Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, October 31, 2015

Nintendo Ingin Sekuel GoldenEye Minim Kekerasan

Sebuah fakta menarik mengenai game first person shooter (FPS) populer GoldenEye 007 terungkap. Nintendo dikabarkan menginginkan game ini minim unsur kekerasan, tidak seperti versi final yang pada akhirnya dirilis.

GoldenEye 007, adaptasi video game dari film James Bond dan juga judul utama multiplayer di konsol Nintendo 64 buatan Rare ini bukan hanya memiliki sekuel. Melainkan, desainer legendaris Shigeru Miyamoto juga turut terlibat dalam pembuatannya. Hal ini diinformasikan salah satu anggota tim desain game FPS ini, Martin Hollis.



Pada event GameCity 2015 di Nottingham, Inggris, Hollis mengatakan dia pernah bekerja dengan Nintendo selama sepekan lebih. Dia menjelaskan, penggambaran kekerasan dalam GoldenEye awalnya lebih bersifat grafis dibandingkan versi finalnya. "Kami memiliki adegan darah kental yang indah yang bisa meledak ke luar," kata dia. "Ketika saya melihatnya pertama kali, saya pikir game ini bakal keren, dan darah... Kemudian sata berpikir, hmm, ini mungkin terlalu merah."
Hal ini dikarenakan perhatian dari Rare dan Nintendo selaku penerbit, yang menurut Hollis bersifat ‘ramah keluarga’. Miyamoto sendiri menghubungi developer melalui faksimile untuk menunjukkan keinginannya menurunkan tingkat kekerasannya. "Pada satu titik yang dibuat Miyamoto, di sana terdapat terlalu banyak pembunuhan jarak dekat, dia lantas merasa hal itu sedikit terlalu mengerikan," ungkap Hollis sembari menyebut bahwa tim memutuskan untuk tidak menggunakan saran itu.
Salah satu adegan GoldenEye dalam mode story/misi.
Hollis menambahkan, Miyamoto merasa gamenya terlalu tragis, dengan semua pembunuhan yang terjadi. “Miyamoto menyarankan, game ini mungkin bakal bagus bila di penghujung permainannya, kalian bisa berjabat tangan dengan semua musuh di rumah sakit," sebutnya. Cara untuk mewujudkan hal ini yaitu dengan cara memasukkannya dalam bagian kredit akhir gamenya yang menampilkan daftar para karakternya.
Meskipun ada keraguan terhadap konten kekerasan dalam petualangan Bond ini, pada akhirnya Nintendo mendekati Rare untuk mengembangkan sebuah sekuel mengikuti kesuksesan game ini. Hollis dan Rare menjawab, "Kami tidak punya rencana membuat game James Bond lainnya dari film Bond lainnya." Rare lantas mengembangkan spiritual successor berjudul Perfect Dark untuk Nintendo 64 sebelum Rare berpisah dengan Nintendo setelah Microsoft membeli developer asal Inggris ini.

Mode multiplayer dalam GoldenEye yang merevolusi genrenya.
GoldenEye 007 kemudian dibuat ulang untuk Nintendo DS, Nintendo Wii, PlayStation 3 dan Xbox 360, yang kali ini diterbitkan oleh Activision dan dikembangkan oleh Eurocom dan n-Space. Versi asli game ini secara mencolok absen dari rilisan teranyar Rare bulan Agustus lalu, Rare Replay yang merupakan kompilasi game klasik buatan Rare.
Sekadar informasi, GoldenEye 007 merupakan game yang disebut-sebut mempopulerkan genre FPS multiplayer di konsol rumahan. Game yang dirilis tahun 1997 ini memperkenalkan mode multiplayer dalam game FPS yang bisa dimainkan di konsol rumahan, dalam hal ini Nintendo 64 hingga empat pemain. Kepopuleran game ini tetap bertahan dan masih dibicarakan sampai sekarang, di mana game ini diklaim sebagai salah satu adaptasi terbaik video game yang diangkat dari film layar lebar. Padahal game ini baru dirilis dua tahun setelah filmnya ditayangkan. (cg)
Sumber: The Guardian

No comments:

Post a Comment

Designed By