Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, March 31, 2016

Review: Hyrule Warriors Legends

PORT YANG LAYAK MAIN

Hyrule Warriors Legends adalah sebuah port yang layak main dari spin-off asli The Legend of Zelda spin-off, memungkinkan para penggemar membawa game ini ke manapun pergi, dengan sedikit tambahan yang patut dicermati.

Nintendo dalam beberapa tahun terakhir begitu protektif terhadap IP mereka. Setelah kerja sama memalukan dalam wujud game buatan Philips yang memalukan dan film adaptasi Super Mario Bros. yang begitu menyimpang di awal era 90-an, sedikit perusahaan di luar Nintendo yang diizinkan mengerjakana waralaba-waralaba milik perusahaan ini. Tapi ada pengecualian untuk properti persilangan alias crossover yang menghasilkan Hyrule Warriors. Mencampurkan The Legend of Zelda dengan pertempuran besar Dynasty Warriors, kolaborasi Tecmo Koei ini mendapat tempat di kalangan para gamer Wii U, dan kini gamenya hadir di konsol 3DS di bawah judul Hyrule Warriors Legends. 


Sekilas, Hyrule Warriors Legends mungkin tidak masuk akal bagi penggemar serial aslinya di Wii U. Dengan keterbatasan teknis yang dimiliki handheld 3DS, hasil akhirnya banyak diterka bakal menjadi sebuah port yang buruk dari sebuah game yang menghadirkan pertempuran-pertempuran besar dan sekerumunan musuh. Tapi kenyataannya, game ini justrus menjadi pembuktian teknis untuk konsol ini, dengan sukses membawa dan meningkatkan permainannya melampaui pengalaman di konsol rumahan. Tapi hal ini tidak lantas menghapus masalah-masalah yang ada pada game aslinya.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kalian ketahui bahwa game ini berjalan lebih baik di handheld New Nintendo 3DS. Tapi itu bukan berarti game ini tidak bisa dimainkan dalam teknologi yang lebih lawan, hanya saja berjalan sedikit lamban dan fitur 3D-nya eksklusif untuk model terbaru. Meski begitu, menyalakan 3D bisa menurunkan framerate secara signifikan ketika ada  banyak musuh di layar. Ini artinya, akan lebih baik menikmati Legends dengan opsi 3D dimatikan. Ini bukan pertama kalinya untuk software di perangkat game portabel dan mengejutkan melihat game ini bisa berjalan baik pada semua pertarungan sengit yang ada di game ini.


Tentu formula hack-and-slash Hyrule Warriors tetap digunakan dalam peralihannya ke 3DS, dengan gelombang demi gelombang musuh datang untuk sebuah pertempuran dahsyat di waktu yang bersamaan. Strategi yang lebih baik di Hyrule Warriors – dan sebagaimana Dynasty Warriors, adalah mempertahankan angka dan menjaga karakter utamanya tetap hidup. Ini memastikan kalian akan secara terus-menerus mengecek peta dan mendapatkan isyarat dari para rekan untuk tetap berada di pertarungan. Di sinilah di mana gameplay-nya begitu menarik, ketika kalian akan berlarian untuk membantu beberapa prajurit di garis depan pertempuran yang tengah kolaps terkena serangan musuh. Setelah menyingkirkan lebih dari seribu musuh dalam sebuah pertempuran, sayangnya akan mulai terasa membosankan. 

Tentu masalah terbesar yang ditemukan di game aslinya adalah game ini berlebihan atau kurang menyamakan grind-nya dengan menekan tombol-tombol yang sama lagi dan lagi. Inilah yang ditemukan dalam Hyrule Warriors, dan bisa dimengerti kenapa tidak diperbaiki dalam port ini. Apa yang membuat game ini bisa lebih diterima adalah mentalitas pickup-and-play baru yang memanfaatkan desain clamshell Nintendo 3DS. Ketika beberapa pertempuran dalam sekali permainan membutuhkan banyak waktu untuk dihabiskan, keseluruhan segmennya dapat ditahan sejenak dengan menutup 3DS dan membukanya kapanpun diinginakan. In artinya saat kalian menyadari sudah cukup untuk bermain, kalian bisa hanya pause permainannya dan kembali memainkannya saat kalian menginginkannya. 


Formula ini terasa memang diperuntukkan bagi handheld, memungkinkan sesi permainan kasual dalam sebuah transit atau di selama perjalanan mobil yang jauh menjadi lebih menyenangkan dan sesuai kehendak dibandingkan bila dipaksakan. Sungguh ini diperuntukkan untuk konsol-konsol portabel, tapi bagi kalian yang menikmatinya di Wii U juga bisa menemukan lebih banyak konten kali ini. Penambahan Linkle, bersama beberapa karakter populer lainnya seperti Skull Kid, menjadikan menyelesaikan game ini akan lebih terasa seperti sebuah fanservis dan opsi-opsi lain untuk memainkan campaign. Dan sentuhan bagusny, bagi kalian yang membeli Hyrule Warriors Legends juga akan menerima sebuah kode untuk mengunduh warrior-warrior baru secara gratis. Sementara pemilik game aslinya di Wii U bisa mendapatkannya dengan harga US$12.99. 

~~DATA GAME~~
JUDUL: Hyrule Warriors Legends
DEVELOPER: Omega Force, Team Ninja
PUBLISHER: Nintendo
PLATFORM: 3DS
RILIS: 25 Maret 2016
GENRE: Action, Hack-and-slash
MODE: Single player, Multiplayer
CumaGamer Score: 7 dari skala 10.
 
Hyrule Warriors Legends bukanlah sebuah perulangan blockbuster, tapi game ini tidak pula mengurangi grind dari game aslinya secara sbustansial berkat desain hardware-nya. Dengan penambahan beberapa karakter baru yang bisa dimainkan, bagi kalian yang puas dengan judul aslinya di Wii U pasti akan menemukan kesenangan yang sama di game ini. Dengan menitikberatkan pada gameplay berfokus grind, game ini telah berhasil menarik perhatian para penggemar dari serial Zelda. Bukan itu saja, para penggemar Dynasty Warriors pun akan merasakan hal yang sama saat memainkan game ini. (cg)
 
Sumber: Game Rant

No comments:

Post a Comment

Designed By