Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Monday, November 23, 2015

PS4 Dipakai untuk Teror Perancis?

Fitur chat PlayStation 4 (PS4) dituding digunakan dalam mengendalikan aksi teror yang menghantam Paris, Perancis 13 November lalu. Pihak Sony selaku pengembang konsol game ini pun segera memberikan respon terkait tudingan tersebut. Berikut beritanya dirangkum CumaGamer.com.

Sony mengeluarkan pernyataan terkait tudingan yang menyebut PS4 digunakan sebagai bentuk komunikasi satu sama lain dalam persiapan untuk serangan teroris di Paris. Perusahaan ini menyadari bahwa sistem obrolan kelompok ini memiliki potensi penyalahgunaan. Namun Sony meyakinkan para konsumennya untuk melaporkan kepada aparat berwenang bilamana menemukan hal-hal yang mencurigakan. 


Meski sedikit yang mengetahui tentang potensi hubungan Sony dan PS4 atas serangan-serangan teror di Paris, rumor mulai merebak, sebagaimana dilaporkan oleh Forbes. Menurut majalah ini, sebuah PS4 ditemukan sepanjang serangan, tapi kenyataannya hal tersebut tidaklah benar. Faktanya, serangan yang dilaporkan Forbes tersebut dikutip sebelum serangan ISIS terjadi, di mana sebuah PS4 ditemukan.

Hal ini bukan berarti PS4 tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi bagi teroris. Akan tetapi koneksi-koneksi terhadap serangan-serangan Paris 13 November lalu sejauh ini masih belum bisa dipastikan. Sementara data yang ada sejauh ini belum bisa memperkuat dugaan ini. Ada banyak aplikasi peer-to-peer atau P2P yang dimonitor ketat oleh agen keamanan nasional, PS4 Cuma salah satu di antaranya. Meski begitu, melihat pada cara kerjanya, fitur chat Sony sulit untuk diawasi dan bergantung pada partisipasi para penggunanya.

“PS4 memungkinkan komunikasi antar teman dan para gamer, sebagaimana yang bisa dilakukan dengan perangkat modern lainnya, hal ini berpotensi untuk disalahgunakan. Meski begitu, kali bertanggung jawab untuk melindungi para penggunanya secara serius dan kami meminta para pengguna serta partner kami untuk melaporkan aktivitas-aktovotas yang mungkin terasa ofensif, mencurigakan, atau ilegal. Ketika kami mengidentifikasi kondisi seperti itu, kami berkomitmen untuk mengambil langkah yang tepat dengan dibantu aparat-aparat berwenang dan akan terus melakukannya,” ungkap manajemen Sony.

Karena alasan-alasan itulah banyak kelompok teroris ditengarai menggunakan PS4 untuk berkomunikasi. Ya, teknologi yang sama yang digunakan para gamer untuk mengoordinasikan serangan kelompok di game Destiny tersebut di satu sisi disebut mendukung rencana teroris. Sayangnya, inilah sisi lain produk-produk dunia yang kita tinggali. 

Lokasi teror di Paris dipenuhi karangan bunga.
Terkait hubungannya dengan serangan-serangan di Paris, beberapa analis meyakini bahwa PS4 turut berperan dalam aksi teror ini. Tetapi, sejauh ini belum ada cukup bukti untuk mendukung tudingan-tudingan ini. Meski begitu, saat semua orang tengah berduka akibat tragedi menyedihkan di Paris, patut rasanya bagi Sony untuk muncul dan memberikan konfirmasi terhadap berita yang tersiar.

Bagi Sony, koneksi apapun antara PS4 dan aksi terorisme bakal berpengaruh buruk, khususnya pada waktu-waktu yang sangat penting di tahun keuangan ini. Saat ini Sony berupaya menjual unit PS4 sebanyak mungkin, yang menjadi sebab utama mengapa mereka menurunkan harga konsol generasi terkininya tersebut beberapa pekan lalu.

Raksasa elektronik asal Jepang ini mungkin tengah memimpin dalam hal penjualan secara keseluruhan, tapi Sony menyadari Microsoft membuat langkah solid akhir-akhir ini. Pada bulan Oktober saja, Microsoft Xbox One mengalahkan PS4 dalam hal penjualan konsol, dikarenakan sumbangsih besar dari perilisan Halo 5. Dan tentunya bukan kejutan lagi bila Microsoft bisa mempertahankan prestasi ini hingga penghujung tahun, bila tidak ada alasan lain di luar meningkatkan penjualan Halo. Kedua konsol ini memang punya akses untuk semua rilisan besar tahun ini, tapi hanya satu saja yang menjadi game eksklusif berkualitas AAA.

Jadi, bisa saja sesuatu yang sebenarnya tidak ada apa-apa, dalam hal ini hubungannya dengan serangan teroris, bisa dibuktikan secara signifikan bila tidak ditangani dengan baik. Itulah kenapa Sony mengeluarkan pernyataan ini. (cg)

Sumber: Eurogamer, Forbes

No comments:

Post a Comment

Designed By