Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, January 28, 2016

Far Cry Primal: Kesempurnaan Prasejarah?

 Sepertinya para publisher atau penerbit video game mulai mendengarkan kritik. Far Cry adalah sebuah waralaba yang butuh sedikit perkenalan: game ini merupakan gabungan dari penjelajahan open-world, berburu dan merakit, bersama dengan gameplay action-adventure ala GTA yang terbukti begitu populer beberapa tahun terakhir ini.

Meski begitu, Far Cry 4 yang rilis tahun 2015 kemarin secara mengejutkan mendapatkan respon biasa-biasa saja, padahal Himalaya yang begitu indah menjadi latar dalam game ini. Banyak pihak menilai game ini terasa terlalu mirip dengan Far Cry 3. Jadi kemudian Ubisoft mengambil langkah baru bagi waralaba ini, yang lantas menghasilkan Far Cry Primal, dengan mengambil setting yang eksotis dan ambisius, walaupun tidak secara geografis. Yup, game ini mengambil tempat 12 ribu tahun yang lalu.



Setting waktu tersebut merupakan waktu yang terbilang penting bagi umat manusia. Zaman es telah terlewati, dan para manusia akhirnya bisa mulai bekerja kembali untuk menjadi yang teratas dalam rantai makanan, dengan menggunakan akal dan ide-ide teknologi yang dimiliki. Perjuangan inilah yang hendak disajikan Far Cry Primal: kalian bermain sebagai Takkar, seorang "beastmaster", yang telah mempelajari bagaimana cara menjinakkan binatang paling buas sekalipun. Dan dari pengalaman satu jam menjajal gameplay game ini, Far Cry Primal terasa begitu otentik dan menarik.

Premis-premis di atas berpadu begitu baik dengan banyak sistem yang menjadikan game-game Far Cry terdahulu begitu populer, terutama terkait elemen berburu dan merakit. Sudah jelas, beberapa sistem familiar yang ada di Far Cry sebelum-sebelumnya absen dalam Far Cry Primal. Di antaranya elemen-elemen seperti pistol, bahan peledak, kendaraan, dan memanjat menara yang menghilangkan kabut di map, yang pada edisi teranyar kali ini, bisa terlihat jelas dari awal permulaan permainan. Tapi itu bukan berarti Far Cry Primal merupakan kemunduran dalam waralaba ini. 


Mekanik kunci dalam gameplay Far Cry Primal mungkin akan familiar untuk para penggemar Far Cry. Takkar masih akan memiliki sederetan senjata zaman batu, meliputi tongkat yang bisa menghasilkan serangan jarak dekat yang kuat, sebuah, sebilah tombak, dan bom jenius yang isinya adalah lebah-lebah untuk mengusir musuh-musuh. Ada juga bom-bom racun yang menyebabkan musuh saling menyerang satu sama lain.

Tapi mungkin senjata paling paten dalam Far Cry Primal adalah binatang ‘peliharaan’ si Takkar. Ada beragam potensi yang bisa diakses ketika kalian mulai memainkan Far Cry Primal. Salah satu yang patut dicoba adalah harimau sabre-tooth. Dan seperti biasanya, map atau peta dalam game ini akan menunjukkan area-area umum yang berisi populasi spesies binatang tertentu yang bisa dijinakkan dan diburu.


Proses penjinakkan terbilang mudah, temukan mangsa kalian, lemparkan umpan daging dan, saat mereka memakannya, bergeraklah mendekat dan tekan dan tahan tombol yang disebutkan. Kalian mengendalikan binatang dengan menekan trigger kiri dan menunjukkannya ke arah musuh, dan kalian bisa memanggilnya kembali menggunakan peluit.  Mereka bisa diobati dan diberi makan, dan terbukti sangat berguna ketika berhadapan dengan baik manusia ataupun binatang-binatang lainnya. Contohnya harimau sabre-tooth, yang bisa menjatuhkan sekawanan badak sendiri saja. Kalian bisa melanjutkan serangan awal binatang-binatang ini, dengan serangkaian serangan misalnya beberapa kali melemparkan tombak.

Takkar merebut wilayah dengan menjelajah, menemukan pemukiman kecil, membantu warganya dan menyalakan api mereka. Masing-masing pemukiman memiliki sumber daya dan ada juga pintu masuk rahasia ke dalam gua-gua, dengan lukisan gua yang punya peran penting dalam game ini.


Sebagaimana semua game Far Cry, mendapatkan XP memberikan kalian poin untuk dihabiskan pada skill, dan layar skill terbilang familiar untuk mereka yang sudah memainkan game Far Cry sebelum-sebelumnya. Hal yang sama juga bisa dikatakan untuk menu crafting, kalian akan mendapatkan kulit-kulit dari binatang-binatang spesifik untuk merakit item-item spesifik. Kayu dan beragam tumbuhan merupakan dua di antara sumber daya yang mesti dikumpulkan.

Takkar memiliki objek unik lainnya yang bisa diperintah, seekor burung hantu. Kalian bisa melepaskannya dan dia akan memunculkan sudut pandang dari atas, yang sangat berguna bagi kalian dalam menjelajahi map. Burung hantu ini juga bisa diperintahkan untuk menyerang musuh. Publisher game ini, Ubisoft, membuat jangka waktu untuk menagkses serangan-serangan ini, jadi kalian tidak bisa menggunakan burung hantu ini untuk menyingkirkan apa saja yang kalian temui sementara kalian tengah bersembunyi di suatu tempat yang aman.


Walaupun jalinan ceritanya masih belum terungkap hingga game ini benar-benar dirilis Februari ini, ada beberapa petunjuk yang mengisyaratkan bakal seperti apa jalinan ceritanya nanti. Takkar nantinya akan berada dalam suatu suku, di mana ada beberapa suku dengan penanda warna untuk membedakan satu sama lain, salah satunya pihak teman sementara sisanya merupakan lawan. Menyerangkan harimau sabre-tooth pada suku lawan rasanya pasti bakal menyenangkan.

Ubisoft turut mengungkap bahwa Takkar adalah beastmaster pertama, dan mungkin ini yang membuatnya diikuti beberapa anggota suku. Kalian akan menghabiskan sebagian besar posri game ini dalam membangun suku kalian dengan cara primitif tentunya. Dari sini cukup aman rasanya menyimpulkan bahwa jalinan ceritanya bakal berkisar pada pertarungan sengit dan perjuangan untuk mendapatkan supremasi teritorial. Dan sebagaimana diberitakan CumaGamer.com sebelumnya, game ini hanya akan memiliki fitur single-player, tanpa adanya elemen kooperatif.


Kesimpulannya, dari apa yang sudah terlihat sejauh ini, tidak diragukan lagi bahwa Far Cry Primal bakal memuaskan siapapun yang menggemari playstyle hunting dan crafting, berburu dan merakit sebagaimana yang ada pada game-game Far Cry sebelumnya, di mana kemampuan untuk berburu bersama predator yang sudah dijinakkan menambahkan sebuah twist baru yang bagus.

Bagaimana sahabat gamer? Apa kalian sudah tidak sabar memainkan iterasi teranyar dari game ini? Far Cry Primal bakal dirilis tanggal 23 Februari 2016 untuk PS4 dan Xbox One. Edisi PC baru akan dirilis pada Maret 2016. Bagi kalian penggemar serial Far Cry, tentu ini game yang patut ditunggu bukan? (cg)

Sumber: Pocket-lint

No comments:

Post a Comment

Designed By