Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 21, 2016

Perjalanan Dua Dekade Serial Game Pokemon

Selama 20 tahun terakhir, Nintendo telah menerbitkan begitu banyak macam video game Pokemon. Mulai dari serial utamanya yang berpasang-pasangan, hingga berbagai seri spin-off. Memperingati dua dekade kehadiran Pokemon di industri video game dunia, CumaGamer.com menghadirkan kronologi serial game yang begitu memorabel ini sejak pertama kali rilis tahun 1996. Berikut informasi selengkapnya.

Waralaba Pokemon telah berkembang dari ukuran saku menjadi begitu besar sejak debutnya di tahun 1996. Dua puluh tahun setelah sepasang gamenya di konsol portabel Game Boy dirilis, Pokemon telah memperkaya konsol dan juga handheld dengan beragam game RPG serta judul-judul besar dan kecil lainnya. Cukup sulit untuk melacak semua game Pokemon yang ada, meski begitu CumaGamer.com telah membuat urutan kronologi dari game-game Pokemon yang paling dikenal berikut ini. 



1996
Pokemon Red & Green (Game Boy)

Pada 26 Februari 1996, Nintendo menerbitkan dua game Pocket Monster atau Pokemon pertama di Jepang. Sepasang game ini, Pokemon Red & Green memperkenalkan gameplay klasik dan generasi pertama dari monster-monster yang bisa dikoleksi ini. Hingga saat ini, versi Green masih menjadi rilisan eksklusif di Jepang. Sepasang game ini dikembangkan oleh GameFreak dan membutuhkan waktu enam tahun lamanya hingga akhirnya berhasil dirilis. Game ini membawa sebuah premis yang hingga kini selalu ada dalam game-game Pokemon, yaitu sebuah petualangan seorang Pokemon Trainer dalam perjalanannya mengumpulkan semua jenis Pokemon dan menjadi Pokemon Master.


1998
Pokemon Red & Blue (Game Boy)

Nintendo memulai debut waralaba Pokemonnya di Amerika Serikat dengan versi yang diubah sedikit, Pokemon Red & Blue. Kedua game ini cepat saja menjadi sebuah fenomena budaya, di mana orang-orang dari berbagai kelompok usia saling bekerja sama untuk menangkap semua monster yang ada. Awalnya GameFreak tidak berencana membawa game Pokemon Red & Green mereka ke luar Jepang, hingga almarhum Satoru Iwata ikut andil dalam proses translasi dan membawanya ke Amerika Serikat.


1998
Pokemon Stadium Japan-Only (N64)

Tahun 1998 menjadi saksi perilisan game spin-off Pokemon yang pertama. Game Pokemon Stadium yang asli diterbitkan dalam edisi yang terbatas untuk konsol Nintendo 64 (N64) dan hingga kini hanya terbit di Jepang. Pokemon Stadium membawa pertarungan dua dimensi dari game Pokemon ke dalam lingkungan tiga dimensi yang keren.


1999
Pokemon Pinball (GBC)

Game sampingan Pokemon pertama yang dirilis di Amerika Serikat, hadir di konsol portabel Game Boy Color (GBC). Ini merupakan game Pinball, tapi dengan elemen Pokemon. Permainannya sederhana namun begitu menyenangkan dan efektif. Dalam game ini sembari bermain pinball, gamer bisa menangkap berbagai jenis Pokemon yang muncul dalam kondisi-kondisi tertentu.


1999
Pokemon Snap (N64)

Para gamer Amerika untuk pertama kalinya mendapatkan game Pokemon mereka yang hadir dalam tampilan tiga dimensi 3D. Bagian paling keren dari game Pokemon ini adalah bahwa pemainnya bisa membawa kartrid game mereka ke Blockbuster untuk mencetak foto Pokemon mereka yang dipotret dalam gamenya. Dalam game ini gamer berperan sebagai Todd Snap untuk memotret semua Pokemon yang ada di sebuah pulau. Game ini masih memiliki elemen menangkap Pokemon, hanya saja dengan menggunakan kamera.


1999
Pokemon Yellow (Game Boy)

Nintendo menambahkan sebuah twist pada pasangan Pokemon Red & Blue dengan versi ketiga game ini, Pokemon Yellow. Disebut juga dengan ‘Special Pikachu Edition’, plot game ini sama dengan Red & Blue, hanya bedanya versi ini disesuaikan dengan anime Pokemon yang sedang populer kala itu. Dalam game ini Pikachu menjadi starter Pokemon dan berjalan di luar Pokeball mengikuti karakter utama.


2000
Pokemon Trading Card Game (GBC)

Di tahun ini, Pokemon telah berdiri kokoh dalam tiga pilar utama yaitu kartun, game, dan trading card. Pokemon Trading Card Game mengkombinasikan dua kategori terakhir yaitu video game dan permainan kartu TCG ke dalam sebuah pengalaman yang lebih portabel dari permainan kartu terlaris di dunia ini. Game ini sekaligus bisa menjadi tutorial bagi gamer yang ingin mempelajari TCG Pokemon di dunia nyata.


2000
Pokemon Stadium (N64)

Pokemon Stadium akhirnya rilis juga di luar Jepang, dengan konten yang mendapat pembaruan. Segera saja game ini mendapat kesuksesan besar di Amerika Serikat. Dalam game ini gamer melakukan pertarungan Pokemon secara 3D, dengan menggunakan koleksi monster mereka. Daya tarik game ini juga datang dari aneka minigame bergaya party yang menyenangkan untuk dimainkan.


2000
Pokemon Gold & Silver (GBC)

Nintendo meluncurkan generasi kedua dari karakter-karakter Pokemon mereka melalui Pokemon Gold & Silver. Sepasang game ini meningkatkan kualitas palet warna Pokemon, bahkan lebih banyak lagi monster untuk dikumpulkan dan juga memiliki jumlah gym paling banyak di antara game-game Pokemon lainnya. Delapan gym asli Pokemon dalam Red & Blue bisa diakses setelah menyelesaikan delapan gym Gold & Silver, menjadikan durasi permainan berlipat ganda. Fitur yang diperkenalkan dalam kedua game ini adalah breeding, yang memungkinkan trainer mengembangbiakan Pokemon mereka.


2000
Hey You, Pikachu! (N64)

Para penggemar Pokemon akhirnya mendapatkan kesempatan pertama untuk bisa mengobrol langsung dengan Pokemon paling populer melalui game konsol ini. Hey You Pikachu dijual bersama dengan sebuah perangkat mikropon untuk berinteraksi dengan Pikachu. Sayangnya, game ini kerap kali tidak bekerja dengan baik.


2000
Pokemon Puzzle League (N64)

Nintendo merilis game Pokemon bergaya Tetris Attack ini pada musim gugur 2000. Uniknya, game ini menjadi game Pokemon pertama yang dirilis pertama kali di Amerika Serikat. Bergenre puzzle kasual, Puzzle League menggunakan karakter-karakter dari serial animasi Pokemon yang sedang populer.


2000
Pokemon Puzzle Challenge (GBC)

Merupakan versi portabel dari Puzzle League, Puzzle Challenge untuk Game Boy Color menggunakan pendekatan yang lebih bergaya Pokemon. Dalam game ini, gamer mesti mengalahkan para ym leader dari versi Gold & Silver melalui pertarungan puzzle.


2001
Pokemon Stadium 2 (N64)

Sekuel dari Pokemon Stadium ini memiliki lebih banyak Pokemon untuk digunakan bertarung, bahkan dengan minigame-minigame yang lebih baik lagi. Fitur menarik dalam game ini adalah Transfer Pak, yang memungkinkan gamer memainkan game-game Pokemon di Game Boy di televisi.


2001
Pokemon Crystal (GBC)

Untuk pertama kalinya, game RPG Pokemon menawarkan pilihan dua karakter yang bisa digunakan, yaitu anak laki-laki dan anak perempuan. Fitur ini di kemudian hari menjadi opsi umum dalam game-game utama Pokemon. Selain itu Pokemon Crystal menjadi game Pokemon pertama yang menggunakan sprite animasi pada sekuen pertarungan Pokemon.


2003
Pokemon Ruby & Sapphire (GBA)

Kualitas grafis yang mengalami peningkatan dalam konsol portabel Game Boy Advance (GBA) membuat game Pokemon menjadi lebih cerah dan tajam. Selain seratus lebih monster baru, Ruby & Sapphire turut memperkenalkan fitur-fitur baru yang akan terus digunakan pada game-game Pokemon berikutnya, yaitu ability, double battle, dan PokeBlocks.


2003
Pokemon Pinball: Ruby & Sapphire (GBA)

Pinball dan Pokemon berhasil membuat perpaduan yang hebat, khususnya dalam game generasi ketiga ini yang hadir di GBA. Sayangnya ini merupakan kali kedua sekaligus terakhir kalinya dua game ini digabungkan.


2003
Pokemon Channel (GameCube)

The Pokemon Company menyadari bahwa, bila para penggemar suka menyaksikan Pokemon dan memainkan Pokemon, kenapa tidak menggabungkan keduanya? Maka lahirlah game simulator menonton TV ini, yang dengan cepat menjadi salah satu game paling aneh dalam sejarah Pokemon. Game ini sekaligus menjadi game Pokemon pertama yang hadir di konsol generasi keenam dari Nintendo, GameCube.


2004
Pokemon Colosseum (GameCube)

Game RPG konsol yang bertema gelap ini memperkenalkan Shadow Pokemon, yang bisa dicuri pemain dari trainer-trainer lainnya dan mengembalikannya ke kondisi normal. Game merupakan game Pokemon pertama yang dikembangkan studio Genius Sonority, yang di kemudian hari mengembangkan game-game Pokemon lainnya. Banyak gamer membeli game ini untuk bisa mendapatkan akses download Pokemon legendaris Jirachi.


2004
Pokemon FireRed & LeafGreen (GBA)

Dua game Pokemon pertama dibuat ulang untuk generasi ketiga. Para penggemar Pokemon pun mengapresiasi kembalinya game Pokemon pertama ini dalam wujud yang baru, berikut dengan grafis dan mode-mode yang baru seperti Vs. Seeker. Karakter perempuan kini dihadirkan dalam versi remake yang menghadirkan area baru untuk dijelajahi ini.


2005
Pokemon Dash (NDS)

Game Pokemon pertama untuk konsol portabel Nintendo DS (NDS) adalah sebuah game balapan dengan perspektif top-down yang dibintangi Pikachu. Game ini lebih terasa seperti demonstrasi penggunaan layar sentuh ketimbang sebuah game yang dalam dan menghibur sebagaimana semestinya.


2005
Pokemon Emerald (GBA)

Pokemon Emerald hadir dua tahun setelah dua pendahulunya. Game generasi ketiga ini menambahkan fitur Battle Frontier ke dalam permainan, menghadirkan puluhan pertarungan tambahan bagi para pemain untuk ikut terlibat di dalamnya. Bukan itu saja, game ini turut mempertemukan dua kelompok penjahat Ruby & Sapphire, Team Magma dan Team Aqua serta dua Pokemon legendaris Groudon dan Kyogre ke dalam satu game.


2005
Pokemon XD: Gale of Darkness (GameCube)

Studio Genius Sonority kembali mengembangkan kelanjutan game Pokemon Colosseum, Pokemon XD: Gale of Darkness. Game ini membawa kembali Shadow Pokemon dan melengkapi mekanik permainan dalam game sebelumnya. Uniknya, Eevee menjadi starter dalam game ini.


2006
Pokemon Trozei! (NDS)

Game Pokemon berikutnya dari Genius Sonority adalah game bergaya puzzle, di mana para pemainnya mesti mencocokkan barisan kepala Pokemon untuk menyelesaikan papan permainan. Pokemon Trozei! memiliki model adiktif yang hingga kini belum memiliki sekuel.


2006
Pokemon Mystery Dungeon: Red Rescue Team (GBA)
Pokemon Mystery Dungeon: Blue Rescue Team (NDS)

Waralaba Pokemon pada akhirnya bertemu dengan genre mystery dungeon Jepang dalam sepasang game berkonsep penjelajahan dungeon ini. Kali ini karakter yang bisa dimainkan adalah Pokemon itu sendiri. Pokemon yang akan digunakan sebagai karakter utama disesuaikan dengan hasil kuis kepribadian yang yang ada di awal permainan. Kedua game ini sekaligus menjadi pasangan game Pokemon pertama dan satu-satunya yang rilis pada dua platform berbeda.


2006
Pokemon Ranger (NDS)

Di tahun 2006, Pokemon Ranger mengubah model klasik mengumpulkan monster dengan sebuah permainan menggunakan stylus DS untuk menangkap Pokemon. Bukannya menggunakan Pokeball, gamer mesti melingkarkan stylus DS mengelilingi Pokemon untuk bisa menangkap Pokemon tersebut.


2007
Pokemon Diamond & Pearl (NDS)

The Pokemon Company membawa game RPG Pokemon ke DS melalui sepasang game generasi keempat ini. Penantian empat tahun antar generasi ini merupakan penantian terpanjang yang pernah dirasakan para penggemar Pokemon. Sepasang game ini memperkenalkan koneksi Wi-Fi untuk koneksi antar NDS.


2007
Pokemon Battle Revolution (Wii)

Konsol generasi tujuh Nintendo, Wii mendapatkan game spin-off Pokemon bertema pertarungan Pokemon di tahun 2007. Game ini seperti Pokemon Stadium, hanya jadi minus fitur-fitur bonus yang keren.


2008
Pokemon Ranger: Shadows of Almia (NDS)

Pokemon Ranger mendapatkan sebuah pembaruan dengan menghadirkan karakter-karakter baru namun tetap mempertahankan gameplay uniknya.


2008
Pokemon Mystery Dungeon: Explorers of Time / 
Explorers of Darknes (NDS)

Merupakan game Pokemon Mystery Dungeon di generasi keempat. Dengan lebih banyak Pokemon serta cerita yang lebih kompleks.


2009
Pokemon Platinum (NDS)

Pokemon Platinum membawa gamer kembali ke dunia Pokemon Diamond & Pearl, serta membawa ke sebuah dimensi lain, Distortion World. Beberapa Pokemon Legendaris mendapatkan bentuk barunya di game ini. Platinum turut menghadirkan kembali fitur fenomenal Battle Frontier yang diperkenalkan oleh Emerald.


2009
Pokemon Mystery Dungeon: Explorers of Sky (NDS)

Explorers of Sky merupakan sebuah pembaruan dari Explorers of Time & Darkness, membawa konsep ‘versi ketiga’ ke dalam serial Mystery Dungeon.


2009
Pokemon Rumble (Wii)

Dalam game eksklusif WiiWare ini, Pokemon berubah menjadi karakter-karakter menyerupai mainan kecil. Pokemon Rumble merupakan sebuah game button-mashing sederhana yang bakal hadir dalam iterasi-iterasi berikutnya, termasuk versi free-to-start di 3DS.


2010
Pokemon HeartGold & SoulSilver (NDS)

The Pokemon Company membuat ulang sepasang game terbaik mereka untuk Nintendo DS dan menambahkan lebih banyak fitur keren, seperti opsi untuk membiarkan Pokemon berjalan di belakang trainernya dan juga fitur Pokethlon. Jumlah konten yang tersedia dalam kedua game ini begitu mengejutkan, khususnya berkat kemampuan online modern yang dimiliki NDS. HeartGold & SoulSilver turut menghadirkan PokeWalker, yang memungkinkan Pokemon berkembang dan bertarung tanpa mesti memainkan dua game ini.


2010
PokePark Wii: Pikachu’s Adventure (Wii)

Pikachu melakukan petualangan tunggalnya yang begitu menyenangkan, walaupun ada Pokemon-Pokemon lain yang menemaninya di sepanjang perjalanan.


2010
Pokemon Ranger: Guardian Signs (NDS)

Merupakan game Pokemon Ranger ketiga sekaligus terakhir di konsol NDS. Sayangnya, Guardian Signs juga menjadi game terakhir dari seri spinoff Pokemon Ranger hingga saat ini.


2011
Pokemon Black & White (NDS)

Game generasi kelima yang kerap disebut generasi monochrome ini menghadirkan 151 monster yang benar-benar baru. Bukan hanya itu, Black & White turut memperkenalkan gaya pertarungan baru yaitu Rotation dan Triple Battle. Game ini turut menghadirkan fitur Pokemon Global Link yang memungkinkan gamer berinteraksi dengan Pokemon-Pokemon miliknya di dalam komputer desktop melalui fitur online. Game ini juga menjadi game Pokemon pertama yang regionnya terinspirasi wilayah di luar Jepang.


2011
Pokemon Rumble Blast (3DS)

Pokemon Rumble Blast membawa monster-monster menyerupai mainan ini ke platform handheld teranyar milik Nintendo, 3DS. Game ini sekaligus menjadi game Pokemon pertama yang hadir di konsol portabel tersebut.


2012
PokePark 2: Wonders Beyond (Wii)

Pikachu kembali ke PokePark, tapi kali ini dengan teman-teman dari Pokemon generasi kelima. Game ini sekaligus menjadi game Pokemon terakhir di konsol Nintendo Wii.


2012
Pokemon Conquest (NDS)

Tecmo Koei mengembangkan sebuah game Pokemon yang paling dinantikan di tahun 2012, Pokemon Conquest. Yang membuatnya ditunggu para penggemar Pokemon adalah fakta bahwa game ini merupakan sebuah crossover atau persilangan antara serial RPG strategi Nobunaga’s Ambition dengan serial Pokemon. Dalam game ini, gamer memainkan karakter-karakter feodal Jepang yang bertarung menggunakan Pokemon untuk merebut kekuasaan.


2012
Pokemon Black 2 & White 2 (NDS)

Alih-alih menggunakan konsep versi ketiga yang khas dengan serial Pokemon, The Pokemon Company justru memberikan game Pokemon Black & White sebuah sekuel penuh lewat sepasang game yang diberi judul Black 2 & White 2. Konsep ini adalah yang pertama kali diterapkan dalam seri utama Pokemon, yang menawarkan sebuah cerita yang benar-benar baru dalam region yang sudah ada pada dua game sebelumnya.


2013
Pokemon Mystery Dungeon: Gates to Infinity (3DS)

Gates to Infinity merupakan debut Pokemon Mystery Dungeon untuk konsol 3DS. Uniknya game ini dirilis secara tunggal, tidak seperti game-game Pokemon Mystery Dungeon sebelumnya.


2013
Pokemon Rumble U (Wii U)

Menjadi game pertama di konsol terkini Nintendo, Wii U, Pokemon Rumble U bisa didapatkan melalui unduhan di Wii U eShop. Game ini merupakan iterasi teranyar dari serial Pokemon Rumble.


2013
Pokemon X & Y (3DS)

Konsol portabel terkini Nintendo, 3DS akhirnya mendapatkan game utama Pokemon di tahun 2013. Kali ini menggunakan huruf abjad sebagai judulnya. Sepasang game generasi keenam ini memiliki komponen online yang lebih dalam dari sebelumnya. Selain itu, X & Y turut menghadirkan opsi kustomisasi karakter mulai dari potongan rambut hingga warna kulit. Fitur besar yang diperkenalkan dalam game ini adalah Mega Evolution, sebuah bentuk evolusi terkini dan sementara dari Pokemon-Pokemon generasi yang lalu.


2014
Pokemon Battle Trozei (3DS)

Studio Genius Sonority membawa kembali Pokemon Trozei lewat Pokemon Battle Trozei setelah beristirahat delapan tahun lamanya.


2014
Pokemon Art Academy (3DS)

Sebuah pelajaran menggambar dan mewarnai Pokemon yang hadir di 3DS.


2014
Pokemon Omega Ruby & Alpha Sapphire (3DS)

Sebelas tahun setelah perilisan pertamanya, akhirnya Pokemon Ruby & Sapphire mendapatkan remake-nya melalui Omega Ruby & Alpha Sapphire. Sepasang remake yang kehadirannya sangat ditunggu para penggemar Pokemon ini juga dipoles dengan elemen-elemen modern dalam X & Y, termasuk adanya Mega Evolution.


2015
Pokemon Shuffle (3DS/Android/iOS)

The Pokemon Company membawa waralaba mereka ke perangkat mobile lewat aplikasi free-to-play yang bergaya Battle Trozei ini, Pokemon Shuffle. Sampai saat ini Shuffle masih terus mendapatkan pembaruan berkala dalam bentuk Pokemon-Pokemon legendaris untuk diburu dalam waktu yang terbatas.


2015
Pokemon Rumble World (3DS)

Nintendo 3DS mendapatkan versi lain Pokemon Rumble, yang kali ini hadir dengan microtransactions.


2015
Pokemon Super Mystery Dungeon (3DS)

Game Pokemon Mystery Dungeon terbaru ini menghadirkan semua 720 Pokemon terkini yang tersedia. Namun hanya 20 di antaranya yang bisa dimainkan.


2015
Pokemon Picross (3DS)

Di penghujung 2015 lalu, waralaba ini mendapatkan game free-to-start lainnya yang kali ini dipadukan dengan game puzzle unik Picross.


2016
Great Detective Pikachu: Birth of a New Duo (3DS)

Jepang mendapatkan game Pokemon pertamanya di tahun 2016 lewat game eksklusif 3DS yang nyentrik ini. Dalam game ini Pikachu bisa berbicara seperti manusia, dia menjadi detektif. Game ini menawarkan quick-time event dan banyak hal yang menawan. Sayangnya belum ada tanggal rilis untuk versi baratnya.


2016
Pokken Tournament (Wii U)

Bandai Namco pertama kali mengirim game ini ke mesin arcade pada tahun 2015, tapi baru meluncurkannya secara global bulan Maret ini untuk Wii U. Pokken Tournament merupakan game fighting Pokemon yang terinspirasi game fighting ternama, Tekken. Game ini sekaligus menjadi game fighting arcade yang dibintangi para Pokemon.


2016
Pokemon GO (Android/iOS)

Niantic, developer dari game augmented reality (AR) populer Ingress, bekerja sama dengan Nintendo untuk membuat sebuah konsep baru dari aplikasi penjelajahan dunia nyata. Bisa dibilang Pokemon GO adalah sebuah upaya terdekat dalam menghadirkan Pokemon ke dunia nyata, paling tidak untuk saat ini.


2016
Pokemon Sun & Moon (3DS)

Bersamaan dengan hari jadi Pokemon yang ke-20 tahun, Nintendo melalui Pokemon Direct mengumumkan dua game Pokemon terbaru dalam seri utamanya, yang diberi judul Pokemon Sun & Moon. Sepasang game baru ini akan dirilis di penghujung tahun ini untuk 3DS. Apakah kedua game ini adalah judul perdana untuk generasi ketujuh? Masih menjadi sebuah misteri yang menunggu untuk diungkap.

***

Itulah tadi sekilas perjalanan dua dekade dari waralaba Pokemon yang sudah sangat mendunia. Menyimak daftar game yang rilis dalam dua dekade ini, tentu bisa disimpulkan bahwa Pokemon merupakan salah satu waralaba game terbesar, bervariasi, dan paling aktif yang pernah ada. Tak heran bila serial ini masih begitu diminati bahkan setelah 20 tahun terlewati. Hampir di setiap tahunnya selalu ada yang baru dari IP yang dirintis Satoshi Tajiri ini. 

Pun tak bisa dimungkiri bahwa waralaba ini memiliki peran besar dalam membentuk industri video game yang ada saat ini, termasuk memberikan keuntungan finansial yang besar bagi publisher dan developernya. Karena diakui, Pokemon turut membesarkan konsol portabel milik Nintendo sejak Game Boy hingga 3DS. Dua puluh tahun seakan menjadi pembuktian betapa kuatnya serial game ini. Sahabat gamer pasti setuju kan? Kalau menurut sahabat gamer, apa game Pokemon yang dianggap paling berkesan di antara game-game Pokemon di atas? (cg)

Sumber: Polygon

BACA JUGA:
-- Sejarah Game Freak, Dari Majalah ke Pokemon

No comments:

Post a Comment

Designed By