Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, December 5, 2015

Review: Hard West


X-COM BERTEMA KOBOI! 
Hard West menawarkan latar baru untuk para penggemar game bergenre turn-based strategy, membawa gaya pertarungan X-COM ke dalam tema Wild West dengan duel senjata yang menyenangkan sekaligus sulit, tapi punya nilai replayability.

Latar Wild West secara umum jarang digunakan oleh para pengembang video game. Walaupun contoh-contoh terkini seperti serial Call of Juarez dan game dari Rockstar yang banyak mendapat pujian, Red Dead Redemption telah membuktikan bahwa dunia ala koboi bisa diterjemahkan secara sukses ke dalam video game, tapi tetap saja tema ini jarang menjadi perhatian. Dengan begitu banyak game yang mengambil tempat di semesta fiksi ilmiah atau dalam peperangan bersejarah maupun modern, judul-judul seperti Gun.Smoke dan Sunset Riders masih saja memiliki pengikut yang sangat sedikit. 


 Kini, developer Creative Forge telah memutuskan dan mengembalikan keseimbangan tersebut. Dengan bantuan dana Kickstarter, studio ini menciptakan game berkonsep pertempuran taktis berjudul Hard West, yang mungkin bisa disimpulkan sebagai versi koboi dari game X-COM. Pasalnya, Creative Forge bukan hanya menghadirkan game bertema Western ke khalayak raai, tetapi Hard West juga sedikit menyinggungdunia horor dan fantasy, menyajikan cerita dengan imaji alam gaib, iblis-iblis berbahaya, dan banyak sihir. 


Dalam game Western tradisional, Hard West meliputi jalinan cerita tentang kekerasan dan pembalasan dendam. Kalian bakal dibawa ke dalam sebuah dunia yang dinarasikan oleh kematian itu sendiri, dengan para bandit, buronan, hal-hal misterius di alam liar, dan lebih banyak kisah tentang setan untuk diikuti. Hard West memunculkan kesan dunia yang gelap dan suram, dan lebih serupa Unforgiven dibandingkan Paint Your Wagon.

Tapi ada lebih banyak yang bisa disimak di luar itu. Hard West berisi delapan skenario terpisah, masing-masing dengan dunia Western yang sama gelapnya dengan para buronan dan monster yang ada di dalamnya. Menyelesaikan satu skenario bakal membuka skenario baru ainnya, walaupun kalian bisa melompati beberapa skenario termasuk skenario tutorial yang begitu membantu. 


Secara visual, Hard West juga mempertahankan gaya gelapnya, tanpa terlalu berat bergantung pada PC pemainnya. Kota-kota dalam game ini berpasir dan tandus, dengan momen-momen gaib yang menyeramkan, serta senasi yang tidak menyenangkan di sepanjang permainan. Para karakternya sendiri, khususnya selama cuplikan-cuplikan adegan yang begitu artistik, masing-masing memliki level baik secara individu, yang penting ketika menyampaikan cerita dalam genre ini lebih banyak porsinya lewat adegan pertempuran dibandingkan dialog.

Keberhasilan game tactical semacam Hard West sendiri bergantung pada gameplay-nya. Beruntung, game ini bakal menarik perhatian pada gamer yang menikmati game-game seperti X-COM  dan game bergaya stealth Invisible, Inc. Hard West meliputi sistem pergerakan yang tidak diragukan lagi begitu familiar sebagaimana yang ada pada gam-game tactical, dengan sudut pandang isometrik membawa nuansa-nuansa nostalgia sebagaimana game Wasteland 2. 


Pertempurannya sendiri, sangat mewakili game-game X-COM. Lokasi karakter merupakan segalanya, dan penting sekali bagi skuad pemain untuk berada dalam posisi yang baik dalam perlindungan, atau kalau tidak tembakan apapun yang terjadi bakal bisa mengakhiri duel dengan sangat cepat. Seperti kebanyakan game-game bergenre turn-based strategy games, penting untuk membuat keputusan-keputusan strategis, dan memainkan keseluruha game untuk memastikan karakter-karakter yang ada melakukan serangannya dengan baik. Hard West  tidak benar-benar memunculkan inovasi baru, tapi menghadirkan pengalaman taktis yang remeh dan kasar.

Ada satu mekanik yang membantu memisahkan Hard West dari sekadar menjadi mod buatan penggemar pada kebanyakan reboot X-Com, yang hadir dalam bentuk bar Luck. Masing-masing anggota skuad memiliki velev Luck, yang memiliki banyak tujuan dalam gameplay game ini. Secara pasif, bar Luck berhubungan dengan jumlah tembakan karakter yang meleset, dihitung juga dari setiap peluru yang berhasil dihindari dan ditingkatkan dengan peluru masing-masing musuh yang mengenai sasaran.


Para karakternya juga memiliki kemampuan individual yang bisa digunakan di saat-saat genting. Pengguna shotgun bisa menembakkan peluru menyebar pada musuh-musuh dalam jarak dekat, sementara pengguna pistol bisa mengatur bidikannya, menurunkan akurasinya tapi di satu sisi meningkatkan jumlah target yang bisa dibidik. Hal ini membuat Hard West menjadi semakin bervariasi dalam hal duel senjata, tapi sebaliknya meningkatkan kebingungan karakter mana yang mesti mengisi ulang senjatanya dengan cepat.

Hard West menawarkan beberapa level fleksibilitas untuk dimainkan di luar pola gameplay-nya yang terbatas. Para gamer mendapatkan peta dunia untuk dijelajahi semacam dunia yang ada di Baldur’s Gate, dan bisa melompat pada situasi-situasi yang berbeda. Skenario-skenarionya juga diberikan dengan sensasi yang adil selama progres permainan.

~~DATA GAME~~
JUDUL: Hard West
DEVELOPER: Creative Forge Games
PUBLISHER: Gambitious Digital Entertainment
PLATFORM: PC
RILIS: 18 November 2015
GENRE: Adventure, RPG, Strategy
MODE: Single-player

CumaGamer Score: 7 dari skala 10.

Sayangnya, walaupun skenario individualnya terasa begitu kuat, dengan fokus yang begitu baik dari segi detail dan banyak tantangan, tidak banyak alasan untuk memainkan Hard West kembali pada masa-masa berikutnya. Tidak banyak hal yang ditawarkan untuk menarik para pemainnya kembali memainkan game ini setelah menamatkan permainannya, dan setelah tingkat kesulitan gamenya telah bisa dikuasai.

Secara keseluruhan, Hard West adalah pilihan yang kuat bagi para gamer bergenre turn-based strategy, khususnya bagi mereka yang menantikan sekuel X-COM yang akan datang. Hard West mungkin tidak memunculkan inovasi, tapi secara visual game ini sukses membawa pertarungan taktis ke dalam setting yang baru dan menantang. Para gamer mungkin tidak akan memainkan Hard West untuk waktu yang lama, tapi game ini akan tetap terasa menyenangkan dimainkan kembali seperti saat pertama kali memainkannya. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By