Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, November 23, 2015

Review: Yo-Kai Watch

PENUH PESONA ALA POKEMON.
Yo-Kai Watch penuh dengan pesona, monster-monster untuk dijadikan teman, mekanik pertarungan yang unik, dan gameplay yang bakal terus membuat para pemainnya tertarik. Dan ya, judul ini memiliki banyak kelebihan.

Ada banyak waralaba yang ditujukan sebagai ‘pembunuh’ Pokemon, tapi tidak ada yang benar-benar diyakini mampu melakukannya. Tidak ada, sampai Yo-Kai Watch tiba dan mampu melampaui penjualan Pokemon di Jepang. Melihat kesuksesannya, tidak heran bila Big N, julukan Nintendo, membawa judul ini ke luar negeri matahari terbit. Dan sekarang judul RPG ini telah tersedia di rak-rak toko di seluruh dunia untuk Nintendo 3DS.

Di luar hingar-bingarnya, gameplay dalam Yo-Kai Watch mengalir lebih cepat, dengan banyak tugas yang menjadikannya familiar setelah kalian lama memainkannya. Bahkan, pesona karakter-karakter yang ada, sistem pertarungan yang unik, dan sejumlah monster yang bisa dikumpulkan, secara konstan memunculkan suasana yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Pertama-tama dan yang paling penting, kalian akan diperkenalkan dengan sistem pertarungannyanya. Kalian bisa menggunakan tim yang berisi enam monster untuk setiap pertarungan. Kalian bisa secara konstan mengganti Yo-Kai untuk membuat skuad kalian tetap sehat. Lebih dari tiga karakter yang bisa berpartisipasi dalam sebuah pertarungan secara bersamaan, dengan keseluruhan tim ditempatkan pada sebuah roda, memungkinkan kalian untuk memutar Yo-Kai berubah menghebohkan dan mendapatkan perhatian. Beragam makhluk juga lemah terhadap kondisi yang berbeda-beda yang dimiliki setiap monster. Dengan ikatan yang terbangun antara pasangan-pasangan monster yang berdekatan dan termasuk dalam kategori yang sama. 
Salah satu aspek paling menarik dari rancangan ini adalah betapa intens pertarungan yang terjadi, dan semakin intens saja khususnya selama pertemuan melawan boss. Monster-monster raksasa ini tidak bisa ditambahkan ke party kalian, tapi mereka cukup tangguh untuk menjatuhkan keseluruhan tim. Dan hasilnya, monster-monster ini menjadi tantangan-tantangan terbaik dalam game ini, dan memastikan para pemainnya untuk menaruh perhatian penuh dalam konfrontasi di dalam permainan.

Tentu saja, sebagaimana game RPG ala Pokemon yang kerap dibandingkan dengan game ini, elemen penting game ini datang dari mendapatkan makhluk-makhluk yang ada dan bertarung menggunakannya. Ada sejumlah monster yang muncul di permainan terakhir, meskipun berteman dengan mereka semua bisa dibilang sebuah tantangan yang sulit. Semakin cepat kalian memahami metode permainannya, menambahkan Yo-Kai liar tidaklah semudah melemparkan sebuah Pokeball kepada mereka. Sebaliknya, kalian bisa memberikan roh-roh ini item-item makanan untuk meningkatkan potensi bisa berteman dengan mereka.


Sistem ini terbilang menantang dalam sensasi yang bakal membuat kalian bakal terus bermain melakukan grinding untuk mengumpulkan setiap medali Yo-Kai dalam game ini. Dengan tetap saja hal ini begitu luar biasa menantang dalam hal mengumpulkan beberapa makhluk yang ada. Untungnya, cerita game ini secara konstan memberi kalian perpaduan monster-monster berbeda yang bakal membuat tim kalian kuat dan koleksinya terisi. Memang hal ini tidak bisa didapatkan melalui ceritanya, meski begitu cukup memberikan alasan kepada kalian untuk menjelajahi dunia dalam game ini untuk mencari mereka.

Dunia yang ada dalam game ini merupakan salah satu aspek paling menarik untuk keseluruhan permainan. Di samping menemukan dan melengkap misi-misi sampingan melalui Yo-Kai Watch, the narasi progresnya secara mengejutkan terkesan gelap, di samping betapa imutnya permainan ini. Di sepanjang jalan, karakter utama bakal menyaksikan orang tua mereka berdebat dikarenakan salah satu monster, sementara maskot serial ini, Jibanyan adalah roh seekor kucing yang tertabrak kendaraan dan kini mesti pergi ke kemacetan kapanpun ada kesempatan. Ada beberapa latar belakang cerita yang benar-benar gelap untuk setiap karakter, tapi presentasinya mempertahankan cerita-cerita ini layak disimak para pemain yang lebih muda.


Di samping atraktifnya dunia yang ada di game ini, misi-misi dalam Yo-Kai Watch begitu cepat terasa berlebihan. Dari waktu ke waktu, karakter utamanya akan menemukan diri mereka melengkapi tugas-tugas yang ada dengan melacak Yo-Kai yang tak terlihat, menghadapi monster boss, atau mengumpulkan item-item, yang pada akhirnya membawa game ini dalam suatu tren yang keseluruhannya sudah bisa ditebak. Ini adalah kelemahan terbesar game ini, meskipun pengenalan pada beragam karakter yang ada menjadikannya sedikit lebih mudah.
~~DATA GAME~~
JUDUL: Yo-Kai Watch
DEVELOPER: Level-5
PUBLISHER: Level-5, Nintendo
PLATFORM: Nintendo 3DS
RILIS: 6 November 2015
GENRE: Role Playing Game
MODE: Single-player, multiplayer

CumaGamer Score: 9 dari skala 10.

Yo-Kai Watch secara keseluruhan adalah sebuah upaya berbeda dalam penggunaan formula RPG standar yang sudah ada sebelumnya, dengan banyaknya daya tarik yang ada dalam dunia yang diciptakannya. Bisa dibilang, banyak tugas membutuhkan hal-hal yang sama terus-menerus, yang menjadikan gameplay-nya sendiri minim hal-hal bagi mereka yang ingin meneruskan alur ceritanya. Dengan duel-duel cepat dan pendekatan baru dalam genre ini, judul teranyar dari Level 5 ini jelas layak untuk mendapat perhatian. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By