Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, October 31, 2015

Pengiriman Metal Gear Solid V Capai 5 Juta Kopi

Sudah tak diragukan lagi kalau game stealth buatan Hideo Kojima, Metal Gear Solid bakal mencatatkan angka penjualan yang fantastis. Baru-baru ini Konami mengumumkan rilisan teranyar serial ini, Metal Gear Solid V telah terkirim ke pasaran sebanyak 5 juta unit selama satu bulan peluncurannya. Tentu hal ini berdampak pada pendapatan perusahaan yang meningkat lebih dari $50 juta.
 
Metal Gear Solid V: The Phantom Pain adalah salah satu game yang paling banyak diperbincangkan. Game yang kemungkinan menjadi seri terakhir Metal Gear Solid dari Hideo Kojima ini mendapatkan ulasan yang luar biasa baik dan akhir-akhir ini terungkap fakta pendapatan global game ini yang mencapai $179 juta atau setara Rp 2,4 triliun dalam kurun waktu 24 jam perilisannya. Hal ini tentu sangat menakjubkan, akan tetapi yang masih belum jelas adalah berapa banyak kopian game ini yang telah dikirim Konami ke pasaran.




Dalam laporan keuangan terbaru perusahaan ini, Konami mengumumkan bahwa game Metal Gear Solid V saat ini telah dikirim sebanyak 5 juta kopi. Pengiriman ini tentu berbeda dengan penjualan, karena meliputi kopian-kopian game yang masih ada di rak-rak toko dan juga yang telah terjual. Meski begitu angka ini tetaplah terbilang fantastis. Konami juga tentunya merasa senang sebagaimana tergambar dalam permintaan untuk game baru terbilang sangat tinggi. Walaupun beberapa kontroversi merebak di antaranya permasalahan server Metal Gear Online dan juga transaksi mikro yang membuat banyak pemainnya tidak senang. 

Untuk laba game Konami lainnya, perusahaan ini turut melaporkan angka-angka yang positif. Secara keseluruhan, sektor hiburan digital Konami mencatatkan angka pendapatan 51,7 miliar yen, setara $280 juta atau setara Rp 3,8 triliun selama periode enam bulan yang berakhir 30 September, meningkat 44 miliar yen dari tahun sebelumnya. Keuntungan Konami dari ini sebesar 7,8 miliar yen, setara $64 juta atau Rp 883 miliar, dua kali keuntungan dari tahun sebelumnya. Bersama dengan Metal Gear Solid V, Pro Evolution Soccer 2016 juga turut berkontribusi dalam angka-angka ini meskipun perusahaan ini tidak mengumumkan angka pejualan game simulasi sepak bola populer ini.

Jadi, apa arti angka-angka ini bagi masa depan Konami? Walaupun perusahaan ini telah menyangkal laporan yang menyebutkan Konami berhenti mengembangkan game-game untuk konsol dan tidak akan merilis game baru hingga 2017, beberapa orang bisa menyalahkan Konami bila hal itu benar terjadi. Dalam laporan keuangan Konami, penerbit ini menyadari bahwa game mobile Jikkyou Pawafuru Puroyakyu telah diunduh sebanyak 17 juta kali dalam setahun dan bisnis mesin Pachislot serta Pachinko Konami mengalami peningkatan pendapatan sebanyak 19%. Hal ini mungkin mengecewakan para penggemar game konsol Konami, tapi bila dilihat dari segi bisnis cukup masuk akal bila perusahaan game asal Jepang ini mencoba mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan dengan cara ini. (cg)


Sumber: Konami

No comments:

Post a Comment

Designed By