Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, January 6, 2016

Gamer Tunanetra Sukses Tamatkan Game Zelda


Jangan pernah meremehkan gamer dengan keterbatasan fisik, karena apapun bisa terjadi dalam video game. Bukti terkini adalah Terry Garrett, gamer tunanetra yang berhasil menyelesaikan game The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

Keterbatasan fisik tidak menghalangi Terry Garrett, gamer tunanetra asal Colorado, Amerika Serikat ini untuk menamatkan game favoritnya, The Legend of Zelda: Ocarina of Time. Hampir lima tahun sejak pertama kali memulai petualangannya di Hyrule pada 8 Mei 2011, baru-baru ini mahasiswa engineering University of Colorado tersebut berhasil menyelesaikan keseluruhan game tersebut.


Garrett berbekal dua speaker untuk memainkan The Legend of Zelda.
Keberhasilan Garret tersebut didokumentasikannya dalam akun YouTube miliknya yaitu MegaTgarret. Serangkaian video perjalanannya menyelesaikan game ini telah dia dokumentasikan dalam akun tersebut sejak pertama kali memainkan game ini lima tahun yang lalu. Dalam akun YouTube-nya itu pula bisa diketahui bahwa selain menamatkan salah satu game terbaik sepanjang masa tersebut, Garrett juga cukup lihai memainkan game-game lainnya seperti Guitar Hero III: Legends of Rock, Bit.Trip Runner, dan Oddworld: New 'n' Tasty.

Karena Garrent tidak bisa melihat, dia menggunakan suara-suara yang didengarnya dari game untuk melewati dunia-dunia dalam game serta menyelesaikan setiap tantangan yang ada. Dia menempatkan dua speaker tepat di depannya, satu di sebelah kirinya dan satu di sebelah kanannya. Sehingga dia bisa mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya dalam dunia virtual yang tengah dimainkannya. Melalui suara dia bisa menggunakan item-item dalam permainan, seperti pedang Link, untuk menemukan jalan di sekitarnya dengan menghantamkan pedangnya pada tembok untuk menuntun perjalannya. Dia juga memanfaatkan suara Navi, peri pendamping Link yang berkali-kali memberikan petunjuk kepada Link.
Garrett memanfaatkan suara untuk memainkan video game.
Perjalanan Garrent menyelesaikan permainan ini terbilang sulit dan dia kerap membuat kesalahan. Meski begitu dia memanfaatkan fitur save state dalam emulasi game yang sedang dimainkannya, yang memungkinkannya untuk terus mencoba melewati beberapa situasi yang lebih sulit. Dia menggunakan save state ini dalam upayanya berhasil menyelesaikan Water Temple yang kerap disebut dungeon tersulit dalam game ini.

Akhirnya pada 2 Januari lalu Garrett mengunggah video terakhirnya dalam playtrough Ocarina of Time yang diselesaikannya. "Rasanya begitu lama dalam prosesnya, tapi saya akhirnya berhasil menyelesaikan tujuan saya," tulis Garrett di akun YouTube-nya tersebut.

Dalam akun YiuTube-nya tersebut, Garrett turut mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya yang telah membantu dan mendukungnya. Katanya, berkat dukungan tersebut dia selalu bersemangat dan pantang berputus asa untuk menyelesaikan permainannya. Playthrough Zelda ini sendiri dimulainya lima tahun yang lalu untuk membuktikan bahwa dia juga bisa menyelesaikan game 3D, setelah sebelumnya menamatkan game 2D, Oddworld: Abe's Oddysee. Kalian bisa melihat bagaimana Garrett memainkan gamenya di sini, dengan video terakhirnya di sini.

Bagaimana menurut sahabat gamer, sangat inspiratif sekali bukan? Tentunya Garrett memberi kita pelajaran bahwa keterbatasan bukanlah menjadi halangan dalam mencapai sebuat tujuan. Kalau Garrett saja bisa, kenapa kita tidak? (cg)

Sumber: EuroGamer, GameSpot

No comments:

Post a Comment

Designed By