Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, February 9, 2016

Review: Fortified

KOMBINASI TIGA GENRE YANG MENARIK

Fortified adalah sebuah game third-person shooter menarik yang menggabungkan elemen-elemen gameplay dari tower defense dan game-game strategy, dengan desain produksi futuristik klasik.

Tak bisa dimungkini, game-game indie telah berkembang pesat dalam dekade terakhir ini. Ada kalanya judul-judul indie tersebut memiliki skala pendanaan yang kecil, kadangkala menggunakan grafis 2D untuk memotong biaya yang biasanya dibutuhkan pada game 3D. Tapi semuanya kini telah berubah, dan game-game seperti Fortified menampilkan apa yang bisa dilakukan tim yang lebih kecil sekalipun.



Gameplay inti dalam Fortified bisa dibilang mendapat banyak pengaruh, mulai dari elemen-elemen genre third-person shooter, real-time strategy, dan tower defense berpadu bersama dengan baik. Premisnya sederhana: bumi diserang oleh alien dari Mars, yang mesti dihadapi dengan pemilihan peta-peta yang semakin lama semakin kompleks.

Sebagaimana dalam game-game tower defense terbaik, peta-peta ini akan menginformasikan strategi para pemainnya. Menebak rute-rute musuh seperti memilih dan menghubungkannya dengan struktur penghasil kerusakan adalah pondasi taktik permainan dari menit ke menit, tapi juga ada banyak aksi.

Berlari menjelajahi peta untuk membangun struktur-struktur adalah bagian pertama dalam ronde Fortified. Ketika musuh-musuh mulai melakukan serangannya, para pemain mengisi senjatanya masing-masing dengan empat tipe karakter yang tersedia. Semua karakternya didesain dengan begitu baik, mulai dari marinir kasar hingga koboi luar angkasa.

Di sinilah di mana game ini benar-benar membuat terobosan dalam genre tower defense genre. Beberapa struktur yang bisa kalian bangun sebenarnya adalah pasukan. Menggunakan kontrol yang sederhana namun fleksibel, para pemain bisa memimpin pasukan ke dalam sebuah pertempuran, atau mengirim skuadron untuk menghadapi serangan lainnya ketika melindungi wilayah miliknya.

Sistemnya menyerupai game Freedom Fighters yang jarang dimainkan, dan hal itu semakin memperdalam Fortified. Bahkan dalam peta-peta yang lebih sederhana di tingkat kesulitan normal, mengabaikan penggunaan semua perangkat yang tersedia untuk pemain bakal berakhir dalam pengambilalihan bumi oleh bangsa Mars.

Contohnya pada level-level paling awal, menawarkan dua jalan lurus kepada musuh-musuh pada tujuan mereka. Bila kalian sudah pernah memainkan game-game dengan gaya seperti ini sebelumnya, kalian mungkin mengira penempatan sedikit pasukan yang tepat dan kemampuan menembak cukup untuk menghadapi serangan, tapi sayangnya hal ini tidak cukup.

Gameplay dalam Fortified merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Bagian terbaik dari game ini adalah art direction yang memesona. Kalian tentu sudah pernah meluhat banyak game dengan tampilan futuristik klasik yang mirip sebelumnya, tapi belum ada yang bisa benar-benar berkesan sebagaimana yang dibuat tim pengembang di Clapfoot Inc.

Mulai dari desain-desain karakter yang direalisasikan begitu indah, rasa yang menarik, inspirasi dari kunjungan alien di Amerika tahun 1950-an, sangat jelas bahwa Fortified merupakan sebuah hasil karya penuh cinta. Ini merupakan sebuah pengalaman yang hanya bisa dikerjakan tim kecil dengan tujuan yang umum, yang bisa mengeksekusinya dengan begitu baik.

Beberapa pemain mungkin akan kecewa dengan ketiadaan campaign mode yang sebenarnya, lebih merupakan serangkaian peta yang bisa diatur dalam beberapa tingkatan kesulitan, atau dalam kooperatif. Progres permainan datang dalam bentuk peningkatan karakter-karakter secara indivisu dan mendapatkan lebih banyak senjata serta kemampuan.

Dengan kata lain, tidak banyak hal yang bisa mempertahankan para pemainnya tetap tertarik bila gameplay intinya tidak menawarkan hal lebih. Meski begitu, mendapatkan betapa bagusnya gameplay yang dipadukan bersama-sama, dan harga yang ditawarkan untuk game ini, sepertinya akan banyak yang memainkan Fortified dengan gamer lainnya secara kooperatif.

~~DATA GAME~~
JUDUL: Fortified
DEVELOPER: Clapfoot, Inc.
PUBLISHER: Clapfoot, Inc.
PLATFORM: Xbox One
RILIS: 3 February 2016
GENRE: First-person shooter, strategy
MODE: Single-player, multiplayer
CumaGamer Score: 8 dari skala 10.
Fortified mungkin tidak memiliki pengalaman epik yang luar biasa, tapi ini merupakan game yang dibuat dengan sangat baik dengan mekanik permainan yang menjadikannya layak untuk dimainkan. Dengan art design yang bagus, jelas game ini patut dimainkan oleh gamer yang mencari perpaduan antara aksi dan strategi, atau pengalaman kooperatif berikutnya. Game ini kini telah tersedia bagi para gamer pemilik konsol Xbox One. (cg)

Sumber: Game Rant

No comments:

Post a Comment

Designed By