Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, November 14, 2015

Halo 5 Jadi Kemenangan Besar Xbox One

Microsoft mengungkapkan bahwa penjualan Halo 5: Guardians telah mencapai $400 juta, melampaui rilisan Halo sebelum-sebelumnya. Selain itu seri kelima Halo ini juga menjadi game eksklusif Xbox One dengan penjualan tercepat sampai saat ini.


Tidak bisa dimungkiri, Halo 5: Guardians adalah salah satu game yang paling dinantikan kehadirannya tahun ini. Di awal pekan lalu, terungkap fakta bahwa penjualan game ini telah melampaui Halo: The Master Chief Collection. Tapi bukan itu saja pencapaian impresif yang dicapai Halo 5. Microsoft juga mengumumkan bahwa Halo 5 juga menjadi perilisan terbesar dalam sejarah waralaba Halo.



Hanya dalam satu pekan, penjualan game Halo 5: Guardians berikut hardware-nya mencapai $400 juta atau setara Rp 5 triliun. Angka ini melampaui pendapatan dalam sepekan perilisan Halo 4 yang mencapai $300 juta. Meski begitu, perlu dicatat bahwa walaupun angka ini meliputi penjualan digital maupun ritel, paket bundel Halo 5 Xbox One juga termasuk dalam angka $400 juta tersebut. Sebagai tambahan untuk kontribusi yang besar pada penjualan keseluruhan waralaba Halo yang kini telah melampaui $5 miliar, Halo 5 juga menjadi game eksklusif Xbox One dengan penjualan tercepat yang pernah ada. Selain itu, Halo 5 juga menjadi penjualan game digital terbaik yang pernah ada di Xbox Store dalam pekan pembukanya.

Ditambah lagi, pekan pertama perilisan game ini menjadi tingkat pekan tertinggi untuk game first party di Xbox One dengan 12 juta jam telah dihabiskan user dalam campaign Halo 5, sementara 9 juta jam telah tercatat dalam fitur multiplayer game ini dengan jumlah user terdaftarnya mendekati angka 7 juta user.

Seakan belum cukup, Halo 5: Guardians kini memegang rekor dunia Guinness World Record sebagai peluncuran video game yang paling banyak disaksikan dengan 330 ribu unique streams di Twitch. Lebih dari 3 juta orang menyaksikan livestream Halo 5, sebuah statistik yang juga menandai kompetisi eSports kejuaraan Halo.
 
Salah satu statistik Halo 5 yang paling mengejutkan yang diungkapkan Microsoft adalah REQ Packs yang begitu kontroversial. Sistem Requisition dalam game ini memungkinkan para pemain menghabiskan point-pont yang mereka dapatkan dalam senjata dan gear baru, tapi para penggemar menjadi frustrasi ketika diumumkan bahwa REQ Packs juga bisa dibeli dengan uang sungguhan, dan mereka khawatir hal ini bakal memunculkan sebuah sistem membayar untuk menang. Tapi di samping reaksi negatif tersebut, Microsoft menyebut para penggemar Halo mengadaptasi sistem Requisition dengan berat, dengan lebih dari 45 juta REQ Packs telah terbeli, termasuk lebih dari 568 juta REQ Card. Namun masih belum jelas berapa banyak yang terjual dengan uang sungguhan.

Secara keseluruhan peluncuran Halo 5: Guardians bisa dilihat sebagai kemenangan besar bagi Microsoft. Sementara Sony masih berjuang dengan penjualan game-game PS4 di musim liburan ini seperti Rise of the Tomb Raider dan Fallout 4, Microsoft bisa menjual jutaan konsol Xbox One pada musim liburan ini. (cg)

Sumber: GameRant

No comments:

Post a Comment

Designed By