Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 21, 2016

Review: Black Desert Online

VISUAL TERINDAH TANPA JIWA

Black Desert Online buatan Pearl Abyss begitu detail, dengan tampilan visual yang menawan, MMORPG ini berhasil hampir pada segala aspek, sayangnya game ini tidak memiliki jiwa.

Black Desert Online mewakili upaya terbaru dari developer video game untuk mengembalikan gairah industri untuk genre MMORPG. Game ini, yang sudah dikembangkan selama lebih dari tiga tahun, telah tersedia di Korea sejak 2014 dan untuk gamer Jepang dan Russia sejak 2015, tapi baru di bulan Maret 2016 game ini hadir bagi para gamer Eropa dan Amerika Utara. Bagi yang belum tahu, Black Desert Online dipasarkan sebagai sebuah upgrade revolusioner untuk genre yang telah dipopulerkan World of Warcraft di tahun 2004.
 
 

Black Desert Online secara mengejutkan berjalan dengan baik. Untuk semua tujuannya, Black Desert Online adalah salah satu game paling dalam dan intuitif dalam genre ini sejak sekian lama. Visual game ini begitu menawan, memiliki crafting dan social system yang begitu kompleks, dan juga beberapa konten terbaik yang pernah ada dalam game MMO. Sayangnya, ada beberapa masalah yang tidak mungkin untuk diabaikan. Sebuah masalah yang membuat game yang hebat menjadi kekurangan daya tariknya. 


Pertama, penting untuk disadari bahwa yang membuat siapapun terpesona dengan game ini adalah screenshot Black Desert Online, dengan dunia in-gamenya yang begitu indah, dan PC berkemampuan tinggi mampu melakukan render game dalam detail yang begitu halu yang belum pernah ada dalam game MMO sebelumnya. Black Desert Online segera saja menjadi game MMO dengan penampilan paling baik sepanjang sejarah, cinematic-nya, walaupun tidak sedinamis atau emosional seperti judul-judul lain dalam game ini.

Tidak ada contoh yang lebih baik mengenai bagaimana menikmati estetika dalam Black Desert Online dibandingkan sistem oembuatan karakter yang menyambut para pemainnya setelah membuat akun. Jumlah detail yang dimasukkan dalam setiap bagian karakter begitu melimpah, faktanya pembuat karakter dalam Black Desert Online ini hanya bisa disaingi oleh game-game seperti The Elder Scrolls: Skyrim dan Fallout 4 dari Bethesda dalam hal seberapa unik tampilan setiap karakter yang bisa dibuat. 


Saat memilih ras dan class dalam Black Desert Online, sayangnya, begitu sedikit pilihan yang ada ketimbang yang diharapkan. Class secara otomatis menentukan gender dan ras tanpa ruang variasi. Jadi bila pemain ingin memunculkan seorang ranger, mereka mesti menjadi Elf perempuan. Ini terasa aneh mengingat game ini didedikasikan untuk membiarkan para pemainnya melakukan apapun yang merema inginkan, kebebasan dalam menentukan gender dan ras, yang merupakan kelebihan genre MMO. Karenanya, opsi ini terasa mengecewakan di Black Desert Online. 

Ketika gamer sudah selesai memnbuat karakter-karakter mereka, game akan dimulai, yang terasa sedikit kikuk. Pemain akan segera masuk ke dalam dunia Black Desert Online dengan begitu sedikit arahan di luar beberapa quest awal, dan sistem travel yang begitu memuaskan, dengan elemen crafting yang dalam. Masalah ini ditambah kenyataan bahwa pelokalan gamenya bisa saja begitu komikal dan juga begitu membingungkan dan mengesalkan. Para NPC akan sering berbicara namun kerapkali mebgatakan hal-hal yang berbeda dan tidak berhubungan dalam kotak dialog. Hal ini menjadikannya terasa seperti dua orang yang berbicara pada pemain secara bersamaan.


Faktanya, satu-satunya jalan bagi para pemain untuk bisa mendapatkan sensasi dan skala kedalaman Black Desert Online adalah bagaimana game ini begitu sederhana untuk dimainkan. Menjelajahi dunianya begitu memuaskan, dan crfating dan commerce begitu intuitive ketika pemain memahami dasar permainannya melalui rangkaian trial and error. Ketika pemain sudah paham bahwa Black Desert Online lebih terasa sebagai simulator dunia fantasi mengingat game ini merupakan MMORPG tradisional, akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui apa yang mesti dilakukan dalam game ini. 

Black Desert Online adalah sebuah MMORPG, dan MMORPG harus memiliki unsur pertarungan atau combat. Combat system dalam game ini merupakan salah satu yang terbaik yang ditawarkan genre ini, memadukan animasi serangan yang halus dan gameplay dengan kemampuan menangkis serangan lawan dan merangkai bersama-sama serangan combo menggunakan skill dan magic. Saat pertarungan PvE terasa begitu mudah dalam awal-awal permainan, pada level-level berikutnya para oemain akan mengharapkan bisa menguasai kemampuan menangkis dan penempatan karakter bahkan ketika melawan kerumunan sederhana di world map. Experience points didapatkan hanya sepanjang combat dan aksi-aksi karakter lainnya dalam Black Desert Online. Sehingga sistem grind lebih terasa sebagai elemen tambahan yang menghadiahkan item-item dan kegunaan dalam game lainnya di luar leveling character. 


Elemen-elemen PvE dalam Black Desert Online mungkin bagus, namun desain PvP lebih banyak menjanjikan kesenangan. Satu-satunya titik terang untuk PvP Black Desert Online adalah medan tempur berskala besar antar guild yang menampilkan pertarungan-pertarungan dengan ratusan karakter di masing-masing sisi. Pertarungan-pertarungan ini benar-benar menarik dan bagi mereka yang menyukai elemen-elemen PvP luas dalam game MMO, mesti menjajal Black Desert Online untuk merasakannya. Meski begitu, PvP lainnya, seperti arena 1-on-1 dan 3-on-3 sebagaimana dalam World of Warcraft, terasa hambar dan tidak menarik, di samping yang dijanjikan combat system-nya yang hebat.

Baik kelemahan PvE dan PvP dari Black Desert Online yaitu tidak benar-benar memiliki ‘end-game’. Tidak ada dungeon-dungeon raksasa yang menceritakan kisah saat perburuan para pemain semakin meningkat menghadapi boss-boss epic demi gear yang bagus. Tidak ada alasan sebenarnya untuk menjadi pemain PvP yang hebat ketimbang menikmatinya. Kebanggan Black Desert Online adalah tidak benar-benar peduli dengan apa yang dilakukan pemainnya, melainkan memberikan mereka sebanyak mungkin pilihan dengan membiarkan mereka bebas menjelajah untuk menciptakan petualangan mereka sendiri. 


Pendekatan ini bisa saja menjadi lebih baik, tapi juga tidak baik bila mengingat Black Desert Online adalah sebuah game tanpa jiwa. Meski game ini menampilkan komunitas-komunitas kota yang begitu sibuk di mana perilaku NPC sebagaimana yang ada dalam The Witcher 3, berinteraksi dan beraksi dengan karakter-karakter pemain berkali-kali, tidak ada di antara mereka yang benar-benar eksis untuk sebuah tujuan. Narasi yang mengantar sebuah MMO merupakan sesuatu yang penting sehingga mengejutkan saat menemukan Black Desert Online, dengan semua kedalaman dan inovasinya, entah kenapa melupakan elemen ini. Untuk semua keindahanya, Black Desert Online adalah sebuah pengalaman yang kosong. 

~~DATA GAME~~
JUDUL: Black Desert Online
DEVELOPER: Pearle Abyss
PUBLISHER: Daum Games
PLATFORM: PC
RILIS: 3 Maret 2016
GENRE: MMORPG
MODE: Multiplayer
CumaGamer Score: 8 dari skala 10.


Kesimpulannya, para gamer yang mencari sebuah MMORPG baru untuk dimainkan bakal menemukan Black Desert Online sebagai game yang menarik. Desainnya yang inovatif, grafis yang menawan, dan pertarungan yang menyenangkan menjadikannya sebuah judul yang layak dimainkan untuk melihat bagaimana elemen-elemen genre ini bisa berlanjut untuk dibangun dan ditingkatkan. Namun bagi kalian yang mencari sebuah game yang menawarkan alasan untuk terus memainkannya, atau sebuah game yang membuat kalian merasa terikat dengan dunianya, narasi di mana keberadaan karakter terasa penting, game ini mungkin bakal mengecewakan dan membuat kalian penasaran bagaimana Black Desert Online bisa menarik perhatian. (cg)

Sumber: Game Rant

No comments:

Post a Comment

Designed By