Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, December 30, 2015

Ini Dia Kronologi Serial Resident Evil

Prekuel serial survival horror populer Resident Evil, Resident Evil Zero bakal dirilis ulang dengan tampilan HD dan remaster pada awal tahun 2016 untuk PS4, Xbox One, dan PC. Bagi penggemar serial buatan Capcom ini, tentu menarik untuk mencari tahu ihwal terjadinya bencana zombi dalam Resident Evil.

Sejak 1996, Resident Evil telah dirilis dalam banyak judul, meliputi enam seri kronologis dan beberapa spinoff, yang masing-masing memiliki keterkaitan atau koherensi satu sama lain. Keterkaitan event yang terjadi pada masing-masing game ini menciptakan sebuah kronologis bagaimana wabah mayat hidup merebak dan menimbulkan ketakutan, termasuk bagi gamer yang memainkan serial game ini. Jalinan kisahnya sendiri terentang sepanjang setengah dekade lebih.


Menjelang ulang tahun serial ini yang ke-20 tahun pada 2016 ini, CumaGamer.com menghadirkan kronologis kejadian yang terjadi dalam serial yang secara luas telah memperkenalkan genre survival horror ini. Kronologis dimulai dari ditemukannya Progenitor, awal mula terciptanya virus mematikan T-Virus. Perlu diingat kronologis ini berlaku untuk serial gamenya, tidak termasuk serial film live action yang dibintangi Milla Jovovich. Yuk kita mulai ceritanya...

1967
Virus Progenitor dari bunga Sonnetreppe atau yang dikenal juga dengan nama “Stairway of the Sun” ditemukan di Kijuju, Afrika. Edwards Ashford berencana menjadikan Progenitor sebagai obat bagi kelumpuhan.

10 November 1967
Progenitor disuntikkan kepada Lisa Trevor, putri dari arsitek mansion Spencer/Spencer Mansion.

1968
Umbrella Corporation didirikan oleh Ozwell E. Spencer, Edward Ashford, dan James Marcus. Setelah kematian Ashford, Spencer dan Marcus baru menyadari bahwa Progenitor bisa digunakan untuk senjata biologis.

1969 sampai 1970
Alexander Ashford membangun markas di Antartika.

1971
Ashford Twins, dua bersaudara kembar yaitu Alexia dan Alfred Ashford dilahirkan.

19 September 1977
Marcus menciptakan T-Virus, atau Tyrant, dengan menggabungkan Progenitor dan DNA lintah.

1977
Tokoh antagonis dalam serial ini, Albert Wesker memulai kehidupannya bersama Umbrella Corporation.

1981
Zombi pertama berhasil diciptakan. Birkin sang ilmuwan juga menciptakan turunan “hunter” menggunakan T-Virus.

1981
Pada umur 10 tahun, Alexia Ashford ditunjuk sebagai peneliti senior di markas Antartika, di mana dia mulai mengembangkan T-Veronica.

1982
T-Veronica memulai tahap tes kepada manusia dan berakhir di tahun 1983, ketika Alexia menyuntikkan virus T-Veronica pada dirinya sendiri.

1988
T-Virus selesai dibuat, dan James Marcus dibunuh saat virus ini diselesaikan. “Nemesis” diciptakan yang merupakan hasil dari diselesaikannya T-Virus.

1991
Potensi “Nemesis” baru disadari, dan Proyek Nemesis mulai dibuat. Diketahui bahwa Lisa Trevor adalah kunci dari G-Virus, yang ditemukan juga oleh William Birkin.

1996
Albert Wesker membentuk S.T.A.R.S (Special Tactics and Rescue Service).

1997
Barry Burton (mantan SWAT) dan Chris Redfield (mantan angkatan udara) bergabung ke S.T.A.R.S.

11 Mei 1998
James Marcus berhasil membangkitkan kembali dirinya dari penelitian T-Virus dengan menggunakan ratu lintah. Dia melakukan aksi balas dendam dengan menginfeksi Spencer Mansion.

16 Juni 1998
Mingguan Raccoon Weekly memperingatkan masyarakat Raccoon City untuk menjauhi pegunungan Arklay (Arklay Mountain) setelah dilaporkan adanya serangan anjing liar.

23 Juli 1998
Event Resident Evil Zero dimulai, mengambil lokasi di Arklay Mountain, berpusat pada karakter Rebecca Chambers, staf medis S.T.A.R.S dan Billy Coen, mantan marinir Amerika yang menjadi narapidana.

24 Juli 1998
Event game Resident Evil pertama dimulai, bertempat di Arklay Mountain dan Spencer Mansion. Karakter-karakter yang terlibat yaitu Chris Redfield, Jill Valentine, Barry Burton, dan Rebecca Chambers.

20 September 1998
Agen Umbrella, Hunk membunuh William Birkin. Untuk bertahan hidup, Birkin menyuntikkan G-Virus pada dirinya sendiri. Hal ini mengakibatkan persediaan air di Raccon City terinfeksi T-Virus.

24 September 1998
Infeksi T-Virus mulai menyebar di Raccon City. Para penduduk kota berubah menjadi Zombi.

28 September 1998
Event Resident Evil 3: Nemesis dimulai, dengan karakter utamanya Jill Valentine.

29 September 1998
Event Resident Evil 2 dimulai di Raccon City, dengan karakter-karakternya yaitu polisi pemula Leon Kennedy, Claire Redfield, Ada Wong, dan Sherry Birkin. Resident Evil 2 disebut-sebut sebagai seri terbaik dalam serial ini.

1 Oktober 1998
Event Resident Evil 3: Nemesis berakhir, dengan Jill Valentine dan Carlos Oliviera berhasil menyelamatkan diri keluar dari Raccon City sebelum rudal nuklir meluluhlantakan kota ini. Umbrella Corporation merilis berita yang menyatakan kebocoran nuklir menjadi penyebab kehancuran kota ini.

Musim Gugur 1998
Setelah insiden Raccoon City, Chris Redfield dan Jill Valentine mendirikan B.S.A.A. (Bioterrorism Securty Assessment Alliance), yang dibentuk dengan bantuan TRICELL.

27 Desember 1998
Event Resident Evil: Code Veronica bermula di Rockfort Island, dengan dua karakter utamanya Claire Redfield dan Steve Burnside.

2003
Chris Redfield dan Jill Valentine menemukan keterlibatan Umbrella dalam wabah yang merebak di Rusia. Keduanya juga menyadari Albert Wesker masih hidup setelah sebelumnya diduga sudah tewas dalam insiden di Spencer Mansion.

2004
Umbrella Corporation ditutup setelah tekanan terus-menerus dari Chris Redfield dan Jill Valentine.

2004
Event Resident Evil 4 dimulai, bertempat di Spanyol dengan Leon Kennedy yang kini menjadi agen pemerintah Amerika Serikat sebagai karakter utamanya. Aliran sesat Los Illuminados menemukan turunan parasit Las Plagas di bawah kastil tua Salazar. Resident Evil 4 mengubah sudut pandang karakter menjadi sudut pandang orang ketiga dari belakang tubuh.

2005
Event film animasi CGI Resident Evil: Degeneration dimulai di Harvardville, dengan karakter utamanya yaitu Leon Kennedy dan Claire Redfield yang kini menjadi pegawai Terrasave. Wilpharma, perusahaan yang bertanggung jawab membuat vaksin T-Virus disebut terlibat dalam penyebaran virus di kota-kota terpencil untuk meningkatkan penjualan vaksin. TRICELL membeli Wilpharma ketika perusahaan ini gagal serta mendapatkan sampel T-Virus dan G-Virus.

2005
Event Resident Evil: Revelations dimulai di kapal Queen Zenobia, dengan Chris Redfield dan Jill Valentine kembali berduet sebagai karakter utama. Game ini berakhir dengan Jill dan Chris kembali ke Spencer Mansion, menyaksikan Albert Wekser membunuh Ozwell E. Spencer. Jill mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Wesker dan menyelamatkan Chris.

2009
Event Resident Evil 5 dimulai di Kijuju, Afrika, dengan karakter utamanya yaitu Chris Redfield dan Sheva Alomar. Mijini, penduduk di sini terinfeksi virus semacam Las Plagas yang ada di Resident Evil 4. Bunga yang sama yang digunakan untuk menciptakan Progenitor kini digunakan untuk menciptakan turunan virus baru yang disebut Uroboros. Dalam game ini, Albert Wesker berhasil dibunuh oleh Chris Redfield di gunung berapi. Resident Evil 5 sukes menjadi game Resident Evil terlaris sepanjang masa.

24 Desember 2012
Event Resident Evil 6 dimulai, berpusat pada tiga jalinan cerita. Kisah pertama seputar karakter Leon Kennedy dan rekan barunya Helena Harper. Kisah kedua seputar karakter Chris Redfield dan rekan barunya Piers. Dan kisah ketiga seputar karakter Jake Muller dan Sherry Birkin yang kini menjadi agen D.S.O.

Itulah tadi kronologis serial Resident Evil. Ternyata panjang juga ya sahabat gamer. Kronologis ini masih bisa terus berkembang mengingat Capcom selaku developer sepertinya tengah mengerjakan iterasi teranyar serial ini, Resident Evil 7. Jadi sekarang sahabat gamer tidak penasaran lagi kan dengan cerita Resident Evil. (cg)

Sumber: Paste Magazine

No comments:

Post a Comment

Designed By