Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, March 28, 2016

Ini Dia Fanfic Pokemon Terpanjang di Indonesia

Artwork Servada Chronicles: Battle Season buatan Elite Four L
Fan Fiction atau disingkat fanfic adalah sebuah karya kreasi cerita buatan penggemar sebuah serial hiburan populer, yang bukan merupakan kisah resmi dari serial hiburan tersebut. Serial video game pun tak luput menjadi bahan fanfic oleh para penggemarnya. Nah, memperingati hari jadi Pokemon ke-20 tahun, kali ini CumaGamer.com mengulas fanfic Pokemon terpanjang yang ada di Indonesia. Yuk kita simak selengkapnya!
 

Serial game Pokemon bisa dibilang memiliki basis penggemar yang besar di Indonesia. Dan sebagaimana sebuah fandom, para penggemar serial ini pun banyak yang mengekspresikan kesukaannya terhadap serial RPG populer ini dengan membuat beragam jenis karya. Salah satunya adalah fan fiction, yang sempat menjamur di komunitas penggemar Pokemon di Indonesia. 

 

 

Banyak fanfic berbahasa Indonesia yang mengambil latar Pokemon beredar di dunia maya, namun sedikit yang dikerjakan dengan serius. Salah satu fanfic Pokemon yang dikerjakan dengan serius dan begitu dikenal di kalangan penggemar Pokemon Indonesia adalah Servada Chronicles buatan Elite Four L. Diterbitkan pertama kali pada tahun 2009 di blog Skk. GPI yang beralamat di http://sandslashdkk.blogspot.com, blog ini masih tetap eksis hingga sekarang dengan jumlah episodenya mencapai 400 lebih. Tak ayal, fanfic ini banyak disebut sebagai fanfic Pokemon terpanjang yang pernah ada di Indonesia.

Artwork Servada Chronicles: Hunter Season buatan Elite Four L.

Penulis serial fanfic ini yang dikenal dengan nama alias Elite Four L atau yang akrab dipanggil ‘Kak L’ menuturkan, serial ini awalnya ditujukan sebagai salah satu menu dalam blog pribadi miliknya yang membahas tentang Pokemon. Namun pada kenyataannya, fanfic ini menjadi begitu populer di kalangan penggemar Pokemon di Indonesia dan menjadi fanfic Pokemon yang paling banyak dibaca. Alhasil, Servada Chronicles yang dimuat dalam rubrik L’s Diary (sekarang Lunar’s Diary) pun menjadi sajian utama blog Skk. GPI milik Elite Four L.

 

“Saya tidak menyangka bila cerita ini akan sangat disukai dan ditunggu oleh para penggemar Pokemon. Saya kadang sampai kewalahan menjawab pertanyaan para pembaca yang menantikan kapan episode terbarunya terbit,” kata Elite Four L.

 

Selain hadir dalam bentuk cerita bersambung di blog, Servada Chronicles juga berkembang menjadi sebuah kisah tunggal yang disebut ‘Servada Chronicles: The Movie’, versi movie yang hadir dalam format PDF. Sama seperti cerita bersambungnya, versi movie yang disebut-sebut menawarkan sensasi Pokemon lebih banyak ini juga begitu dinantikan para pembaca setia Servada Chronicles.

 

Musim pertama Servada Chronicles mengisahkan petualangan Lunar bersama Tim Magma.

 

Fanfic ini sendiri berkisah tentang petualangan seorang pemuda pelatih Pokemon bernama Lunar Servada. Alih-alih melakukan perjalanan mengumpulkan delapan lencana untuk menghadapi liga Pokemon sebagaimana dalam serial gamenya, Lunar yang pada season perdananya dipanggil dengan inisial ‘L’ ini justru bergabung dengan organisasi penjahat ‘Tim Magma’ yang bertujuan menangkap Groudon, Pokemon legendaris yang telah diincarnya sejak masih kecil. Dari situlah petualangan Lunar berkembang lebih jauh lagi yang kini telah memasuki season ketiganya.

 

“Mungkin karena ide ceritanya yang tidak biasa itulah kenapa cerita ini banyak yang suka. Karena hampir semua fanfic Pokemon yang ada di Indonesia menceritakan perjalanan Pokemon Trainer untuk menjadi juara Liga Pokemon seperti dalam gamenya, berbeda dengan fanfic buatan saya yang justru berkisah tentang anggota organisasi penjahat,” urai Elite Four L.

 

Menurut dia, selama ini para penulis fanfic Pokemon masih terpaku pada cerita standar tentang perjalanan Pokemon Trainer sebagaimana yang ada dalam gamenya. Padahal,  semesta Pokemon masih begitu luas untuk bisa dikembangkan. Itulah yang dia coba gali dengan menyajikan kisah Pokemon dari sudut pandang profesi-profesi lain di dunia Pokemon seperti anggota organisasi penjahat atau anggota elite four.

 

Lebih lanjut dituturkan, serial ini didasarkan pada game Pokemon Emerald yang menjadi game Pokemon favoritnya. Dengan mengambil latar region Hoenn dan konflik legenda cuaca sebagai tema utamanya. Namun dalam perjalanannya, kisah ini berkembang lebih luas lagi dengan konflik-konflik yang lebih dalam, menjadikan ceritanya semakin panjang. Yang terkini, di season ketiga yang disebut Battle Season, Lunar mesti menghadapi kelompok mafia yang membajak Battle Frontier.

 

Sayangnya, kesibukan di dunia nyata membuat Elite Four L tidak bisa fokus mengerjakan serial fanfic ini seperti saat awal-awal serial ini terbit. Apalagi dia tengah dilanda writer’s block yang membuatnya kesulitan dalam melanjutkan petualangan Lunar dan kawan-kawannya ini. Walhasil, Servada Chronicles pun berkali-kali mengalami hiatus atau berhenti terbit dalam waktu yang terbilang lama. Padahal dia sangat ingin melanjutkan fanfic yang pernah dua kali menyabet penghargaan fanfic terbaik dalam ajang penghargaan POIN Awards.

 

“Saya akui saya sudah mulai kehilangan minat pada Pokemon. Tapi saya merasa masih punya tanggungan untuk menyelesaikan cerita ini. Saya ingin sekali segera menyelesaikannya dan memuaskan para pembaca. Tapi mau bagaimana, kondisinya sangat tidak memungkinkan. Ya semoga saja dalam waktu dekat ini ceritanya bisa kembali dilanjutkan. Soalnya saya sendiri sudah gatal ingin melanjutkan ceritanya, banyak pembaca yang sudah tidak sabar,” sebutnya.

 

Artwork Servada Chronicles dalam versi remake-nya, Riwayat Servada, dibuat oleh Bagus Ilham.

 

Kata dia, sebenarnya ada banyak proyek fanfic bertema Pokemon yang direncanakannya. Namun keterbatasan waktu, tenaga, dan pikiran membuatnya mesti menunda bahkan membatalkan rencana-rencana tersebut. Menurutnya Pokemon merupakan sebuah serial yang begitu menarik yang bisa dikembangkan lebih luas lagi. Season pertama Servada Chronicles sendiri sempat dibuat ulang dengan judul ‘Riwayat Servada’, dengan kisah yang lebih masuk akal dan ilustrasi keren buatan Bagus Ilham. Versi remake-nya ini dimuat di http://lunarservada.weebly.com

 

Lantas, dengan pencapaian saat ini, apa tidak ingin membawa Servada Chronicles lebih jauh lagi dengan menerbitkannya menjadi sebuah buku? Elite Four L menjawab, keinginan itu sebenarnya ada. Namun, hal tersebut akan berbenturan dengan hak cipta mengingatk serial Pokemon bukanlah miliknya. Selain itu, dia menilai The Pokemon Company selaku perusahaan yang menaungi segala penerbitan resmi mengenai Pokemon masih melihat Pokemon sebagai sebuah serial yang universal namun lebih menyasar ke anak-anak dan menghindari cerita yang lebih serius.

 

“Contohnya animasi Pokemon yang menurut saya masih belum bisa move on dari karakter Ash Kecthum sebagai tokoh utamanya. Jadinya seperti Doraemon yang Nobitanya masih saja pelajar SD sampai sekarang,” urainya.

 

Meski begitu bila kondisinya memungkinkan, dia akan membuat sebuah kisah yang benar-benar baru dan tidak berhubungan dengan Pokemon, namun memiliki kemiripan dengan semesta Pokemon. Sehingga, memungkinnya untuk dicetak menjadi sebuah buku novel.

 

“Ya semoga saja bisa terwujud. Saya sudah ada gambaran ceritanya dan juga kemungkinan judulnya. Mungkin akan saya beri judul Jagad Naga,” tutupnya.

 

Bagaimana menurut sahabat gamer penggemar serial Pokemon? Apa kalian termasuk pembaca setia fanfic ini? Atau kalian justru baru mendengar serial  ini? Kalian bisa membaca kisah Lunar dan kawan-kawannya di http://sandslashdkk.blogspot.com dan like Fan Page-nya di http://www.facebook.com/elitefourel untuk informasi rilisan terbarunya. (cg)

 

CumaGamer.com’s Original Feature

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Designed By