Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, March 1, 2016

Aktif 14 Tahun, Situs Game Lokal VGI Berakhir

Kabar duka kembali menyelimuti industri video game khususnya di bidang penerbirtan informasi atau pers. Setelah GameTrailers.com berhenti beroperasi, kini giliran situs game lokal, VGI.co.id yang memutuskan untuk mengakhiri kegiatannya. Berikut informasinya dirangkum CumaGamer.com.

Video Game Indonesia atau yang disingkat VGI, dengan alamat situsnya di http://vgi.co.id pertama kali terbit 14 tahun lalu, tepatnya di tahun 2002. Berawal dari media berita game, VGI lantas menjadi rumah bagi banyak gamer Indonesia dari berbagai platform yang ada. Situs ini memiliki forum untuk Sony PlayStation yang katanya pertama di Indonesia, serta menjadi forum bagi para gamer Nintendo, Sega, dan juga Xbox. 


Sejak pertama kali online, VGI terus berkembang dan menjadi rujukan bagi para gamer Indonesia. Situs ini disebut-sebut menjadi pionier portal berita game berbahasa Indonesia. Sekaligus, menjadi situs pertama yang menayangkan kemasan audio visual yang diberi nama Gamer Video. VGI lantas semakin berkembang dengan membuat acara TV bertema video game pertama di Indonesia bernama GAX atau Game Maniax, yang tayang di salah satu stasiun TV berbayar.

Sayangnya, dalam pengumuman yang ditayangkan Maret 2016, situs yang didirikan oleh Kelly Kenop ini menyatakan akan ditutup pada tanggal 7 Maret 2016. Tidak jelas apa yang menjadi alasan penutupan situs ini, namun besar kemungkinan dikarenakan VGI tidak mampu bersaing dengan semakin banyaknya konten video mengenai video game yang beredar di internet, hal yang sama menyebabkan GameTrailers.com ditutup. Ini tergambar dalam kalimat VGI yang mengatakan bahwa saat ini berkat berkembangnya teknologi, video menjadi salah satu konten yang menarik banyak gamers di Indonesia. 

Sayangnya, pengumuman yang disertai permintaan maaf dan ucapan terima kasih dari VGI tersebut terkesan ambigu atau menimbulkan tafsir ganda. Ini dikarenakan, dalam salah satu kalimat menyatakan VGI akan berakhir dan tidak bisa menemani para gamer, namun pada kalimat lain mengatakan mereka dengan berat hati harus menutup sementara situs ini. Namun tetap saja, keputusan menutup VGI.co.id sangat disayangkan, khususnya bagi para gamer yang selama ini akrab dengan VGI.

Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa kalian pemirsa setia VGI? Apa kalian sedih dengan tutupnya VGI? Apa kesan kalian terkait situs yang turut mempengaruhi perkembangan video game di Indonesia ini? Yuk share di kotak komentar. (cg)

Sumber: VGI

No comments:

Post a Comment

Designed By