Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 28, 2016

Mendapatkan Tiga Starter di Pokemon Yellow

CUMAGAMER SHARE: PETUNJUK BERMAIN EDISI #6

Menyambut hari jadi ke-20 serial Pokemon, Nintendo merilis ulang tiga game pertama serial ini yaitu Pokemon Red, Blue, & Yellow untuk platform 3DS. Berbeda dengan Red & Blue, pada Pokemon Yellow kalian otomatis menggunakan Pikachu sebagai starter tanpa bisa memilih satu dari tiga Pokemon starter generasi pertama. Namun di versi Yellow, kalian bahkan bisa mendapatkan ketiga starter tersebut dan menambahkannya ke dalam party kalian. Bagaimana caranya? Berikut petunjuknya ditulis oleh Lukman Maulana untuk CumaGamer.com Share! 


Tiga Pokemon starter generasi pertama yaitu Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle memang tidak bisa kalian pilih dan gunakan sebagai Pokemon pertama kalian di awal permainan Pokemon Yellow. Kalian secara otomatis akan memiliki Pikachu sebagai Pokemon pertama kalian, karena memang seri ketiga game generasi pertama ini didasarkan dari serial animasinya. 

Namun sebaliknya, sebagaimana serial animasinya, kalian bisa mendapatkan tiga Pokemon starter ini di sepanjang petualangan kalian di region Kanto dan menambahkannya dalam party kalian seperti si Ash Ketchum. Tapi jangan senang dulu, kalian tidak akan menemukan mereka roaming di rerumputan atau alam liar. Mereka bisa didapatkan dalam kondisi-kondisi tertentu. Berikut ini cara mendapatkan ketiga Pokemon tersebut. Buat kalian yang memainkan Pokemon Yellow di 3DS atau mungkin melalui emulator, petunjuk berikut ini mungkin akan sangat membantu.


MENDAPATKAN BULBASAUR 

Happiness adalah kunci untuk mendapatkan Pokemon pertama dalam PokeDex Kanto ini. Karenanya, penting bagi kalian untuk membuat Pikachu berada dalam kondisi happy alias senang di sepanjang permainan, setidaknya hingga kalian mendapatkan Bulbasaur. Happiness Pikachu ini bisa diketahui dengan cara mengajaknya berbicara, sehingga muncul ekspresi Pikachu di layar. Bila dia tertawa maka itu artinya dia happy. Lantas bila kalian melihatnya dan dia melompat-lompat di udara, itu artinya kalian tinggal satu tingkat happiness lagi untuk mendapatkan Bulbasaur.

Bagi kalian yang belum tahu, cara meningkatkan happiness Pikachu yaitu dengan meningkatkan levelnya, mengalahkan para gym leader, dan menggunakan health potion. Pastikan kalian tidak membuat Pikachu faint dalam pertarungan atau meninggalkannya di dalam PC, karena dua hal tersebut akan membuat tingkat happiness Pikachu menurun.

Nah, setelah kalian yakin happiness Pikachu berada dalam kondisi tertinggi, kini pergilah ke Cerulean City. Pastikan ada satu slot kosong dalam party kalian, karena kalian hanya bisa mendapatkan Bulbasaur bila ada satu slot kosong dalam party kalian. Setelah itu, pergilah ke rumah Melanie, rumahnya ada di sebelah kiri Pokemon Center Cerulean City. Bicaralah dengan gadis yang ada di bagian belakang rumah, dan bila kondisi happiness baik serta ada satu slot kosong dalam party kalian, dia akan memberikan Pokemon bertipe Grass ini pada kalian.


MENDAPATKAN CHARMANDER
 
Mendapatkan Charmander adalah yang termudah di antara ketiga starter ini. Yang perlu kalian lakukan adalah pergilah ke Cerulean City dan berjalankah ke arah utara kota (ke atas) ke route 24 hingga kalian tiba di Nugget Bridge, sebuah jembatan panjang yang ada di sana. Naiklah ke jembatan dan kalian akan berhadapan dengan rival kalian. Kalahkan rival kalian dan berjalanlah terus melintasi jembatan.

Di sepanjang jembatan, kalian bakal bertemu banyak trainer yang harus kalian kalahkan untuk bisa tiba di sisi lain jembatan. Tempat ini bisa jadi tempat terbaik bagi kalian untuk meningkatkan level Pokemon-Pokemon kalian. Kalahkan trainer terakhir di lokasi ini yaitu trainer dengan party terdiri dari Pokemon tipe Fire, dan kalian akan mendapatkan Nugget sebagai hadiah. Kalian bisa menjual Nugget dengan harga yang tinggi!

Setelah itu, pergilah ke sebelah kiri route 24, jelajahi ke arah bawah hingga kalian bertemu seorang trainer yang berdiri di dekat sebuah item (dilambangkan PokeBall) di sisi kiri atas jalan. Bicaralah dengannya dan dia akan mengatakan bahwa dia payah sekali dalam melatih Pokemon. Dia bilang dia sedang mencari orang yang bisa melatih Charmander lantas bertanya pada kalian apakah kalian bersedia melatihnya. Jawab YES dan Charmander akan menjadi milik kalian. Jangan lupa pastikan slot party kalian kosong ya.


MENDAPATKAN SQUIRTLE

Yang perlu kalian lakukan untuk mendapatkan Squirtle adalah pergi ke Vermillion City, yang bisa kalian datangi melalui Underground Pass dari Cerulean City. Di kota ini kalian mesti mengalahkan gym leader-nya, Lt. Surge. Tapi hei, ada pohon yang menghalangi jalan masuk ke Gym. Yang perlu kalian lakukan untuk bisa mengakses gym ini adalah masuk ke kapal S.S. Anne dan bicaralah dengan kapten di sana. Sang kapten akan memberikan HM01 kepada kalian yang merupakan move CUT. Ajarkan move ini ke Pokemon kalian dan kini kalian bisa memotong pohon tersebut.

Masuklah ke dalam gym dan kalian mesti memecahkan teka-teki tombol tempat sampah bila ingin berhadapan dengan Lt. Surge. Teka-teki ini mudah, bila kalian berhasil menemukan tombol pertama, lokasi tombol kedua berada di dekat tombol pertama. Bila kurang beruntung, kalian mesti mencobanya beberapa kali karena ketika tombol yang kalian tekan salah, teka-tekinya akan dimulai dari awal. Setelah memecahkan teka-teki ini segera hadapi Lt. Surge dan kalahkan dia.

Setelah kalian mengalahkan Lt. Surge, pastikan ada satu slot tersisa dalam party kalian. Bila slot kalian penuh, kalian bisa ke PC di Pokemon Center dan meninggalkan salah satu Pokemon kalian di sana. Nah, setelah memastikan ada satu tempat kosong dalam party kalian, pergilah ke tengah Vermillion City, di mana kalian akan menemukan Officer Jenny berdiri di sana. Bicara dengannya dan dia akan mengatakan bahwa dia baru saja menangkap Squirtle yang nakal. Officer Jenny lantas akan memberikan Squirtle kepada kalian begitu saja.

Kini kalian bisa memiliki party seperti kepunyaan Ash Ketchum di season pertama animasi Pokemon.
Yup! Kini kalian sudah memiliki tiga Pokemon starter dalam party kalian! Perlu diingat bahwa mendapatkan ketiga Pokemon starter ini adalah hal yang penting, khususnya bagi kalian yang berencana memainkan Pokemon Sun & Moon yang bakal rilis di akhir tahun ini. Pasalnya, kalian bisa mengirimkan Pokemon starter kalian ini ke Pokemon Sun & Moon melalui Pokemon Bank untuk bisa melengkapi PokeDex atau sekadar memainkannya di Sun & Moon. Dengan membaca petunjuk di atas, jelas kalau memainkan Pokemon Yellow adalah cara instan untuk mendapatkan ketiganya ketimbang memainkan Pokemon Red & Blue. Selamat bermain dan bernostalgia! (cg)

******

TENTANG LUKMAN MAULANA
Blog: http://gamerjalanan.blogspot.com
Twitter: @lukmaniskomodo
Facebook: facebook.com/lmaulana
Bio singkat: Lelaki kelahiran Bontang ini menyebut dirinya gamer retro Indonesia karena kesukaannya pada game-game klasik, terutama game-game Nintendo seperti Super Mario, The Legend of Zelda, dan Pokemon. Selain itu dia juga menyukai genre run-and-gun, strategy, puzzle, dan fighting. Sempat mendirikan komunitas penggemar Pokemon terbesar di Indonesia, mantan wartawan surat kabar ini masih sering bermain game di kala senggang.

*****


CUMAGAMER SHARE!!!
Ingin berbagi petunjuk bermain game seperti ini? Baca petunjuknya di sini.

No comments:

Post a Comment

Designed By