Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Sunday, February 14, 2016

Review: Unravel

BEGITU IMUT DAN TAK TERLUPAKAN
Game dari Coldwood Interactive, Unravel adalah sebuah platformer puzzle bergerak yang didukung desain level yang kuat, mekanik yang kreatif, dan karakter utama yang begitu mudah disukai.

Ketika Unravel pertama kali diungkap pada konferensi pers E3 2015 EA, banyak yang menduga game ini adalah Ori and the Blind Forest berikutnya, sebuah pengalaman bergerak yang potensial meliputi karakter sentral yang memorabel, art yang indah, dan genre platforming/puzzle-solving yang simpel namun efektif. Saat itu, perbandingan keduanya masih menyisakan banyak pertanyaan. Tentu, karakter utama game ini, Yarny, terbilang imut, tapi mampukah petualangannya bakal menghadirkan pengalaman platformer secara penuh? 


Memainkan Unravel, jelas bahwa jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya. Game ini bukan hanya inventif, puzzle platformer yang sederhana, tapi desain dan tema-temanya begitu menggugah. Singkatnya, Unravel kembali membuktikan bahwa game-game bisa menjadi sebuah pengalaman yang bergerak, dan tetap menyenangkan untuk dimainkan.


Meski Unravel tidak memiliki cerita atau struktur tradisional, game ini mengemas gameplay-nya dalam cara yang unik. Sebagai karaktar yang terbilang begitu imut, Yarny, karakter menyerupai stik yang terbuat dari gulungan benang, kalian akan memasuki foto-foto nyata dan menjelajahi serangkaian lingkungan alami, dari hutan yang lebat di musim gugur berpindah ke fasilitas tambang tertutup hujan hingga ke bukit bersalju. Meski begitu, progres di setiap level bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan sedikit kecerdasasan berpikir.

Kebanyakan platforming dan puzzle-solving dalam Unravel berfokus pada penggunaan untaian benang Yarny untuk mencapai dan melewati setiap rintangan, berayun melintasi area-area terbuka, mengangkat objek-objek menggunakan ujung jangkar, atau memantul antara benang terulur mencapai titik tinggi berikutnya. Tapi karena hanya ada satu untaian benang untuk digunakan, menentukan rute yang benar dari titik A ke titik B menjadi penting, atau kalau tidak Yarny akan kehabisan benang. 


Dijamin, pemecahan puzzle dan platforming mungkin awalnya terasa datar, namun perlahan tantangannya semakin meningkat seiring progres permainan. Setiap rintangan baru meminta kalian untuk menemukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan Yarny, yang diindikasikan dengan as ujung jangkar kecil di benangnya, tapi menemukan bagaimana cara terbaik menggunakan benang dan progresnya tidak selalu begitu jelas.

Dalam banyak bagian, menemukan bagaimana Yarny menggunakan benangnya untuk melintasi setiap level memunculkan pengalaman platforming yang menantang, tapi bukan tanpa kekurangan. Ada beberapa kesempatan di mana Unravel tidak memunculkan solusi sejelas semestinya, yang membuat kalian memutar otak saat berhadapan beberapa puzzle. Keduanya merupakan kekuatan dan kelemahan dari Unravel: bentuk puzzle yang bebas membuatthe lingkungan terasa realistik, tapi hasilnya solusi-solusi terkadang sulit untuk dilihat. Akan ada saat-saat di mana kalian mengira solusinya mungkin berhasil, tapi hanya ada satu jalan yang benar di depan. 


Yang pasti, puzzle solving dan platforming di Unravel  adalah sebuah kelezatan. Mekanik benang berlanjut membangun gameplay dalam cara yang cerdas, dan lingkungan-lingkungan yang didesain dengan begitu indah secara konsisten begitu mengejutkan. Tidak ada satu pun momen di mana memainkan Unravel terasa felt deritatif atau generik, atau di mana mekaniknya mulai membosankan. Developer Coldwood Interactive sepertinya tahu benar bagaimana mempertahankan konsistensi dengan platforming-nya, dan kapan menambahkan elemen-elemen baru untuk membuatnya terasa segar. Satu-satunya yang mungkin dikeluhkan adalah bahwa tidak ada lebih banyak Unravel untuk dimainkan, tapi mungkin sekuelnya akan memuaskan hal itu.

Tapi kemungkinan sekuel Unravel tampaknya tidak ada dalam rencana Coldwood, dilihat dari bagaimana game ini dimainkan. Ini adalah sebuah pengalaman yang tunggal dan menggugah, dan sukses hampir di setiap level. Dengan penggunaan pergeseran kemiringan fotografi, Unravel membuat para pemainnya dan Yarny, terasa seperti potongan kecil dalam dunia yang besar, sebagaimana yang ada dalam film-film Toy Story. Ada juga sensasi penasaran dan bahaya di setiap level barunya, memaksa kalian untuk menjelajahinya tapi perlu berhati-hati agar tidak bergerak terlalu cepat. 


Rasanya tidak mungkin untuk tidak menghubungkan Yarny dari momen-momen paling awal Unravel; dia adalah karakter yang pasti bakal menciptakan basis penggemar yang besar pada tahun-tahun berikutnya. Tapi lebih dari itu, desain Yarny yang sulit untuk diungkapkan membantu menciptakan tema-tema dewasa. Tidak ada yang salah, Yarny memang karakter yang imut, tapi Unravel sulit untuk disebut sebagai game anak-anak.

~~DATA GAME~~
JUDUL: Unravel
DEVELOPER: Coldwood Interactive
PUBLISHER: Electronic Arts
PLATFORM: Xbox One, PS4, PC
RILIS: 9 February 2016
GENRE:puzzle-platformer
MODE: Single-player
CumaGamer Score: 9 dari skala 10.


Mengagumkan secara visual, kreativitas tanpa batas, dan secara keseluruhan menggugah, Unravel adalah sebuah perjalanan dengan sebuah tujuan jelas. Game ini ingin menyenangkan, menghibur, dan menantang para pemainnya, dan banyak berhasil ketimbang gagalnya. Bila kalian membeli dunia yang diciptakan Coldwood Interactive, petualangan Yarny akan menempel bersamamu untuk jangka waktu yang lama. Unravel sudah dirilis tanggal 9 Februari lalu untuk PC, PS4, dan Xbox One. (cg)

Sumber: Game Rant

No comments:

Post a Comment

Designed By