Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, February 25, 2016

Petunjuk Dasar Bermain Street Fighter V

CUMAGAMER SHARE: PETUNJUK BERMAIN EDISI #5

Iterasi teranyar dari serial game fighting populer Capcom, Street Fighter V telah dirilis untuk PS4 dan PC. Dan rasanya perlu bagi CumaGamer.com untuk menayangkan petunjuk dasar memainkan game Street Fighter V khususnya bagi para pemula yang baru pertama kali mencicipi serial Street Fighter. Ditulis oleh John Jacques dari GameRant, berikut ini petunjuk dasar bermain Street Fighter V dalam CumaGamer.com Share!


Dasar-dasar

Pertama yang kalian perlu ketahui adalah dasar-dasar memainkan game ini. Game ini biasanya dimainkan dengan perangkat tambahan seperti Arcade Sticks dan Fight Pads, tapi saya akan menggunakan kontrol PlayStation 4 agar lebih sederhana. Berikut daftar kontrolnya:

•    Light Punch: Kotak
•    Light Kick: Silang
•    Medium Punch: Segitiga
•    Medium Kick: Lingkaran
•    Heavy Punch: R1
•    Heavy Kick: R2
•    All Three Punches (EX): L1
•    All Three Kicks (EX): L2


Cara Ngeblok

Walaupun Street Fighter V berfokus pada melayangkan hantaman mematikan untuk membuat lawan KO sesegar mungkin, blocking juga berperan penting dalam permainan. Mereka yang memainkannya dengan asal pencet alias button mash seringkali melupakan konponen inti ini, dan hasilnya mereka akan bisa dikalahkan dengan lebih cepat sekalipun mereka bermain secara online.
Untuk ngeblok caranya sederhana, cukup tahan tombol arah berlawanan dari arah pemain lawan, atau lakukanlah kombinasi merunduk dan ngeblok dengan menahan tombol arah bawah dan belakang. Ini bakal menahan serangan lemah lawan seperti tendangan sapuan, dan kalian bisa mengatur V-Reversal kepada lawan dari posisi ini. 


Cara Berlari

Oke, jadi kalian sekarang sudah menguasai dasar dan juga ngeblok, tapi tetap saja itu belum cukup untuk mengatasi seranfan cepat dan mengejutkan dari lawan dari jarak yang jauh. Seperti dalam Smash Bros, berlari atau dash move adalah bagian penting dalam strategi permainan, dan berlari cepat bisa dilakukan hanya dengan dua kali menekan tombol arah ke arah ataupun berlawanan dari musuh. 

Melakukan salah satu dash move ini merupakan cara tepat untuk menahan serangan yang akan datang atau memberikan kalian jarak untuk melayangkan hantaman penghancur. Kecepatan menjadi kunci di sini, karena ketika kalian berlari biasanya diikuti dengan beberapa sebelum lawan punya waktu untuk berlari menyingkir, atau membuat jarak untuk serangan jarak dekat. Setiap karakter Street Fighter V memiliki jarak unik untuk dash move mereka, jadi kalian bisa bereksperimen sendiri dengan masing-masing karakter untuk melihat gerakan yang mana yang sesuai dengan gaya bertarung mereka. 


EX Meter

EX meter adalah salah satu aspek paling penting dalam game ini. Sebagaimana meter dari Mortal Kombat, EX meter memungkinkan kalian melakukan serangan khusus atau special moves untuk menghasilkan lebih banyak damage dari sekadar perulangan serangan standar. Setiap gerakan dari game ini memiliki versi EX masing-masing, dan kalian bisa menggunakan serangan-serangan ini pada momen-momen kritis yang bisa membuat perbedaan antara kekalahan dengan kemenangan di posisi yang mengkhawatirkan. 

Untuk melakukan EX move, kalian Cuma perlu menekan lebih bantak satu tombol serangan di akhir kombinasinya. Contohnya, Hadoken dimunculkan dengan menekan pergerakan tombol arah lalu pukul, tapi versi EX dari serangan ini bisa dilakukan dengan cara yang sama kali ini dua kali menekan tombol pukul. Serangan ini akan menghasilkan lebih banyak damage, tapi kalian mesti menyadari dibutuhkan EX meter hingga tiga bar untuk mengisinya seara maksimum agar bisa digunakan memunculkan super moves yang berbeda di setiap karakter yang ada.


V-Moves

V-moves membantu membuat Street Fighter V menjadi game fighting yang unik, dan kalian akan menemukan ada tiga tipenya: V-Skill, V-Reversal, dan V-Trigger. Masing-masingmove ini menghasilkan hal yang berbeda satu sama lain. 

V-Skill adalah serangan yang unik untuk masing-masing karakter. Untuk melakukannya cukup dengan menekan dua tombol medium secara bersamaan. 

Kemudian V-Reversal adalah serangan yang memungkinkan kalian untuk melakukan serangan balasan terhadap lawan yang menyerang. Ketika kalian sukses ngeblok, kalian bisa dengan cepat menekan tiga tombol pukulan untuk memulai reversal. Ini akan membuat pemain bertahan dalam posisi menyerang, memungkinkan kalian melayangkan serangan mematikan. Bila reversal ini kehilangan momen waktu, kalian bakal berada dalam posisi yang terbuka, membatalkan blok dalam upaya membuat V-Reversal. 

Terakhir, Street Fighter V memperkenalkan V-Triggers, penerus Ultra Move dan Revenge meter dalam serial ini. Meter untuk V-Triggers akan terisi penuh saat kalian terkena damage – bentuknya adalah kotak merah di bagian bawah layar. Ketika meter ini terisi penuh, kalian bisa menekan semua tombol heavy attack untuk memasuki kondisi powered-up di mana serangan kalian akan menghasilkan damage yang lebih banyak. Tentu dibutuhkan banyak serangan untuk bisa melakukan V-Trigger, dan ini merupakan serangan penyeimbang permainan yang lebih baik dibandingkan serangan-serangan sejenis yang ada sebelumnya. 


Melempar Musuh

Para street fighter memiliki kemampuan untuk melempar atau membanting lawan mereka saat berada di jarak yang dekat dan bagi kalian yang memainkan Street Fighter IV akan menyadari bahwa sistem ini tidak banyak berubah pada iterasi teranyarnya. Serangan ini bisa dilakukan dengan menekan Light Punch+Light Kick secara bersamaan, akan akan melemparkan musuh ke tanah dengan sukses. Untuk melemparkan lawan ke belakang, cukup dengan menekan Light Punch+Light Kick sembari menahan tombol belakang di kontroler. Menarik diketahui bahwa beberapa karakter bisa melemparkan lawan saat berada di udara dan karakter-karaktrer ini memiliki kemampuan ini dalam daftar move individual mereka.
Tentu saja untuk setiap aksi di sini selalu ada reaksi berlawanan. Pemain yang berpikir bahwa lawan berupaya melemparkannya juga bisa menekan Light Punch+Light Kick, yang akan menahan lemparannya bila berhasil dieksekusi. Karakter bakal melepaskan pegangan lawan dan mereka memiliki beberapa detik kejutan untuk melakukan serangan dan menghasilkan beberapa damage. 


Bangkit dengan Cepat

Bila kalian terkena serangan yang mematikan, kalian bisa terjatuh setelah terkena beberapa damage. Dalam kondisi ini ada dua opsi yang bisa kalian pilih, tetap di tanah sampai karakter bangkit sendiri atau dengan cepat melompat dan kembali melakukan serangan sesegera mungkin.
Ini adalah suatu pilihan strategis yang berpeluang mengejutkan lawan, dan bisa dilakukan dengan menekan dua tombol pukulan untuk bangkit dengan cepat atau Quick Rise di mana kalian terjatuh atau dua tombol tendangan untuk Quick Rise dan menyingkir dari lawan. Bila kalian terlempar, kalian hanya bisa Quick Rise di mana kalian terjatuh. Tidak ada karakter yang bisa melakukan Quick Rise setelah terkena super move, yang menjadikanya lebih mematikan.


Stunning

Bagi kalian yang menyelesaikan story mode yang terbilang pendek dari game ini, kalian mestinya akan merasakan stunning, sebuat fitur dari health meter. Stun meter terisi ketika kalian terkena damage, dan secara perlahan terisi ketikan blok kalian berhasil. Stun meter berada tepat di bawah health bar dan ketika terisi memungkinkan kalian masuk ke dalam kondisi powerless di mana kalian tidak bisa menahan serangan. Hal ini mencegah para pemain untuk terus-menerus melakukan block move, dan secara alami akan berkurang ketika pemain tidak secara aktif ngeblok. Hal ini memaksa pertarungan aktif, jadi bagi mereka yang suka ngeblok akan butuh strategi baru. 


Charge Moves

Aspek terakhir dari Street Fighter V, charge moves, meliputi menahan pergerakan stick pada arah tertentu dan kemudian mengganti arahnya untuk mengeksekusi sebuah serangan. Contohnya dalah serangan fireball Chun Li, yang emmaksa pemain untuk menekan arah belakang, lalu maju, dan menekan tombol puku. Timing pergerakan ini penting, karena bagi kalian yang menahan terlalu cepat akan gagal untuk menghasilkan fireball. Timing ini berbeda untuk masing-masing karakter. 

Dasar-dasar serangan di atas semestinya bisa membantu para pemain newbie menemukan jalannya untuk menjadi juaea dalam Street Fighter V. Game ini saya akui kompleks, yang sebenarnya tidak mengejutka mengingat serial ini kini telah berusia 28 tahun. Saya harap petunjuk ini bisa membantu dan kalian bisa sesegera mungkin melatih Hadoken secara online sesegera mungkin setelah masalah lag yang terjadi di game ini diselesaikan


******
TENTANG JOHN JACQUES
Twitter: @Makelevi
YouTube: afo70
Bio singkat: John Jacques adalah seorang penulis yang tinggal di Toronto, Kanada. Di waktu senggangnya dia menekuni dunia fotografi. Bila tidak sedang larut dalam permainan Xbox Live-nya, dia bisa ditemukan sedang bermain bola atau tidur siang. Game-game favoritnya di antaranya yaitu Mass Effect, XCOM, dan Grand Theft Auto.


CUMAGAMER SHARE!!!
Ingin berbagi petunjuk bermain video game seperti ini? Baca petunjuknya di sini.

No comments:

Post a Comment

Designed By