Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, January 25, 2016

Review: Assassin’s Creed Chronicles - India

PUZZLE MENANTANG SEMBARI PARKOUR
 

Assassin’s Creed Chronicles: India membuat peningkatan yang luas melampaui pendahulunya dalam hal gaya dan gameplay termasuk dalam teka-teki 2D yang menantang. Sayangnya game ini kekurangan sebuah narasi kisah yang menarik.

Spin-off serial trilogi Assassin’s Creed bergaya 2D ini hadir dengan awal yang berat bersama seri pertamanya, tapi Assassin’s Creed Chronicles: India membuat sebuah upaya yang berani untuk mengembalikan genre side-scroller kembali ke jalannya yang benar. Teka-teki tidak lebih besar atau bervariasi dibandingkan serial utamanya, tapi teka-teki dan mekanik aksi parkour menjadikan Assassin’s Creed Chronicles: India layak dimainkan bagi para penggemar waralaba ini. 



Bagi gamer yang tidak familiar dengan seri teranyar spin-off Assassin’s Creed, trilogi ini menggunakan gaya side-scroller 2,5D dengan beberapa aspek 3D. Masing-masing serinya membawa para pemainnya ke lokasi-lokasi yang berbeda dan membuat gamer mengendalikan karakter-karakter yang baru. Kali ini protagonis atau karakter utamanya adalah Arbaaz Mir, yang beraksi di wilayah India.

Latar game ini merupakan yang pertama menghadirkan banyak fitur yang membuatnya lebih bagus dibandingkan game-game sebelumnya. Di saat Chronicles: China terasa gelap dan minim daya tarik estetika, Chronicles: India terlihat menarik dan setiap latar belakangnya dihadirkan dengan penuh warna dan hidup. Game ini melakukan pekerjaan yang begitu bagus dalam menghadirkan latar 2.5D yang terasa hidup dan brilian. India di zaman kolonial merupakan latar fantastis yang begitu indah untuk dilihat ketika mencoba memecahkan trik dari setiap teka-teki yang ada. 


Mekanik permainan dibangun dengan elemen-elemen stealth, parkour, dan combat. Kalian mengendalikan Mir dalam upayanya melewati patroli bersenjata, binatang penjaga, dan pihak-pihak lainnya ketika intrik politik mulai bermain. Narasi dalam game ini bukanlah yang terbaik yang bisa ditawarkan serial ini. Akan tetapi penggunaan cut scenes cukup meyakinkan bahwa ceritanya tidak membawa pemain keluar dari dunia game terlalu sering. Kalian masih bisa mempelajari lebih banyak detail mengenai dunia dalam game ini dengan mengambil dan mengecek item-item selama petualangan kalian, mirip sebagaimana dalam serial utama Assassin’s Creed.

Tantangan dalam game ini datang dari teka-teki yang dihadapi Mir. Kalian akan sering menggunakan kombinasi kemampuan stealth dan parkour untuk menghindari patroli dan tetap aman selama menjelajahi India. Tidak seperti serial utamanya, kalian akan beraksi dalam situasi yang sudah ditentukan dan mesti mempelajari pola patroli dan jangkauan pandangan sebelum bergerak. Skil dan item-item baru akan tersedia sepanjang prohres permainan dan serangkaian taktik dibutuhkan untuk menyelesaikan bagian-bagian yang lebih sulit.


Teka-teki dalam game ini di luar dugaan begitu menantang, tapi autosave yang terjadi begitu sering memastikan kegagalan tidak terasa begitu mengesalkan. Mir tidak bisa terkena banyak serangan atau terlihat selama mungkin atau misi akan gagal dan kalian kembali ke checkpoint terakhir. Jadi kalian tidak bisa terburu-buru dan memainkannya begitu saja. Penggunaan parkour dan menjauhi pandangan dibuat begitu baik, tapi skill-skill baru yang dipelajari mungkin terasa sedikit berlebihan. Tombol-tombolnya memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung posisi kalian berada. Ini mungkin akan membuat kalian sedikit pusing ya, setidaknya sampai kalian benar-benar bisa mengikuti irama game ini. 


Walaupun Asssassin’s Creed Chronicles: India tidak begitu membutuhkan pertarungan tangan kosong, namun terkadang Mir perlu menjatuhkan lawan-lawannya untuk bisa melewati sebuah rintangan. Sangat disayangkan game combat system yang ada begitu membutuhkan presisi yang tepat. Seperti parkour, kalian butuh menemukan iramanya karena begitu kalian terbiasa, kalian hanya tinggal mengihindar dengan mudah, melakukan serangan ringan, serangan berat, yang rasanya begitu mengalir dan menyenangkan.

Salah satu keuntungan dari kebanyakan setting 2D adalah kalian tidak perlu berlari ke dalam sebuah dunia yang aneh dan memusingkan sebagaimana pengalaman open world Assassin’s Creed dalam hal parkour dan combat. Kalian tidak akan salah berlari di atas gedung ketika mencoba berlari melintasi sebuah gang dalam Chronicles dan selalu jelas melihat musuh untuk kamu serang. Layout side-scrolling yang sederhana membuat aksi yang ada begitu singkat dan jelas dan menghilangkan kebingungan yang sering dialami para pemain Assassin’s Creed. 

~~DATA GAME~~
JUDUL: Assassins's Creed Chronicles - India
DEVELOPER: Climax Studios
PUBLISHER: Ubisoft
PLATFORM: Windows, Xbox One, PS4, PSVita
RILIS: 12 Januari 2016
GENRE: Action-Adventure, Platform, Stealth
MODE: Single-player
CumaGamer Score: 7 dari skala 10.

Dalam hal game stealth dengan perspektif 2.5D, Assassin’s Creed Chronicles: India mungkin tidak bisa menyamai pengalaman dalam game-game sejenis seperti Stealth Inc.. Tapi game ini jelas menawarkan teka-teki yang cukup menantang hanya dengan harga $9,99 atau setara Rp 138 ribu. Para penggemar waralaba Assassin’s Creed mungkin akan lebih tertarik memainkan game ini, tapi game ini pun layak dimainkan siapapun yang menyukai menyelesaikan sebuah teka-teki stealth yang bagus. (cg)
 
Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By