Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Sunday, November 29, 2015

10 Video Game Terbaik di Tahun 2015

Tahun 2015 bisa dibilang tahun yang menyenangkan untuk industri video game. Game-game yang rilis di tahun ini terbilang bervariasi dan berkualitas. Di antara ratusan game yang rilis di tahun ini, tentu ada beberapa game yang lebih menonjol dan banyak difavoritkan oleh para gamer maupun kritikus game.

Tahun 2015 bakal segera berakhir dalam hitungan hari. Dan untuk menutup tahun ini, CumaGamer.com menyusun daftar 10 video game terbaik yang rilis di tahun ini. Beragam platform yang ada menawarkan game-game berkualitas, baik di perangkat mobile maupun konsol rumahan. Pemilihan game terbaik ini didasarkan pada kualitas gamenya yang meliputi gameplay yang inovatif dan menantang, orisinalitas, grafis yang menawan, replay value, dan jalinan cerita yang menarik. 


Sebelumnya perlu sahabat gamer ketahui bahwa menentukan 10 judul terbaik di antara puluhan game terbaik yang ada di tahun ini bukanlah hal yang mudah. Karenanya daftar ini murni daftar game terbaik versi CumaGamer.com. Jadi mohon maaf bila game favorit kalian yang menurut kalian layak menjadi game terbaik tahun 2015 tidak ada dalam daftar ini. Dan langsung saja, inilah dia hitungan game terbaik tahun 2015 versi CumaGamer.com!

10. Monster Hunter 4 Ultimate
Seri keempat dari serial pemburu monster buatan Capcom ini merupakan salah satu killer-app untuk Nintendo 3DS. Fitur multiplayer interaktifnya membedakannya dari game-game berburu monster sejenis, di mana elemen kooperatis kerja sama tim begitu mengasyikkan dan adiktif untuk dimainkan. Game ini juga bisa dibilang mudah dimainkan bagi gamer pemula di seri ini, menjadikannya game terbaik dalam serial Monster Hunter.

9. Super Mario Maker
Game kreasi berlatar waralaba game terpopuler di dunia ini bisa dibilang mimpi yang menjadi nyata bagi para penggemarnya. Lewat Super Mario Maker, gamer bisa berkreasi menciptakan level-level game platformer Super Mario buatan mereka sendiri sesuai selera masing-masing, dan bisa membagikannya kepada para gamer di seluruh dunia, fitur yang pertama kali diperkenalkan Little Big Planet. Pilihan desainnya terbilang kaya dan bervariasi, mulai dari seri Mario 8-bit sampai generasi terkini Wii U. Dan sebagaimana game-game platformer klasik Nintendo sebelumnya, perangkat kreasi dalam Super Mario Maker begitu mudah untuk digunakan.


8. Ori & the Blind Forest
Ori & the Blind Forest merupakan contoh dalam keseimbangan tingkat kesulitan dengan sebuah cerita yang bakal langsung menghujam jauh ke sanubari gamer yang memainkannya. Memainkan game platformer berkonsep open-world ini bakal membawa gamer ke dalam situasi konflik, antara kontrol ketat yang membuatmu tak tahan berlari bebas ke dalam dunia yang lebat, dengan tingkat kedalaman dibalik latar belakang yang begitu artistik dan menawan, yang bakal membuatmu tetap berdiri diam dan mengagumi lingkungannya selama waktu yang lama. Derajat tantangan yang ada dalam game ini mungkin bisa membingungkan siapa saja yang tidak memiliki ketertarikan pada game platformer 2D kelas hardcore, tapi presentasi Ori yang begitu memesonakan hati dan memiliki daya tarik universal.


7. Everybody's Gone to the Rapture
 
Ada banyak hal yang bisa disaksikan di Everybody's Gone to the Rapture, mulai dari lansekap-lansekap yang indah, sinyal-sinyal bencana yang mencekam, dan potongan-potongan nostalgia Inggris tahun 1980-an, bakal mengaduk-aduk perasaan siapapun yang memainkannya. Saat kalian merasakan suasana kota Yaughtton yang kosong, kalian bakal menyaksikan hal-hal yang jarang ada dalam video game, yaitu sebuah apresiasi nyata untuk kehidupan, bahkan pada momen-momen terakhirnya. Rapture terpilih sebagai salah satu game terbaik tahun ini karena sentuhan emosionalnya, yang menunjukkan bukan hanya sebuah jalan hidup mulai dari awal sampai akhir, tapi juga setiap individu dalam jalan mereka masing-masing.


 6. Batman: Arkham Knight

Versi PC dari Arkham Knight mungkin belum juga bisa diperbaiki, tapi seri Batman teranyar ini jelas merupakan salah satu game terbaik yang rilis tahun ini. Walaupun sistem pertarungan dan stealth sekali lagi diperbarui dan diperluas dalam balutan kota hujan yang dibuat begitu indah, nyatanya desain elegan dari game ini tampak bagus bukan dalam komponen-komponen individunya, melainkan betapa bagusnya komponen-komponen ini saling berhubungan satu sama lain ibarat jaring laba-laba. Polesan terbaik secara keseluruhan dari game ini dan kontinuitasnya bisa dilihat dalam satu gerakan, dengan Batmobile menyusuri gang dan meluncur dalam penerbangan penuh, langsung melewati sebuah jendela, yang bisa disebut sebagai salah satu momen paling keren di tahun 2015.


5. Fallout 4
Bila dibandingkan game-game yang rilis di tahun yang sama dan yang hadir dalam platform yang sama, Fallout 4 jelas kalah dari segi visual. Tapi toh itu tidak mengurangi minat para gamer khususnya penggemar fanatik serial ini untuk memainkannya, yang di satu sisi menawarkan beragam pilihan permainan yang bukan hanya menantang sebagai seri-seri sebelumnya, tapi juga adiktif dan menuntut ketelatenan. Ya, Fallout 4 sekali lagi mengajak para gamer merasakan suasana pasca kehancuran nuklir, kali ini bersetting di Boston. Sekaligus bakal menguji kemampuan sosialisasi kita dalam membangun suatu faksi. Narasi ceritanya menjadi elemen kuat lainnya dari game ini, yang bakal membuat gamer betah memainkannya berlama-lama.


4. Bloodborne

Sebagian gamer menyebut Bloodborne benar-benar sulit. Tapi ada sebagian yang mengatakan game ini terbilang mudah. Kenyataannya ada di antara keduanya. Meminjam kompleksitas dari serial Dark Souls yang populer, mulai dari weight system, magic attacks, dan beberapa character di sana-sini, Bloodborne menghadirkan sensasi kesegaran yang lebih kasar, dengan pertarungan vital membutuhkan serangan tanpa akhir pada setumpuk perisai, bos-bos yang tidak bisa diprediksi yang memaksa kalian mengembangkan reflek berbarengan dengan mengingat pola. Oh, dan dunianya, atmosfernya terasa begitu mistis dan kompleks. Dikembangan untuk PS4 dari dasar, Yarnham yang penuh teka-teki terlihat seperti bangun dari mimpi buruk.


3. The Witcher 3: Wild Hunt

Di masa di mana pengalaman open-world begitu populer, The Witcher 3: Wild Hunt membawa fantasi tinggi pada ketinggian baru, dengan dunianya yang begitu besar dan kaya, serta jalinan cerita yang begitu menarik. Ada banyak misi sampingan yang tak terlupakan dan karakter-karakter pendukung yang begitu menyenangkan untuk menggoda gamer pada setiap kesempatan yang ada. Permainan pedang dan perapalan mantera terlihat begitu mengagumkan pada generasi terbaru, dan sistem upgrade yang dalam memberikan gamer begitu banyak pilihan untuk dimainkan. Mungkin ada beberapa isu yang mengganggu, seperti isu framerate yang bisa diselesaikan melalui patch, tapi kedalaman dari keseluruha pengalaman permainannya menjadikan The Witcher 3 adalah sebuah kemenangan di antara game-game action RPG sejenis.

2. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain 

 
CumaGamer.com sepertinya tak perlu mengulas lebih jauh mengenai game paling ditunggu di tahun 2015 ini. Sebelum dirilis, The Phantom Pain sudah mendapat begitu banyak nilai sempurna dari para jurnalis video game. Ini cukup membuktikan betapa berkualitasnya game yang konon menjadi seri terakhir Metal Gear dari Hideo Kojima ini. Gameplay dan sistem pertempurannya begitu inovatif dan menantang, sementara narasinya begitu brilian, menjadikan siapa saja yang memainkannya merasa terlibat langsung dalam sebuah pengalaman video game berkualitas film blockbuster Hollywood. Dengan ulasan yang begitu baik, bahkan sempurna, semestinya game ini berada di urutan pertama dalam daftar ini. Tapi ada satu game lagi, yang menurut CumaGamer.com lebih layak untuk posisi pertama. Dan game terbaik di tahun 2015 itu adalah...


1. Splatoon

Tidak, kalian tidak salah baca. Properti intelektual teranyar dari Nintendo ini memang dipilih CumaGamer.com sebagai game terbaik yang hadir di tahun 2015. Mungkin Splatoon tidak semegah The Phantom Pain atau The Witcher 3, tapi game penuh warna ini memiliki satu hal yang tidak dimiliki dua game tersebut: akses untuk semua kalangan. Kalian bakal menemukan adegan penuh kekerasan dan darah dalam The Phantom Pain, dan kalian pasti bakal menemukan adegan sarat unsur seks dalam The Witcher 3, sementara di Splatoon kalian hanya akan menemukan keceriaan. Splatoon merupakan sebuah game yang bisa dimainkan siapa saja tanpa memandang batasan umur alias ramah keluarga. Penuh aksi, dengan adegan tembak-menembak dalam game ini digambarkan begitu lembut dalam semprotan-semprotan cat yang ada, tanpa perlu menampakkan warna merah darah. Dengan grafis memesonakan dan gameplay yang menarik serta menantang dilengkapi akses untuk semua umur, tak heran bila Splatoon sukses mendongkrak penjualan Wii U yang sebelumnya begitu lesu.


******

Itulah tadi daftar 10 video game terbaik di tahun 2015. Di luar 10 judul di atas, sebenarnya masih ada banyak game-game berkualitas lainnya yang bisa dibilang salah satu terbaik di tahun ini. Game-game tersebut di antaranya Volume, Halo 5, Her Story, Tales from the Borderlands, Rise of the Tomb Raider, Final Fantasy XIV: Heavensward, Rocket League, Mortal Kombat X, Xenoblade Chronicles X, dan Life is Strange.

Kalau menurut sahabat gamer sendiri bagaimana? Game-game apa saja yang menurut kalian pantas mendapat predikat terbaik di tahun 2015? Share yuk daftar game terbaik 2015 kalian di kolom komentar. (cg)
CumaGamer.com's Original Feature

No comments:

Post a Comment

Designed By