Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, December 23, 2015

Daftar Game Paling Ditunggu di Tahun 2016

Selamat tinggal tahun 2015, selamat datang tahun 2016. Tahun 2015 menjadi tahun yang penuh pengalaman menarik bagi para gamer, lewat berbagai game berkualitas yang rilis di tahun ini. Saking banyaknya, mungkin ada game di tahun 2015 yang belum sempat dimainkan atau diselesaikan.

Kalau seperti itu kasusnya, sepertinya sahabat gamer mesti cepat-cepat memainkan game-game tersebut. Pasalnya, tahun 2016 nanti juga bakal dipenuhi game-game menjanjikan yang tentunya bakal membuat penasaran dan seru untuk dimainkan. Mulai dari sekuel XCOM, Uncharted, game mobile Pokemon, hingga penerus spiritual Mega Man, setidaknya ada 36 game yang layak dinantikan kedatangannya di tahun 2016. Berikut ini daftar video game yang paling ditunggu di tahun 2016 selengkapnya.



Resident Evil Origins Collection
Dua game Resident Evil yang sebelumnya hanya bisa dimainkan pemilik GameCube, yaitu Resident Evil Remake dan Resident Evil Zero bakal hadir untuk gamer PS4, Xbox One, dan PC, 22 Januari 2016. Dalam kemasan koleksi ini, kedua game tersebut bakal dipoles dengan tampilan HD dan remaster. Tentunya kehadiran game ini telah dinantikan para penggemar survivar horor ini yang belum sempat memainkannya dikarenakan eksklusivitas konsol. Resident Evil Remake merupakan game perdana Resident Evil yang dibuat ulang dengan kualitas grafis dan audio yang lebih bagus, dengan atmosfer yang lebih seram, dan perbaikan voice acting yang lebih bagus. Sementara Resident Evil Zero merupakan prequel serial Resident Evil yang mengisahkan duo Rebecca Chambers dan Billy Coen saat wabah zombi pertama kali merebak.


XCOM 2
Sekuel dari game tactical shooter XCOM: Enemy Unknown bakal menghadirkan kembali pasukan elit XCOM, kali ini sebagai pemberontak untuk mengalahkan pasukan alien yang telah berhasil menguasai planet Bumi. Greg Foertsch dari Firaxis selaku developer game ini mengatakan, game baru ini semua tentang taktik hit-and-run. Jumlah musuh lebih banyak dari kalian, lebih bersenjata, dan lebih unggul dari segi penguasaan medan. Jadi kalian butuh menembak dengan cepat dan segera menyingkir sebelum bala bantuan alien datang. XCOM 2 bakal membawa serial ini kembali ke akarnya pada 5 Februari di PC dan Mac.


Deus Ex: Mankind Divided

Deus Ex: Human Revolution bisa dibilang lebih baik dari apa yang dikenal mengenai serial ini. Game ini sekaligus membuka tahun 2007, sebuah era di mana setiap serial mulai dari genre RPG hingga game-game strategi berubah menjadi game shooter. Human Revolution jadinya bukan sekadar FPS tanpa arti, melainkan sebuah perpaduan keren dari cerita, permainan peran, aksi, dan spionase. Deus Ex: Mankind Divided kemungkinan juga bakal melanjutkan kesuksesan ini dan mungkin skalanya jadi lebih besar, mengingat tim yang mengerjakannya masih sama. Siap beraksi pada 23 Februari di PS4, Xbox One, dan PC.


Mirror’s Edge Catalyst

Selalu menyenangkan bila game yang mendapat label ‘cult classic’ bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk menjadi sorotan. Game Mirror's Edge pertama mengantarkan sebuah konsep yang baru dan patut diapresiasi dalam game parkour dengan sudut pandang first-person. Memang, nyatanya mereka yang memainkan game ini begitu menyukainya. Tapi sayangnya, jumlah gamer yang telah memainkan game ini terbilang sedikit. Dan sampai saat ini ide yang disajikan dalam Mirror's Edge belum kembali dihadirkan menjadi sesuatu yang lebih baik. Tapi itu sebelum Mirror's Edge Catalyst diumumkan, di mana versi reboot game ini yang dikembangkan oleh DICE dengan engine Frostbite 3 terlihat cukup bagus untuk menarik para gamer kembali berlari. Nantikan tanggal 23 Februari di PS4, Xbox One, dan PC.


Tom Clancy’s The Division

Sebuah virus mematikan telah merebak dan menyebar ke seluruh Amerika Serikat di Black Friday, menyebabkan pemerintahan kolaps hanya dalam hitungan hari. Menanggapi hal ini, apa yang tersisa dari organisasi yang disebut The Division harus mengembalikan kestabilan hukum dan membantu mencegah kekacauan berikutnya. Tentu saja ini artinya menjelajahi kota New York yang ditinggalkan bersama kawan-kawan dan berburu harta yang menakjubkan sebagaimana Destiny. The Division hadir pada 8 Maret untuk PS4, Xbox One, dan PC.


Tom Clancy’s Ghost Recon: Wildlands


The Ghosts telah kembali, dan kali ini mereka bebas menjelajahi daratan. Wildlands adalah game military shooter bergaya open-world, di mana kalian mesti memilih cara-cara tertentu untuk setiap misi yang ada. Game ini didesain untuk skuad yang terdiri empat orang, dan kawan-kawan kalian bisa ikutan bergabung untuk membantu kalian kapan saja, walaupun AI akan mengambil alih peran ini bila kalian hanya ingin beraksi sendirian saja di game ini. Game ini mengambil banyak elemen dari game-game Ubisoft lainnya, seperti Far Cry dan Assassin’s Creed. Jadi sah saja bila kalian mengharapkan banyak mini-missions, side-ops, dan cara-cara berbeda untuk setiap pbjektif yang ada. Wildlands bakal dirilis untuk PS4, Xbox One, dan PC, dengan tanggal rilis yang masih belum ditentukan.


Quantum Break

Sebuah game cinematic dari Remedy, developer yang mengembangkan game keren Max Payne dan Alan Wake. Quantum Break berkisah tentang manusia yang memiliki kemampuan super memanipulasi waktu, dan dengan kekuatannya ini mencoba membela kebenaran yang diyakininya melawan korporasi jahat. Gameplay dengan elemen manipulasi waktu inilah yang membuat para gamer penasaran. Game action yang bakal dirilis bersamaan dengan serial TV digitalnya ini bakal bisa dimainkan eksklusif di Xbox One pada 5 April 2016.



Uncharted 4: A Thief's End

Awalnya direncanakan rilis di musim liburan 2015, A Thief's End baru akan membawa kalian mengikuti kisah terakhir Nathan Drake terhitung Maret 2016. Tentu masih belum jelas apa yang dimaksud dengan subjudul gamr ini, di mana saudara Nathan yang telah lama hilang, Sam juga hadir sebagai pencuri. Hal ini memunculkan pertanyaan, karier pencuri yang mana yang bakal berakhir? Yang sudah bisa dipastikan adalah bahwa Sam meyakinkan Drake untuk kembali berburu harta karun di tepian Madagaskar. Dengan demo yang keren menyajikan aksi kejar-kejaran mobil, tentu seri keempat Uncharted ini layak untuk ditunggu.


Street Fighter V

Setelah memberikan kehidupan baru pada genre fighting lewat Street Fighter IV yang rilis tahun 2008, developer Capcom kini kembali berada di posisi yang menarik dengan sekuel game ini yang akan segera hadir ke tangan gamer. SFIV menemui kesuksesannya dengan kembali ke dasar, menjadikan segalanya dalam game ini terasa sederhana. Tapi sekuel membutuhkan ide-ide baru, dan Street Fighter V menyajikan perubahan focus attack mechanic dengan tiga desain baru: V-Triggers, V-Skills, dan V-Reversals. Sejauh ini hasilnya terasa seperti perpaduan antara Injustice: Gods Among Us dan serial Street Fighter Alpha, dengan fokus berat memberikan masing-masing petarung gimmick individual. Dan bila itu belum cukup membuat kalian tertarik, selalu ada R. Mika. Game fighting yang sebelum dirilis sudah mendapat sensor ini bakal hadir di arena PS4 dan PC terhitung mulai Maret 2016.



Yooka-Laylee

Sudah cukup lama para penggemar Rare memimpikan adanya game Banjo-Kazooie terbaru seperti Banjo-Tooie yang mengesankan. Sayangnya, game seperti ini belum pernah terwujud, alih-alih sekuelnya yaitu Nuts and Bolts jauh dari harapan. Tapi di tahun 2016 penantian itu sepertinya akan berakhir. Sebuah game yang benar-benar baru berjudul Yooka-Laylee, dibuat oleh Playtonic Games, developer baru yang terdiri dari sekelompok mantan pegawai Rare, digadang-gadang bakal memuaskan dahaga para penggemar Banjo-Kazooie. Disebut menyajikan gameplay ala Banjo-Kazooie, game yang dikembangkan lewat kampanye Kickstarter ini bakal dibintangi duo baru yang terdiri dari kelelawar dan kadal, dalam perjalanan mereka mengumpulkan halaman buku yang disebut "Pagies". Pengalaman ala Banjo-Kazooie ini bakal bisa dirasakan Oktober 2016 di PS4, Xbox One, Wii U, PC, dan Mac.



Divinity: Original Sin 2

Sebuah follow-up dari game RPG klasik Divinity: Original Sin, sekuel ini dengan mudah meraih tujuan Kickstarter dan kelihatannya bakal dibangun dengan taktik manipulasi impresif sebagaimana pendahulunya. Kali ini, temanya adalah bagaimana asal-usul berdampak pada diri kalian dan kesempatan-kesempatan apa yang kalian dapatkan dalam kehidupan. Dan ya, kalian bisa mengeksploitasi kelemahan-kelemahan karakter dalam mencapai tujuan. Tapi penantian penggemar Divinity tampaknya masih terbilang lama, mengingat game ini baru akan dirilis pada Desember 2016 untuk PC.



Crackdown 3

Salah satu game open-world keren yang jarang dibicarakan media ini bakal kembali lagi di tahun 2016. Sandbox bergaya urban sandbox yang ada di semesta Crackdown berkisah tentang upaya menjatuhkan sindikat jahat dengan cara yang unik. Dengan kekuatan yang dimiliki Xbox One, Crackdown 3 memungkinkan kalian sebagai polisi super membersihkan jalanan dari kejahatan degan cara-cara sekacau mungkin. Porsi multiplayer dari game ini menggunakan kekuatan mistis dari cloud computing untuk membantu perhitungan efek runtuhnya bangunan. Bila cloud integration bekerja sebaik yang tampak pada beberapa demonya, bukan tidak mungkin game ini bisa mengubah Xbox One menjadi konsol terkuat yang pernah dibuat.


Dark Souls 3

Sang master telah kembali. Setelah berperan sebagai pendukung dalam pengembangan Dark Souls 2, Hidetaka Miyazaki dari From Software kembali ke kursi sutradara untuk iterasi berikutnya dari saga Dark Souls, yang kemungkinan juga menjadi yang terakhir. Aksi pamungkas dari waralaba action-RPG legendaris ini memiliki banyak hal untuk menjadi salah satu yang begitu dinantikan gamer. Menariknya ada banyak referensi dari Bloodborne yang tampak dalam game ini. Jadi siap-siap saja mengharapkan bukan hanya menghajar iblis, tapi juga menemukan beberapa desain musuh terbaik yang pernah ada di PS4, Xbox One, dan PC.



Doom

Bila kalian mencari darah, kekerasan, shotgun, dan lebih banyak darah, game terbaru Doom sepertinya memiliki semua itu. Dalam demo gameplay E3 2015, Doom tampak menjanjikan, dengan tampilan iblis yang hancur dengan tembakan shotgun. Doom kelihatan tetap sebagaimana game perdananya dengan mekanik game old shooter, memaksa kalian mengambil armor dan health packs. Tapi ada fitur baru yang ditambahkan di mana kalian bisa menembak dengan gerakan ekseskusi yang mengerikan, yang memungkinkan kalian menginjak kepala dan mencabut lengana dari musuh yang tengah lumpuh. Darah dan kekerasan itu bakal bisa kalian saksikan lewat PS4, Xbox One, dan PC, dengan tanggal rilis yang belum ditentukan.


Dishonored 2

Dalam presentasi awal Bethesda di konferensi pers E3 2015, perusahaan game ini mendapat banyak perhatian dengan pengumuman Doom, Fallout 4, dan satu lagi, Dishonored 2, sequel dari game Dishonored yang rilis tahun 2012. Berlatar satu dekade lebih setelah akhir game pertamanya, Dishonored 2 bakal menyajikan dua karakter utama yaitu Corvo, karakter utama Dishonored yang sudah dikenal sebelumnya dan and Emily Kaldwin, yang mungkin bisa dibilang merupakan muridnya. Masing-masing karakter memiliki jalinan cerita yang berbeda dan kekuatan yang berbeda. Petualangan terbaru Corvo bakal bermula musim semi 2016 untuk PS4, Xbox One, dan PC.


Final Fantasy XV

Saat Final Fantasy XV bakal tiba di tahun 2016, game ini telah melewati pengembangan selama sepuluh tahun lamanya. Di samping perubahan judul, pergantian platform, dan sutradara baru yang mengambil alih proyeknya, sepertinya game ini memang layak untuk dinanti-nantikan kedatangannya. Sutradara Hajime Tabata bisa dibilang cukup berani untuk mengambil risiko dengan serial kenamaan Square Enix ini, di mana dia menggabungkan perpaduan aneh dari melodrama manga dengan dokumenter perang pada iterasi teranyarnya, Final Fantasy Type-0. Tema-tema menarik dari aksi anime bombastis dan persahabatan antar lelaki mengantarkan game ini dalam sebuah perjalanan yang penuh dengan mobil, kemah, dan makan malam di pinggi jalan. Semua itu menjadikan Final Fantasy XV sebuah game yang ambisius, sangat unik bukan hanya dalam serial ini, melainkan juga dalam genre RPG secara keseluruhan. Setelah penantian panjang, game ini bakal hadir di PS4 dan Xbox One di tahun 2016, kalau memang Square Enix bukanlah PHP tentunya.



Gears of War 4

Game action third-person shooter Gears of War kembali lagi di iterasi keempatnya di tahun 2016. Gears of War 4 disebut-sebut bakal lebih kelam dan horor sebagaimana diperkenalkan serial ini di awal kemunculannya. Belum cukup banyak yang bisa diketahui dari game ini di samping fakta bahwa dua karakter utamanya, Kait dan JD, bertarung melawan makhluk-makhluk aneh di koridor-koridor gelap dengan senjata familiar dalam serial ini. Studio yang bertanggung jawab untuk waralaba ini, yang kini berganti nama menjadi The Coalition, dipimpin oleh Rod Fergusson, mantan Director of Production di Epic Games, yang telah mengerjakan serial ini sejak game perdananya. Aksi baku tembak melawan locust ini bakal tersedia di musim liburan untuk Xbox One.


Halo Wars 2

Halo Wars 2 berada di peringkat cukup tinggi dalam daftar sekual yang tidak diduga-duga bakal hadir di tahun 2016. Game Halo Wars pertama memang bukan game yang jelek, tapi tidak benar-benar menawarkan hal baru bagi penggemar Halo maupun pemain RTS dikarenakan taktik terbatas dan eksklusivitas konsol. Halo Wars 2 sepertinya bakal mengubah seri spinoff ini dalam cara-cara yang sangat penting. Pertama, game ini bakal hadir di Xbox One dan PC pada musim gugur 2016. Kedua, game ini dikembangkan oleh Creative Assembly, studio di balik waralaba Total War. Orang-orang ini tahu apa yang mesti dilakukan, dan tentunya bakal memberikan harapan bagi Halo Wars 2 untuk menjadi lebih kompleks dan menjadikan genre RTS lebih kuat dibandingkan game-game sebelumnya.


Homefront: The Revolution

Pengembangan Homefront: The Revolution terbilang panjang dan menemui banyak masalah. Tapi toh akhirnya game ini bakal segera bisa dimainkan di tahun 2016. Kota bergaya open world yang begitu luas menjadikannya serasa Far Cry dengan lingkungan gerilya dan itu cukup bagus. Philadelphia di tahun 2029 dikuasai oleh Republik Koreadan kalian bersama sekelompok pemberontak mesti mengambil alih kota dengan peledak di tangan. Seperti Mad Max, segala sesuatunya meledak di sini dan banhkan ada perangkat ledakan yang bisa dikendalikan dengan remote untuk menghadapi teknologi musuh yang lebih superior. Dambusters memfokuskan pada kustomisasi senjata pada setiap senjata kalian yang bakal terasa menyenangkan. Aksi yang ada jelas sangat kacau, dengan drone-drone musuh datang dan membuat kalian mesti melarikan diri untuk merencanakan serangan berikutnya. Penambahan sepeda motor untuk melintasi kota dan area-area Orwellian di peta untuk dijelajahi, dan game ini menjadi sebuah open world yang bakal menarik untuk dijelajahi bagi pemilik PS4, Xbox One, dan PC.



Horizon: Zero Dawn

Ini adalah game yang mungkin kalian harapkan dari tim di balik Killzone: game petualangan bertema post-apocalyptic di mana kalian bermain sebagai perempuan muda yang memburu robot-robot dinosaurus. Itulah konsep di balik Horizon, di mana kalian akan berburu mangsa mekanis hanya dengan busur, panah, dan gear lainnya yang bisa dikumpulkan dari objek buruan kalian. Karena kalian hanya memiliki peralatan primitif dalam lingkungan yang berbahaya,  kalian mesti pandai-pandai menggunakannya. Memasang jebakan-jebakan atau menggunakan kamuflase ketika konfrontrasi langsung berarti kematian di antara gigi-gigi taring monster besi. Belum banyak yang bisa diketahui dari game ini, tapi tentunya sebuah konsep yang menarik bagi para pemilik PS4.


LawBreakers

Setelah meninggalkan Epic Games pada 2012, Cliff Bleszinski membentuk studionya sendiri, Boss Key Productions. LawBreakers adalah upaya pertama dari studio baru ini yang menghadirkan game bergenre arena shooter yang cepat, futuristik, dan free-to-play. Ya sepertinya bakal mirip-mirip game Unreal Tournament dan Quake, LawBreakers menyajikan gaya klasik tersebut tapi juga meniru game shooter kontemporer seperti Overwatch and Call of Duty: Black Ops III di mana kalian bisa memainkan karakter-karakter unik dengan kemampuan-kemampuan khusus. Game ini baru akan diterbitkan Nexon di tahun 2016 khusus untuk pemilik PC.


LEGO Marvel's Avengers

The Avengers pada beberapa tahun belakangan menjadi fenomena Hollywood dan hal ini dipahami benar oleh LEGO. LEGO Marvel’s Avengers sekali lagi berkumpul dalam format yang konyol, kooperatif, yang kini didasarkan dari dua film Avengers yaitu The Avengers dan Avengers: Age of Ultron dan juga komik-komiknya. Game ini ditujukan sebagai selebrasi bagi apapun yang berkaitan dengan Avengers, bahkan sang kreator komik-komik Marvel Stan Lee juga turut hadir sebagai cameo sebagai Iron Stan. Dan semua kalangan gamer bisa merasakan keseruan game LEGO ini dalam waktu dekat, 26 Januari 2016 untuk beragam platform mulai dari Xbox One, Xbox 360, PS4, PS3, PS Vita, 3DS, Wii U, dan PC.


LEGO Worlds

LEGO Worlds sudah tersedia di Steam Early Access dan beginilah gambarannya, sebuah game sandbox yang memungkinkan kalian membangun lingkungan yang terbuat dari balok-balok LEGO. Akhirnya! Dunia-dunia yang ada dalam game ini dibuat secara generated dan bakal ada perangkat yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat surga LEGO yang selama ini selalu diimpi-impikan. Paling tidak kalian tidak perlu meningjak balok-balok yang terlepas lagi, karena itu rasanya sakit. LEGO Worlds bakal tersedia di PC dan kemungkinan juga hadir di konsol.


Mario & Luigi: Paper Jam

Mudah untuk melupakan bahwa Mario, maskot berkumis yang terjual jutaan kopi game dengan melompat melintasi Mushroom Kingdom, membintangi game RPG paling jenaka dan paling dinikmati yang pernah ada. Baik Paper Mario dan game-game Mario & Luigi dikenal karena humor dan serangan bertempo waktu, menekan sebuah tombol di waktu yang tepat bakal menghasilkan extra damage.  Paper Jam merupakan perpaduan RPG dari dua semestar game RPG Mario. Mengingat serial Paper Mario agak terasa aneh dengan dua seri terakhirnya, diharapkan game ini bakal mengembalikannya pada akar RPG sebagaimana mestinya. Kombinasi unik ini bakal hadir di 3DS pada musim semi 2016.


Mass Effect: Andromeda

Kisah Commander Shepard telah berakhir dan invasi Reaper telah menanti. Kini apa yang mesti dilakukan ras manusia? Tentu saja menjelajah luar angkasa. Dalam Mass Effect: Andromeda, kalian bakal memainkan karakter utama yang benar-benar baru dalam menjelajahi galaksi tetangga Bima Sakti, Andromeda. Belum banyak yang diketahui mengenai iterasi teranyar Mass Effect ini selain informasi bahwa game ini bakal rilis di PS4, Xbox One, dan PC di caturwulan terakhir 2016.


Mighty No. 9

Penggemar Mega Man sejati mungkin bakal kesulitan beradaptasi dalam transisi dari karakter klasik Blue Bomber ke android baru bernama Beck. Tapi semangat robot tempur itu jelas bakal terasa dalam Mighty No. 9. Game side-scrolling shooter klasik dengan gameplay platformer ini kini punya rumah baru, tapi spiritual successor ini masih di bawah pengawasan kreator Mega Man, Keiji Inafune. Setelah mengalahkan setiap bos, Beck mendapatkan Mighty Skill yang memungkinkannya mengambil wujud tambahan seperti tnak, atau mengubah lengannya untuk mendapatkan kekuatan magnetik. Setiap ability barunya memberikan akses pada area yang sebelumnya tertutup dan memunculkan titik-titik lemah musuh. Mighty No. 9 tersedia Maret 2016 untuk PC, Xbox One, PS4, PS3, Wii U, Vita, dan 3DS.


Overkill's The Walking Dead

Overkill’s The Walking Dead punya misi mengantarkan pengalaman melawan zombi yang gamer butuhkan dan dengan dukungan penuh dari Robert Kirkman selaku kreator Walking Dead, developer Payday 2 mungkin bakal menyajikan sesuatu penuh darah yang spesial. Game aksi zombi ini merupakan game kooperatif berlatar post-apocalyptic Washington dalam semesta buku komiknya, bukan acara TV-nya. Overkill merupakan game FPS namun memiliki elemen-elemen stealth, survival horror dan headshot ketika kalian dan teman kalian mencoba bertahan di dunia yang penuh zombi lapar. Sejauh ini belum bisa diketahui apakah Overkill bisa menyaingi Walking Dead The Game dari Telltale, tapi tentunya menarik untuk ditunggu di PS4, Xbox One, dan PC.


Plants Vs. Zombies Garden Warfare 2

Kesuksesan yang tiada disangka-sangka dari spinoff Plants Vs. Zombies bergenre third-person shooter, Garden Warfare membawa game ini melahirkan sekuel. Seakan lingkungan pinggiran kota belum cukup menjadi arena pertempuran zombi dengan tumbuhan hidup, kali ini Garden Warfare akan membawa duel unik ini ke bulan. Beberapa unit baru hadir di seri keduanya ini, baik di sisi Plants maupun di sisi Zombies. Terserah kalian memilih beraksi dalam mode 24-player melee atau 4-player co-op, pembantaian halaman belakang ini jelas bakal panas. Garden Warfare 2 segera hadir di PS4, Xbox One, dan PC.


ReCore

Selain Mighty No. 9, di tahun 2016 Keiji Inafune juga hadir dengan game ReCore. Mirip dengan tema Horizon, ReCore dibintangi seorang gadis dengan teman anjing mekaniknya yang melakukan penjelajahan di lingkungan penuh limbah nuklir dan bertarung melawan makhluk-makhluk jahat terbuat dari besi. Meski belum banyak yang diungkap mengenai game ini, ada informasi mengenai mekanik game di mana kalian bisa memasukkan core companion kalian ke dalam robot-robot lain untuk mendapatkan ability baru. Selain dibuat oleh Inafking, sebutan Keiji Inafune, game ini juga dikerjakan oleh para pembuat game Metroid. Jadi bisa dibayangkan bakal seseru apa game ini saat dirilis di Xbox One pada Juni 2016 nanti.


Ratchet & Clank

Serial action-adventure kenamaan Insomniac ini bakal dihadirkan ulang di tahun 2016, hadir bersamaan dengan adaptasi film bioskop dengan sumber materi yang sama. Walaupun game Ratchet & Clank terbaru ini menghadirkan perpaduan platforming dan senjata-senjata aneh ke planet-planet yang belum pernah gamer lihat sebelumnya, game ini tampaknya bakal menjadi game yang memaksimalkan kemampuan visual PS4. Insomniac secara lengkap telah memodernisasi kontrol dan kamera, mengerjakan ulang setiap cutscene sekaliber film-film Hollywood. Penantian para penggemar serial ini berakhir 16 April 2016 di PS4.


The Last Guardian

Para penggemar fanatik PS2 pasti pernah memainkan dua game fenomenal yang kerap disebut sebagai yang terbaik di konsol tersebut, Ico dan Shadow of the Colossus. Nah, The Last Guardian merupakan pemungkas serial ini, yang telah melewati delapan tahun pengembangan. Sempat tak jelas kabarnya, akhirnya pada E3 2015 Sony mengungkap bahwa game ini hampir selesai dikerjakan dan bakal hadir untuk PS4 di tahun 2016. Dalam The Last Guardian, kalian akan memainkan anak laki-laki yang menjelajahi dunia fantasi yang tenang dan kosong bersama dengan makhluk meyerupai gabungan elang, singa, dan anjing. Informasi mengenai game ini masih misterius, namun sudah sangat ditunggu penggemar kisah epik dari serial game garapan Team Ico ini.


Pokemon GO

Pokemon akhirnya merambah ranah game mobile smartphone lewat Pokemon GO, sebuah game berkonsep Augmented Reality (AR) dari developer game Ingress, Niantic. Dalam game ini nantinya para game bisa merasakan menjadi seorang trainer Pokemon di dunia nyata, dengan para Pokemon hadir secara virtual di lingkungan sekitar melalui layar smartphone, Android maupun iOS. Pemain bisa menangkap Pokemon di alam liar, bertarung melawan para pemain lain dengan sistem PvP, dan mengikuti event-event yang telah direncanakan oleh The Pokemon Company. Pokemon GO merupakan sebuah langkah besar dari Nintendo yang kehadirannya telah lama dinantikan para penggemar serial ini. Bahkan sebelum dirilis tahun 2016, game ini telah menjadi salah satu game paling dicari di Google sepanjang tahun 2015.


Pokken Tournament Wii U

Nintendo bekerja sama Namco membuat sebuah game fighting ala Tekken, namun kali ini para petarungnya adalah monster-monster ikonik dari serial RPG kenamaan, Pokemon. Dan ya, kalian akan menemukan Pikachu bertarung dengan Pokemon-Pokemon lainnya seperti Lucario dan Gengar dengan gaya pertarungan ala Tekken. Game ini sudah rilis di Arcade khusus di Jepang, dan baru akan rilis di luar Jepang untuk konsol Nintendo Wii U pada musim semi 2016, bersamaan dengan kontroler khusus.


Star Fox Zero

Iterasi teranyar dari serial pertempuran pesawat luar angkasa ini awalnya direncanakan rilis November 2015. Namun nyatanya game ini masih membutuhkan waktu pengembangan, sehingga perilisannya diundur April 2016. Star Fox Zero masih tetap dibintangi Fox McCloud bersama rekan-rekannya di Arwing. Dalam Star Fox Zero, Arwing bisa berubah menjadi sejenis walker untuk pertarungan darat, dan memaksimalkan penggunaan Wii U GamePad.



The Legend of Zelda Wii U

 
Sudah tidak bisa dimungkiri lagi, para pemilik Wii U sudah sangat menantikan game The Legend of Zelda terbaru untuk konsol terkini Nintendo ini. Konon, The Legend of Zelda Wii U bakal berkonsep open world, dan bakal memaksimalkan kemampuan grafis HD yang dimiliki Wii U. Game ini disebut-sebut menjadi game Zelda terbesar yang pernah ada, dengan elemen-elemen lingkungan yang saling terhubung satu sama lain sebagaimana game pertama The Legend o f Zelda. Setelah melalui banyak penundaan, The Legend of Zelda Wii U akhirnya diumumkan bakal rilis di tahun 2016. Ada juga yang menyebut game ini bakal hadir dalam dua platform sekaligus yaitu Wii U dan konsol terbaru yang sedang dikerjakan Nintendo, NX.


Far Cry Primal

Ubisoft bakal menghadirkan suasana baru dalam waralaba action mereka, Far Cry, lewat iterasi teranyar Far Cry Primal. Berbeda dengan game-game sebelumnya di serial ini, Far Cry Primal mengambil latar waktu dan tempat jauh ke masa lalu, tepatnya di zaman prasejarah, zaman manusia gua. Di sini pemain akan memainkan karakter bernama Takkar, seorang ksatria yang memiliki kemampuan menjinakkan hewan-hewan buas dari era tersebut seperti Sabretooth dan Mamooth. Dalam petualangannya, Takkar bisa menggunakan binatang-binatang tersebut untuk menghadapi binatang lainnya atau mengalahkan musuh-musuh dari kelompok manusia. Versi PS4 dan Xbox One game ini rilis tanggal 23 Februari 2016, sementara versi PC-nya rilis tanggal 1 Maret 2016.


Persona 5

Selalu ada tempat di hati gamer Indonesia bagi Persona, termasuk seri terbarunya Persona 5. Game yang merupakan bagian dari waralaba Shin Megami Tensei ini awalnya direncanakan rilis tahun 2015, namun diundur hingga musim panas 2016 untuk konsol PS3 dan PS4. Seri kelima Persona ini bakal menghadirkan kehidupan remaja di sekolah menengah, dengan diselipi drama percintaan yang romantis. Tidak seperti game Persona sebelum-sebelumnya, Persona 5 mengisahkan para remaja yang mengalami kejadian-kejadian tak terduga karena keadilan yang mereka percayai.
*****


Itulah tadi daftar game paling ditunggu di 2016. Sebagian besar game yang rilis tahun 2016 merupakan iterasi teranyar dari waralaba yang sudah ada sebelumnya, namun ada juga serial-serial baru yang memulai debutnya di tahun 2016. Selain yang tertera dalam daftar di atas, tentu masih banyak game yang bakal dirilis di tahun yang baru seperti Unravel, Dead Island 2, Scalebound, Battleborn, Star Citizen, Final Fantasy Explorers, Hitman, The Witness, Cuphead, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagaimana menurut sahabat gamer? Game apa yang paling kalian nantikan di tahun 2016? (cg)

Sumber: GamesRadar+, The Game Awards 2015 World Premier

No comments:

Post a Comment

Designed By