. Bagi kalian yang sudah familiar dengan serial Pokemon tentu akan merasa sangat senang melihat semua hal itu menjadi hidup dalam Wii U. 
 

Selain itu ada juga sejumlah potongan equipment dan gelar yang bisa kalian akses untuk kustomisasi karakter trainer kalian. Hal ini memungkinkan kalian membuat sebuah profil yang unik yang akan dibawa di sepanjang campaign, tapi profil yang sama juga akan tersedia untuk dilihat selama permainan online berlangsung. Dengan variasi luas dari item-item untuk bisa diakses, memberikan sebuah tujuan dalam masing-masing dan setiap pertarungan. Walaupun item-item unlockable ini tidak semuanya menarik, tapi bisa jadi tujuan sampingan saat menyelesaikan beragam campaign bergaya liga yang ada. 

Tentu game fighting tidak akan berarti apa-apa tanpa fitur multiplayer, dan Pokken Tournament memiliki fitur tersebut. Local multiplayer didukung dengan Wii U GamePad dan sebuah Pro Controller atau special Pro Pad controller. Tapi kalian setidaknya harus memiliknya satu user dalam sistem tablet menyerupai remote. Hasilnya, frame rate game ini diturunkan menjadi 30fps, walaupun gamenya masih berjalan dengan halus. Hal ini juga menjadikan masuk akal bagi para penggemar yang menggunakan GamePad sepanjang sesi multiplayer mengingat perspektif adalah bagian besar dari elemen-elemen pertarungan 3D. Jadi ya sulit untuk menyalahkan Bandai Namco karena menggunakan metode tersebut.

~~DATA GAME~~
JUDUL: Pokken Tournament
DEVELOPER: Bandai Namco
PUBLISHER: The Pokemon Company
PLATFORM: Wii U
RILIS: 18 Maret 2016
GENRE: Fighting
MODE: Single player, Multiplayer
CumaGamer Score: 7 dari skala 10.
 
Apa yang tersaji dalam Pokken Tournament terasa seperti sebuah pondasi yang sangat solid dari apa yang bisa menjadi sebuah serial game fighting hebat. Meski begitu, sedikitnya jumlah karakter yang bisa dimainkan, ditambah lagi dengan tidak ada rencana untuk DLC di masa yang akan datang, menjadikannya aspek yang cukup melukai hasil akhirnya. Secara keseluruhan, Pokken Tournament menyajikan pertarungan yang unik, sebuah serial yang dikagumi, dan mekanik pertarungan yang begitu mudah dinikmati dan segala hal yang dijanjikan sebelumnya, tapi sayangnya kekurangan konten yang menjadikannya gagal dalam membangun sebuah game yang terasa lebih berisi dan menjanjikan. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By