Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, December 9, 2015

Review: Xenoblade Chronicles X

TERPESONA DAN TERSESAT.

 
Blockbuster terbaru Nintendo untuk Wii U, Xenoblade Chronicles X, adalah sebuah game yang begitu besar, indah, dan mesti dicoba bagi siapapun yang sudah memiliki konsol ini.

Setelah petisi besar membawa Xenoblade Chronicles ke luar Jepang, para gamer segera saja jatuh cinta dengan serial ini. Karenanya bukan lagi hal mengejutkan bila penerus game ini, Xenoblade Chronicles X, tidak butuh waktu lama untu tiba di platform terkini Nintendo. Meski rasanya cukup lama menunggu sejak seri pertamanya rilis tiga tahun lalu, tampaknya penantian para penggemar JRPG di manapun berada terbayar sudah. 


Masih berkutat dengan apa yang membuat seri perdananya sukses, kisah terbaru Shulk ini layak untuk dicoba. Serial ini dihadirkan ke Wii U dengan begitu baik, berkat kemampuan hardware yang mengalami peningkatan signifikan. Xenoblade Chronicles X menghadirkan sebuah dunia yang begitu besar untuk dijelajahi dan begitu banyak konten untuk ditelusuri, menjadikannya kemenangan baik bagi developer Monolith Soft dan Big N, tapi bersiap-siaplah untuk melakukan banyak grinding. 

Narasi kisahnya dimulai dengan bumi yang dihancurkan oleh perang alien yang begitu dahsyat, menyisakan segelintir pejuang yang bertahan hidup di sebuah pesawat luar angkasa besar, yang dikenal sebagai White Whale yang secara terus-menerus bergerak melintasi luar angkasa dalam pencarian rumah baru. Ceritanya, pasukan kalian terdampar di sebuah planet asing bernama Planet Mira. Planet ini rupanya berpenghuni, namun di satu sisi planet ini menyimpan bahaya yang begitu besar.

Hal-hal awal yang bakal kalian sadari adalah skala lingkungan yang bisa kalian jelajahi. Planet asing Mira sangatlah besar dan indah, tapi juga penuh dengan kehidupan alam liar. /Semua hal mulai dari makhluk-makhluk besar menyerupai dinosaurus hingga serangga-serangga kecil yang hidup di permukaan planet, kebanyakan dari mereka tidaklah bersahabat. Kalian akan bisa dengan cepat mengenali bentuk-bentuk kehidupan yang tersebar di planet ini, karena kalian akan terus-menerus diserang oleh mereka, dan tugas kalian adalah menaklukkan semuanya, atau dipaksa membunuh makhluk-makhluk ini untuk mendapatkan beberapa experience point.

Dalam rangka mempercepat perjalanan kalian, Monolith Soft mengimplementasikan mecha yang dikenal sebagai Skells. Kerangka mekanik ini menjadi penting untuk untuk melintasi daratan-daratan yang ada di game, dan bisa juga kalian kenakan, mengubah bentuk antara mode tempur standar dan bentuk kendaraan cepat mirip seperti Optimus Prime. Bahkan mecha ini bisa terbang, menjadikannya sangat berguna dalam permainan, ya walaupun butuh berjam-jam hingga mesin-mesin ini bisa dikendalikan.

Memainkan game ini membutuhkan cukup banyak grinding, dalam hal menghadapi bos-bos dan mengalahkan sekumpulan musuh. Kalian bakal terus-menerus berhadapan dengan kehidupan liar Mira untuk bisa meningkatkan level dan mendapatkan kemampuan yang lebih kuat. Melengkapi misi-misi sampingan yang tak terhitung jumlahnya juga bisa membantu hal ini, tapi beberapa level berikutnya dalam game ini terbilang sulit, walaupun hal ini bisa dilihat sebagai nilai tambah bagi kalian yang ingin terlibat lebih jauh dalam dunia besar yang ada di game ini. 

Arts juga terasa begitu berguna, menjadi serangan-serangan super yang perlahan terisi ulang dayanya setelah digunakan dalam pertarungan. Menggabungkan semua ini secara bersama-sama, baik menggunakan gear yang teoat untuk bertarung, adalah hal krusial dalam menghadapi suatu pertemuan dengan musuh. Hasil akhirnya adalah sistem pertarungan yang akan segera terasa familiar bagi siapapun yang pernah memainkan Xenoblade Chronicles baik di Wii atau New Nintendo 3DS. Game pendahulunya mungkin tidak bisa segera diakses dengan mudah, sementara X hadir langsung kepada para pemainnya dengan pendekatan yang intuitif. 

Siapapun yang belum pernah merasakan mekanik game seperti ini mungkin saja akan bingung, dan tidak banyak yang bisa dihadirkan untuk membuatnya mudah diakses para pemain baru serial ini. Di samping itu, ada banyak jendela yang muncul di layar yang memenuhi layar dengan teks, dan membacanya dengan cepat bisa jadi melelahkan. Apalagi tidak semua teks tersebut benar-benar membantu, menuntun para pemain untuk mengetahui apa saja yang tengah terjadi. Inilah satu-satunya kelemahan dari game ini, tapi bagi gamer yang berniat mencari tahu, bakal segera terbawa dalam inti petualangannya. 

~~DATA GAME~~
JUDUL: Xenoblade Chronicles X
DEVELOPER:Monolith Soft, Nintendo SPD
PUBLISHER: Nintendo
PLATFORM: Wii U
RILIS: 4 Desember 2015
GENRE: Action RPG
MODE: Single-player, Multiplayer

CumaGamer Score: 8 dari skala 10.


Xenoblade Chronicles X adalah salah satu game terindah di konsol Nintendo Wii U, dan jelas merupakan tambahan penting dalam pustaka game konsol ini. Judul ini menawarkan dunia besar kepada para penggemarnya yang akan dengan mudah tersesat di dalamnya. Detail di setiap porsi gamenya sangat mengagumkan, dan ceritanya, walaupun minim karakter yang mudah disukai seperti Shulk, terbilang menarik untuk diikuti. Mekanik pertarungannya begitu menantang, dan skala dari semua elemen ini bakal membuat para pemainnya menghabiskan waktu berjam-jam memainkannya. Game ini mungkin bisa disimpulkan sebagai judul terbesar yang pernah diterbitkan Nintendo, dan ya, begitu sesuai melengkapi kesempurnaan sistem game yang digunakannya. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By