Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, November 25, 2015

Game PS2 Bakal Bisa Dimainkan di PS4

Kabar gembira bagi sahabat gamer pemilik PS2 dan PS4. Sony telah mengumumkan pernyataan resmi yang memungkinkan untuk memainkan game-game klasik PS2 di konsol PS4. Berikut ringkasan beritanya.

Ketika Microsoft mengumumkan game-game Xbox 360 bisa dimainkan di konsol Xbox One pada event E3 tahun ini, backward compatibility atau kompabilitas mundur sekali lagi menjadi ramai dibicarakan. Kini, ada pernyataan dari Sony yang menyebut perusahaan asal Jepang ini tengah mengerjakan fungsi yang sama untuk konsol PlayStation 4 yang memungkinkan konsol ini memainkan game-game PlayStation 2. 


Seorang perwakilan Sony berbicara pada Wired, menyatakan bahwa mereka tengah mengerjakan teknologi emulasi PS2 untuk membawa game-game PS2 ke generasi terkini. Namun sejauh ini belum ada informasi lengkap yang dibagikan Sony mengenai bagaimana dan kapan dukungan terhadap emulasi PS2 ini bisa dilakukan.

Konfirmasi ini kelihatannya dipilih lebih dikarenakan faktor strategi. Pasalnya sebelumnya Microsoft mengumumkan backward compability Xbox One bakal tersedia untuk semua penggunanya, serta telah diuji secara ekstensif dalam bulan-bulan terakhir baik oleh internal maupun program Insider. Pemilihan judul-judul yang tersedia untuk fitur ini akan diumumkan pada bulan-bulan ke depan. 

Belum ada kepastian apakah disk PS2 bisa digunakan di PS4.
Microsoft menawarkan para penggunanya akses pada judul-judul yang sebelumnya sudah dibeli secara digital tanpa biaya tambahan, memberikan alasan lain bagi pemilik Xbox 360 untuk melakukan upgrade. Hal ini akan berpengaruh pada bagaimana layanan Sony akan dibandingkan, mengingat game-game PS 2 tidak ditawarkan secara digital hingga perilisannya melalui PlayStation Network di PS 3. Sepertinya, pembelian game-game PS2 secara digital di PS3 ini bisa dibawa ke PS4. Walaupun belum ada kepastian apakah disk fisik PS2 akan bisa digunakan nantinya.

Di awal tahun ini, Sony mengatakan tidak mungkin mengubah pendekatan mereka dalam hal backward compatibility, sebuah keputusan yang banyak disangkutpautkan pada layanan rental perusahaan ini yaitu PlayStation Now. Namun menyadari respon positif dari keputusan Microsoft yang mengimplementasikan backward compability dengan baik, kelihatannya Sony tak bisa menahan lebih lama lagi untuk tidak mengubah keputusan mereka.

Bagaimana menurut sahabat gamer pemilik PS4? Game-game PS2 apa saja yang bakal kalian mainkan kembali di konsol terkini dari Sony ini? (cg)

Sumber: Wired

No comments:

Post a Comment

Designed By