Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, February 6, 2016

Review: The Witness

KEMENANGAN SEBUAH DESAIN
 
Mengikuti kesuksesan besar Braid, The Witness adalah sebuah pengalaman yang begitu besar dan mengasyikkan. Game ini bisa dibilang memantapkan Jonathan Blow sebagai salah satu desainer game paling aktif.

Setelah melewati delapan tahun pengembangan, kesuksesan besar dari pendahulunya Braid, ada banyak antisipasi untuk game buatan Jonathan Blow yang sudah lama dinantikan, The Witness. Syukurlah, produk akhirnya begitu menawan dan memesonakan sebagaimana yang banyak diharapkan. 



Opening game ini membawa pemain ke sebuah pulau tak bernama, dengan sedikit informasi di mana dan kenapa mereka bisa ada di sana. Premis ini, seperti beberapa elemen dari gamenya, punya kemiripan dengan game Myst, tapi The Witness melakukan lebih jauh dari yang dilakukan Myst dua puluh tahun lalu.

Keseluruhan gameplay berkisar di antara puzzle berbasis jaringan atau grid, di mana kalian mesti menggambar sebuah garis dari pintu masuk yang didesain menuju jalan keluar. Bila hal itu terdengar sederhana, itu karena betapa briliannya The Witness dalam mengelaborasi permainan intinya, tanpa menyebutkan apa yang membawa pemain ke dalam perjalanan itu.

Sebagai contoh, pada sebuah format dengan dua pintu masuk dan dua jalan keluar di grid. Kalian bisa memilih jalan masuk yang manapun untuk memulainya, tapi pergarakannya akan secara otomatis dipantulkan dengan opsi yang tidak kalian pilih, dan dua garis itu tidak bisa saling bersilangan. 


Hal ini bisa jadi mekanik permainan yang menarik, tapi kekuatan The Witness adalah bagaimana ide-ide ini dieksplorasi. Serangkaian puzzle ditujukan untuk menjelaskan apa yang terjadi pada pemain, sebelum lebih banyak lagi tes kompleks yang dielaborasikan pada konsep dan tambahan gagasan baru.

Meski begitu, tidak adil menyebut game ini adalah serangkaian puzzle yang ditempatkan dalam lingkungan pulau untuk kepentingan itu. Layar yang menampilkan grid bisa jadi metode utama dalam berinteraksi dengan dunia dalam gamenya, tapi lingkungan sekitar akan selalu menjadi komponen vital dalam solusinya.

Game bergenre puzzle-adventure seperti ini mungkin akan menyebabkan frustrasi, tapi format open-world dari The Witness cukup bisa menyingkirkan masalah tersebut. Kalian bebas bergerak dari satu bagian pulau ke bagian lainnya, seringkali jadi strategi yang cerdas, ketika tipe puzzle yang berbeda mungkin mengungkap pentingnya titik tunjuk prioritas. 


Ada keuntungan lainnya dengan menjelajahi pulau. Perpaduan geografi alam dan arsitekturnya menceritakan kisahnya, tapi ada banyak informasi terkait daratan ini yang akan menambahkan tingkat intrik dalam narasinya.

Lebih jelasnya, ini bukan cerita yang dikisahkan melalui cut-scenes atau jalinan dialog yang panjang. Sebagaimana Braid, plot kisahnya lebih berupa petunjuk dan tidak ditampilkan secara eksplisit. Hal ini mungkin mengecewakan beberapa gamer, tapi gamer lainnya akan menilainya sebagai alternatif yang menyegarkan untuk meningkatkan penceritaan video game.

The Witness adalah game yang tenang, tapi sangat memuaskan. Memang saat ini sudah sudah dimungkinkan melakukan speed run pada game ini, tapi tetap saja kalian akan mendapatkan pengalamannya dengan memainkannya secara wajar. Bukan berarti game ini kekurangan konten, tapi ratusan puzzle di dalamnya akan membutuhkan sepuluh jam untuk menyelesaikan semuanya. 

~~DATA GAME~~
JUDUL: The Witness
DEVELOPER: Thekla, Inc.
PUBLISHER: Thekla, Inc.
PLATFORM: Windows, PS4
RILIS: 26 Januari 2016
GENRE: Action- Puzzle
MODE: Single-player
CumaGamer Score: 9 dari skala 10.

Sebagaimana Braid, The Witness adalah sebuah keberhasilan desain game. Game ini membawa ide-ide hebat dan mewujudkannya, semuanya menyahikan visual dan tema yang begitu kuat, sama kuatnya dengan inti permainannya. Banyak judul game yang dirilis tahun ini akan disambut sebagai pengalaman yang harus dimainkan, tapi sedikit di antaranya yang akan memiliki umur panjang sebagaimana game ini. The Witness sudah tersedia di PlayStation 4 dan PC. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By