Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Sunday, February 28, 2016

Fallout Shelter Raih Sukses Tanpa ‘Memaksa’

Sutradara Bethesda Todd Howard menyatakan kesuksesan jangka panjang game Fallout Shelter merupakan sebuah kejutan. Hal ini mendorong untuk diciptakannya lebih banyak game mobile. Berikut ulasannya dirangkum CumaGamer.com.

Kesuksesan luar biasa dari game Fallout Shelter, game mobile yang merupakan spin-off dari serial ikonik Fallout, bukan hanya mengejutkan para gamer. Melainkan juga pihak developer alias pengembang game ini yaitu Bethesda. Menurut sutradara Bethesda Todd Howard, Fallout Shelter akan segera disusul oleh game-game mobile lainnya dari Bethesda. 


Dalam sebuah wawancara di event DICE 2016, Todd Howard mendiskusikan mengenai kesuksesan Fallout Shelter dan bagaimana hal itu mengejutkan tim di balik game tersebut. Bukannya melihat pada seberapa banyak uang yang bisa didapatkan dari game ini, Howard malahan mengatakan, dalam mengerjakan game ini, timnya berfokus pada bagaimana memasukkan sebanyak mungkin konten yang menarik ke dalam game mobile.

Pertaruhannya tersebut tampaknya berhasil, mengingat Fallout Shelter menjadi sebuah kesuksesan besar. Jumlah pendapatan yang diraihnya sebanyak $5,1 juta dalam microtransactions di dua pekan pertama saja. Para gamer pun gelisah menantikan versi android Fallout Shelter segera dirilis. 

Menurut Howard, developer Bethesda ingin membuat sebuah game mobile yang cocok dengan merek Bethesda. Mengingat serial buatan Bethesda seperti Fallout dan The Elder Scrolls dikenal luas berkat jumlah kontennya yang besar, tim ingin membawa pengalaman yang sama ke dalam game mobile. 

Howard mengatakan bahwa Bethesda berencana membuat lebih banyak game mobile, tapi dia belum mau berbagi informasi mengenai bakal seperti apa game-gamenya nanti. Hal ini merupakan ciri khas Bethesda, di mana sebelumnya Fallout Shelter tidak pernah diumumkan sampai akhirnya tersedia untuk diunduh. Fallout Shelter merupakan kesuksesan besar untuk Bethesda karena game ini merupakan satu di antara sedikit game mobile gratis yang tidak memaksa gamer untuk melakukan pembelian demi bisa melanjutkan permainan.

Todd Howard

Meski tidak memiliki model microtransaction yang menguras uang gamer, toh Fallout Shelter masih bisa meraih kesuksesan besar dan mendapatkan banyak keuntungan finasial. Hal inilah yang mendapatkan apresiasi dari banyak gamer di mana mereka bisa menikmati apapun dalam game tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. 

Ketika game-game mobile seperti Candy Crush dan bahkan banyak game konsol populer seperti Metal Gear Solid V menguras uang melalui microtransactions, Bethesda mendapatkan penghormatan dari para gamer dengan tidak memaksa mereka di Fallout Shelter. Bukan itu saja, studio ini juga tidak memasukkan microtransaction dalam Fallout 4 sama sekali. 

Microtransactions memang ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi model seperti ini tidak disenangi sebagian gamer, karena selain menguras uang, permainan pun tidak terasa penuh saat membeli gamenya pertama kali. Namun di sisi lain merupakan sumber lain pendapatan developer video game, yang membutuhkan banyak biaya dalam pembuatan video game serta untuk bertahan hidup. Sebagian microtransactions terbilang wajar, namun ada sebagian lainnya yang konyol dan begitu terlihat seperti upaya developer mengeruk uang gamer sebanyak-banyaknya. Bahkan bila tanpa kontrol, bisa menguras uang hingga puluhan juta Rupiah secara sia-sia, sebagaimana yang terjadi di Inggris dan Kanada. Karenanya, apa yang dilakukan Bethesda baik lewat Fallout Shelter maupun Fallout 4 patut untuk mendapat apresiasi.

Masih belum bisa diketahui apakah Elder Scrolls atau waralaba terkini dari Bethesda bakal mendapatkan spin-off mobile mereka atau sekuel di masa mendatang. Gamer mestinya memiliki banyak hal yang bisa ditunggu dari Bethesda, baik dalam perangkat mobile maupun platform game tradisional. Game mobile pertama Bethesda sendiri, Fallout Shelter, tersedia untuk perangkat iOS dan Android. (cg)

Sumber: Gamespot

No comments:

Post a Comment

Designed By