Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, November 3, 2015

Amiibo Jadi Mainan Terpopuler di Dunia


Nintendo hingga kini telah mengirimkan lebih dari 21 juta figurin Amiibo ke seluruh dunia, sebagaimana diumumkan raksasan game asal Jepang ini sebagai bagian dari persentasi pendapatan teranyarnya. Produk mainan ini pertama kali diluncurkan tahun 2014, bersamaan dengan game Super Smash Bros. Wii U dan kini menjadi sebuah fenomena.
 
Lebih dari 10,5 juta unit mainan Amiibo dirilis Nintendo selama tahun ekonomi sebelumnya. Nintendo tengah berada dalam posisi melampaui angka tersebut di tahun ini, di mana penjualan Amiibo mencapai 10.6 juta unit di semester pertama tahun ekonomi saat ini. 


 

Pada caturwulan terakhir Nintendo ini, pengiriman Amiibo telah mencapai sekitar 6,4 juta units, angka tertinggi dalam satu caturwulan. Nintendo secara spesifik menyebut mainan Super Smash Bros. dan 30th Anniversary Mario sebagai produk teratas pada penjualan di Amerika Serikat, pasar Amiibo terbesar di dunia.

Presiden Nintendo Tatsumi Kimishima mengatakan, kesuksesan Amiibo pada caturwulan terakhir ini lebih mendapat perhatian dikarenakan musim liburan belum bermula. Meski begitu, dia menyadari pengiriman Amiibo tidak bergantung pada musim belanja akhir tahun. "Tren untuk produk ini terus dibeli tanpa melihat musim yang terus berganti, kata Kimishima.

Amiibo peringatan 30 tahun Super Mario Bros. disebut yang paling laris.
Nintendo juga megumumkan mainan-mainan Amiibo mana saja yang paling populer di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa berdasarkan penjualan kumulatif. Daftar ini turut meliputi kartu-kartu Amiibo terbaru, yang terbukti begitu populer di Jepang di mana permintaannya melebihi persedian yang ada. Meski begitu, daftar produk Amiibo terpopuler ini bisa jadi tidak akurat, karena Kimishima mengatakan masalah persediaan berdampak pada ketersediaan beberapa karakter di wilayah-wilayah tertentu.

Merujuk angka penjualan Amiibo berdasarkan wilayah yang ada, penjualan di Amerika Serikat memimpin dengan margin signifikan. Kimishima mengatakan, kesuksesan besar di Amerika disebabkan fakta bahwa pasar mainan tots-to life sudah lebih dulu populer di wilayah ini dengan game-game seperti Skylanders dan Disney Infinity.

Amiibo Animal Crossing berbentuk kartu.
"Pasar Amerika masih menyumbang setengah total penjualan. Tapi kalian bisa menyadari bahwa dari angka-angka di wilayah-wilayah selain Amerika Serikat, ketika produk toys-to life terlambang masuk ke sana, secara bertahap mulai mengalami peningkatan," jelasnya.

Sederetan mainan Amiibo dari Nintendo mungkin mengalami penjualan yang baik, namun belum mampu mendekati penjualan serial Skylanders dari Activision. Penerbit Call of Duty ini telah menjual lebih dari 240 juta mainan Skylanders menurut perhitungan teranyar mereka. Tentu saja hal ini dikarenakan Skylanders lebih dulu diluncurkan pada 2011, sementara Amiibo belum genap berumur satu tahun. Pasar toys-to-life sendiri saat ini terdiri dari Skylanders, Disney Infinity, Amiibo, dan pendatang terbaru, LEGO Dimensions dari  Warner Bros. 

Sekadar informasi, toys-to-life seperti Amiibo adalah produk mainan yang terdiri dari figurin dan kartu, yang bila dihubungkan pada video game dapat menghasilkan efek tertentu pada video game tersebut. Sahabat gamer ada yang koleksi mainan keren ini? (cg)

Sumber: GameSpot

No comments:

Post a Comment

Designed By