Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Sunday, February 28, 2016

Misteri Pokemon Sun & Pokemon Moon

Pokemon Direct
Diberitakan sebelumnya, Nintendo mengungkap game terbaru dari serial inti Pokemon yang diberi judul Pokemon Sun & Moon. Game yang rencananya dirilis di akhir tahun 2016 ini untuk konsol 3DS ini jelas memunculkan misteri tersendiri bagi para penggemar berat serial Pokemon. Apa saja misteri tersebut? Berikut analisis CumaGamer.com.

Kehadiran Pokemon Sun & Moon sendiri jelas merupakan sebuah misteri tersendiri bagi penggemar serial ini. Pasalnya, banyak yang menerka-nerka bila game terbaru dalam inti serial Pokemon merupakan Pokemon Z, atau Pokemon X2 & Y2. Dugaan Pokemon Z muncul mengingat selama empat generasi pertama, Pokemon selalu hadir dengan tiga variasi game, dua di antaranya membuka generasi baru sementara game ketiganya merupakan versi penyempurna dari dua game sebelumnya.


Contohnya di generasi III yang dibuka oleh Pokemon Ruby & Sapphire, lantas disempurnakan dengan Pokemon Emerald. Di generasi IV, dibuka dengan pasangan Pokemon Diamond & Pearl, yang disempurnakan lewat Pokemon Platinum. Ketiga variasi game per generasi ini masing-masing menampilkan salah satu trio Pokemon legenda utama dalam generasi terkait sebagai cover game-nya, dengan jalinan cerita yang hampir sama di antara ketiganya. Karenanya, setelah Pokemon X & Y di generasi VI, wajar bila para penggemar Pokemon memprediksi game ketiga di generasi ini adalah Pokemon Z.

Grafis Pokemon dari generasi ke generasi.
Namun prediksi ini bisa saja salah, mengingat tradisi tiga varian game per generasi dipatahkan oleh game Pokemon Black & White yang rilis sebagai game utama Pokemon generasi V. Bukannya merilis game Pokemon Grey yang merupakan versi sempurna Black & White, GameFreak justru merilis Pokemon Black 2 & White 2 yang nyatanya adalah sekuel langsung dari Pokemon Black & White. Black 2 & White 2 hadir dengan cerita yang benar-benar berbeda, yang merupakan kelanjutan dari event yang terjadi dalam Black & White. Meski menyimpang dari tradisi, namun Black 2 & White 2 mendapat sambutan baik dari penggemar Pokemon yang menyebut Pokemon kini hadir dengan kisah yang lebih serius dan lebih bervariasi.

Dengan kehadiran Pokemon Black 2 & White 2, muncul prediksi lain terkait game ketiga dalam generasi VI, yaitu Pokemon X2 & Y2 yang merupakan sekuel dari Pokemon X & Y. Akan tetapi setelah pengumuman melalui Nintendo Direct, tentunya membuat para penggemar bertanya-tanya lebih lanjut mengenai bakal seperti apa serial populer ini di masa mendatang. Dengan judul yang benar-benar baru dan tidak berafiliasi dengan game-game Pokemon sebelumnya khususnya pasangan game terkini, Pokemon Sun & Moon jelas membuka pertanyaan besar bagi para penggemar Pokemon. Apalagi belum banyak informasi yang dihadirkan terkait game yang mengambil nama benda langit ini.

Pokemon X & Y, game utama Pokemon untuk generasi VI
Sahabat gamer tentu bertanya-tanya, apakah dua game ini membuka generasi baru Pokemon yaitu generasi VII. Bila benar begitu maka cukup aman untuk mengatakan GameFreak semakin mempersempit jarak generasinya. Mengingat generasi VI yang ada saat ini rasanya belum terlalu digali potensi yang dimilikinya sebagaimana generasi-generasi sebelumnya. Bisa jadi ini merupakan salah satu kejutan dari GameFreak dalam rangka peringatan hari jadi ke-20 tahun serial Pokemon yang jatuh di tahun ini, saat dua game pertama Pokemon yaitu Pokemon Red & Green rilis di Jepang tanggal 27 Februari 1996.

Pun, ada pula yang mempertanyakan apakah game ini bakal memiliki keterkaitan dengan tiga varian pertama game Pokemon yaitu Red, Blue, & Yellow yang dirilis ulang pada tanggal 27 Februari 2016 dalam tampilan aslinya. Hal ini mengingat ke-150 Pokemon dalam Red, Blue, & Yellow bisa ditransfer ke dalam Pokemon Sun & Moon melalui layanan Pokemon Bank. Dengan konektivitas tersebut, salah seorang jurnalis game sempat memperkirakan bahwa dua game baru ini bakal menjadi sekuel yang lebih tepat untuk tiga game pertama Pokemon tersebut.

Game Pokemon Red & Blue memiliki konektivitas dengan Pokemon Sun & Pokemon Moon.
Kabar terkini Pokemon Sun & Moon juga bisa dihubungkan dengan pengumuman sebelumnya mengenai makhluk Pokemon baru bernama Magearna, yang akan hadir dalam Pokemon Movie terbaru. Berbeda dengan Pokemon-Pokemon legendaris generasi VI terkini yang sudah muncul sebelumnya yaitu Diancie, Hoopa, dan Volcanion, data Pokemon Magearna tidak terdapat di game Pokemon X & Y. Bisa jadi Magearna adalah Pokemon pertama dalam generasi VII yang kemungkinan dimulai dengan Pokemon Sun & Moon. Apalagi dikabarkan dalam situs Pokemon.com bahwa kota yang menjadi latar Pokemon Movie ini adalah sebuah kota yang berada di atas awan, yang artinya sangat cocok dengan judul Pokemon Sun & Moon.

Masih banyak hal yang menjadi misteri dalam Pokemon Sun & Moon yang menunggu untuk disibak. Mulai dari apakah jalinan kisah game ini merupakan kelanjutan dari Pokemon X & Y, apakah makhluk-makhluk Pokemon dalam game ini akan benar-benar baru, apa saja fitur-fitur gameplay terbarunya, para gym leadernya, hubungan dengan matahari dan bulan, hingga tentunya yang paling ditunggu para penggemar, yaitu apa saja Pokemon starternya dan seperti apa regionnya. Ada yang menduga game region dalam game ini akan terinspirasi dari sebuah daerah tropis berpantai. Dengan beragam misteri itu, sahabat gamer pastinya mesti harus bersabar lagi untuk semua jawaban tersebut. Mengingat satu-persatu informasi mengenai Pokemon Sun & Moon akan disampaikan Nintendo di waktu-waktu mendatang.

Spin-off aneh yang meramaikan ulang tahun ke-20 Pokemon.
Yang pasti, sekalipun game ini bakal mendobrak tradisi, kehadiran Pokemon Sun & Moon akan tetap ditunggu-tunggu para penggemar Pokemon layaknya game-game sebelumnya. Serial game ini memang memiliki sejarah panjang dan basis penggemar yang besar berkat keunikan permainannya. Hampir semua game inti mereka yang dirilis berpasangan selalu laris manis dan mendapat sambutan yang baik. Hal itu dipastikan bakal terulang kembali saat Pokemon Sun & Moon yang membangkitkan kembali antusiasme para Pokemon Trainer. 

Jelas Pokemon Sun & Moon akan semakin memeriahkan ulang tahun ke-20 serial Pokemon yang jatuh di tahun ini. Karena sebelumnya, sederet game Pokemon menarik juga bakal dirilis di tahun 2016 ini, mulai game fighting Pokken Tournament, Detective Pikachu, dan tentunya game mobile yang sangat dinanti-nantikan jadwal rilisnya, Pokemon GO. Sahabat gamer khususnya penggemar Pokemon pastinya sudah tidak sabar bukan menantikan sederetan game Pokemon tersebut? Dengan judul-judul yang siap dirilis itu, sangat pantas bila tahun 2016 disebut sebagai tahunnya Pokemon. Sahabat gamer setuju? (cg)

CumaGamer.com’s Original Feature

No comments:

Post a Comment

Designed By