Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Thursday, January 28, 2016

8 Game Virtual Reality Paling Ditunggu

Di tahun 2016, ada banyak perangkat virtual reality (VR) yang bakal diluncurkan. Di antaranya headset VR Oculus Rift dan juga PlayStation VR, yang bakal dibarengi delapan game untuk perangkat VR tersebut.

Dipasarkan sebagai perangkat virtual reality, Virtual Boy dari Nintendo merupakan sebuah kegagalan besar dan disebut merupakan sebuah kesalahan dari perusahaan raksasa ini.  Selama bertahun-tahun setelah kegagalan Virtual Boy, virtual reality seakan tidak lebih dari sekadar impian, dan sesuatu yang baru bisa dicapai industri video game di masa depan. Dan ya, masa depan itu adalah sekarang. 


Teknologi virtual reality akhirnya tiba pada titik mengagumkan dan menawarkan pengalaman bermain game yang unik. Banyak perusahaan hardware tertarik untuk mengembangkan perangkat headset VR mereka, yang memunculkan perang VR sebagaimana tampak pada Oculus Rift dan PlayStation VR yang disebut-sebut paling potensial.

Tapi tentu saja hardware video game akan sedikit bernilai tanpa adanya game-game berkualitas tinggi untuk dimainkan di perangkat tersebut. Beruntung bagi para gamer, ada banyak game VR yang bakal segera hadir untuk Oculus Rift, PlayStation VR, dan headset VR lainnya. Dan di antara game-game tersebut, ada delapan game yang memiliki potensi terbesar dan perlu mendapat perhatian dari gamer yang tertarik mencoba VR. Berikut daftar delapan game VR yang patut ditunggu untuk dimainkan. 


100ft Robot Golf 

Merupakan kombinasi antara game fighting dan game golf, 100ft Robot Golf membuat para pemainnya mengendalikan robot-robot raksasa bermain golf dan menghancurkan perkotaan. Game ini bakal memiliki fitur split-screen 4 pemain dengan opsi online multiplayer, menambahkan campaign menarik dengan kisah para pilot dibalik robot-robot itu. Game ini tidak membutuhkan PlayStation VR, tapi penggunaan perangkat VR dari Sony itu bakal meningkatkan pengalamannya, membuat para pemainnya semakin tenggelam dalam kekerasan ala robot. 100ft Robot Golf dijadwalkan rilis tahun 2016 eksklusif untuk PlayStation 4.  
 

Edge of Nowhere

Insomniac Games paling banyak dikenal berkat pekerjaan yang mereka lakukan untuk Sony. Jadi rasanya bakal mengejutkan ketika langkah pertama perusahaan ini dalam dunia virtual reality rupanya adalah sebuah game eksklusif untuk Oculus Rift. Edge of Nowhere adalah game third-person adventure seperti Uncharted dan Tomb Raider, hanya saja dengan tema yang lebih gelap. Sebagai game virtual reality pertama dari Insomniac, tentu banyak yang bisa diharapkan dari Edge of Nowhere. Game ini bakal hadir eksklusif untuk Oculus Rift, tapi belum ada informasi tanggal rilisnya. 


EVE: Valkyrie

Salah satu game VR yang paling banyak dibicarakan adalah EVE: Valkyrie. Merupakan spinoff dari waralaba populer EVE Online, game ini sepertinya bakal menghadirkan pengalaman pertempuran luar angkasa semenarik mungkin. Valkyrie sepertinya bakal menjadi pengalaman VR pertama bagi para gamer, mengingat game ini merupakan launch title baik untuk PlayStation VR dan Oculus Rift. Bahkan game ini dibundel bersamaan dengan pre-order Oculus Rift, yang menunjukkan Oculus turut bergantung pada EVE: Valkyrie untuk menyajikan pengalaman gameplay yang menyenangkan. EVE: Valkyrie hadir di Oculus Rift saat perangkat ini diluncurkan tahun ini, dan juga akan dirilis sebagai launch title untuk PlayStation VR di PS4. 


Golem

Beberapa mantan karyawan developer Bungie membentuk Highwire Games, dan Golem adalah judul perdana dari studio ini. is the first title from that studio. Ketika banyak pihak menduga perusahaan ini bakal membuat game FPS game, Golem natanya adalah game third-person eksklusif untuk PlayStation VR. Setelah mengenakan headset PlayStation VR, para pemainnya akan mengendalikan seorang gadis yang memiliki akses pada sesuatu yang memiliki teknologi VR yang lebih canggih,dan di mana dia menggunakannya untuk mengendalikan golem batu raksasa. Golem akan tersedia eksklusif untuk PlayStation VR dengan tanggal rilis yang belum ditentukan.


Lucky's Tale

Oculus memprediksikan Lucky’s Tale bakal menjadi game signature Oculus Rift sebagaimana Super Mario Bros. di NES. Game ini dikemas bersama setiap headset Oculus Rift, dan kelihatannya menawarkan pengalaman 3D platforming tradisional, tapi dalam ruang virtual reality. Bakal menarik untuk melihat bagaimana Lucky’s Tale memaksimalkan teknologi VR saat ame ini diluncurkan bersamaan dengan Oculus Rift dalam beberapa bulan ke depan. 


Psychonauts in Rhombus Ruin

Tahun lalu publik gamer mengetahui bahwa waralaba Psychonauts bakal kembali hadir saat Psychonauts 2 diumumkan, bersamaan dengan game virtual reality Psychonauts berjudul Psychonauts in the Rhombus of Ruin. Sedikit yang diketahui mengenai game ini, tapi cukup meyakinkan bahwa Tim Schafer dan rekan-rekan berbakatnya di Double Fine akan bisa menghadirkan sesuatu yang sangat kreatif menggunakan teknologi virtual reality. Psychonauts in the Rhombus of Ruin akan diluncurkan 2016 ini, eksklusif untuk PlayStation VR. 


Robinson: The Journey

Crytek tampaknya keluar dari zona nyaman mereka ketika mengumumkan Robinson: The Journey, sebuah game VR dengan dinosaurus-dinosaurus, tapi apa yang terlihat sejauh ini sangat menjanjikan. Semoga saja lebih banyak lagi informasi mengenai game ini dimunculkan, karena Robinson: The Journey kelihatannya merupakan salah satu game VR yang paling mengagumkan secara visual sampai saat ini. Robinson: The Journey belum memiliki tanggal rilis, tapi game ini bakal menjadi game eksklusif untuk PlayStation VR.


Star Citizen

Star Citizen telah melampaui $100 juta dalam penggalangan dana, dan dana tersebut cukup banyak untuk digunakan membuat banyak genre dalam satu payung. Game sandbox, first-person shooter, dan simulator pesawat luar angkasa, Star Citizen juga akan memiliki komponen virtual reality bagi yang memiliki teknologinya. Belum banyak yang bisa diketahui penggunaan VR pada game ini, tapi bila dikerjakan dengan baik, bisa jadi bakal menambahkan lapisan mengagumkan lainnya dari game yang sangat ditunggu ini. Star Citizen kemungkinan akan dirilis di penghujung tahun ini eksklusif untuk PC. Game ini akan kompatibel dengan Oculus Rift dan headset VR lainnya seperti HTC Vive untuk kegunaan virtual reality.


***


Bila game-game dalam daftar ini berhasil mengesankan para gamer, itu artinya masa depan yang cerah telah menunggu virtual reality. Semua game ini ditujukan hadir dengan menyajikan pengalaman bermain game kualitas tinggi yang tak terlupakan. Dan beruntungnya, tidak lama lagi untuk merasakan sensasinya.

Baik Oculus Rift dan PlayStation VR direncanakan rilis tahun 2016 dan balapan untuk memenangkan dominasi virtual reality baru saja akan dimulai. Oculus Rift dan PlayStation VR keduanya memiliki sejumlah game eksklusif dalam daftar mereka, jadi bakal menarik melihat headset mana yang akan menjadi dominan. Sangat mungkin harga tinggi Oculus Rift bisa turun, tapi PlayStation VR membutuhkan fungsi PS4 untuk berfungsi dan itu bisa jadi suatu masalah. Tapi hanya waktu yang akan berbicara.

Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa sahabat gamer berencana membeli game-game dalam daftar ini? Judul-judul virtual reality apa saja yang membuat kalian tertarik? Apa kalian tidak sabar menunggu kehadiran headset VR tahun ini? Yuk bagikan pendapat kalian di kotak komentar. (cg)

Sumber: Game Rant

No comments:

Post a Comment

Designed By