Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, February 9, 2016

Situs Populer GameTrailers Berhenti Beroperasi

Kisah sedih bagi para gamer menyebar di internet. Komunitas sekaligus situs video game ternama GameTrailers.com mengumumkan penghentian operasi mereka. Artinya, situs ini akan ditutup. Berikut informasinya dirangkum CumaGamer.com.

GameTrailers dulu dikenal sebagai salah satu sumber terbaik untuk menemukan dan menyaksikan trailer video game terbaru. Namun Selasa, 9 Februari, tiga belas tahun sejak situs ini pertama kali diluncurkan, GameTrailers mengumuman melalui akun Twitter resminya bahwa situs ini akan menutup usaha mereka.


Brandon Jones, pimpinan dan pendiri situs ini juga menulis dalam akun Twitter pribadinya untuk memastikan berita ini kepada para penggemar yang tidak percaya dengan penutupan mendadak tersebut. “Hari ini adalah hari terakhir GameTrailers. Saya berharap tidak seperti itu juga. Saya cinta semua penggemar kami ibarat keluarga sediri. Terima kasih telah mengizinkan saya melakukan pekerjaan ini,” tulisnya.

Situs ini juga merumahkan anggota-anggota stafnya, termasuk Jones. Menurut Ben Moore, Associate Editor GameTrailers, tim diinformasikan bahwa mereka diberhentikan kerjanya hanya beberapa jam sebelum pengumuman resminya dibuat. Wajar bila para stafnya masih merasa tidak percaya dengan apa yang terjadi. Keputusan penutupan ini dibuat oleh Defy Media, sebuah perusahaan yang membeli GameTrailers di tahun 2014 dan segera melakukan beberapa pengurangan pegawai.

Berita penutupan situs ini secara mendadak baik bagi pegawai maupun orang luar sendiri tidak sepenuhnya tak terduga. Industri video game berada dalam kondisi konstan dalam hal pertumbuhan dan evolusi sejak perilisan situs ini, dan kondisi konten video saat ini dibandingkan satu dekade terakhir terbilang dramatis.

Ketika YouTube menjadi sumber internet untuk hampir semua konten video rekaman, hal ini semakin memudahkan para gamer untuk mengakses trailer dan kil-klip lain tanpa harus mengunjungi situs lainnya. YouTube juga menjadi ladang yang sangat menguntungkan bagi para gamer seperti PewDiePie, yang meningkatkan trafik situs dan menggugah lebih banyak produser konten untuk berpindah ke platform ini.

Karenanya terbilang wajar bila jumlah kompetitor dalam menayangkan trailer-trailer video game semakin bertamba. Ketika banyak konten video game menyebar melalui saluran-saluran raksasa YouTube dan Twitch, situs-situs yang lebih kecil seperti GameTrailers mesti berjuang keras untuk bertahan. Ketika implementasi layanan berlangganan seperti YouTube Red sempat menjadi pilihan, berkompetisi dengan jutaan video yang sudah ada dan bisa diakses secara gratis dengan layanan reguler YouTube bisa dibilang suatu hal yang mustahil.

Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa reaksi kalian dengan penutupan GameTrailers.com? Apa kalian punya kenangan terkait situs game ini? (cg)

Sumber: Kotaku

No comments:

Post a Comment

Designed By